Widget HTML #1

Cara Mengunci Gambar di Microsoft Word Agar Tidak Bergerak/Bergeser

Cara Mengunci Gambar di Microsoft Word Agar Tidak Bergerak/Bergeser

Dalam pembuatan dokumen kadang kita perlu menambahkan gambar sebagai data tambahan atau hanya sekedar memperindah dokumen agar pembaca mudah dan tidak jenuh saat membacanya. 

Namun, terkadang kita mengalami masalah ketika gambar yang kita sisipkan bergerak atau bergeser saat kita mengedit teks atau layout dokumen. Hal ini tentu saja dapat mengganggu tampilan dan konsistensi dokumen kita. Lalu, bagaimana cara mengunci gambar di Microsoft Word agar tidak bergerak atau bergeser?

Nah pada Microsoft Word sendiri terdapat fitur untuk mengunci gambar agar tidak bergerak atau bergeser. Fitur ini tentu akan sangat cocok jika kita menginginkan gambar pada dokumen yang kita buat selalu berada di posisi yang sama.

Setiap kita melakukan perubahan dokumen, misalnya menambah teks atau menghapus teks. Maka gambar akan tetap di posisi semula tanpa bergeser sedikit pun. 

Baca juga: 2 Cara Membuat Coretan Kuas/Pensil di Microsoft Word

Cara Mengunci Gambar di Word Agar Tidak Bergerak

Agar gambar tidak bergerak kita hanya perlu menyetel gambar pada opsi Layout Options, bagai mana caranya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya; 

  • Buka Microsoft Word pada laptop/pc.

  • Kemudian buat atau buka dokumen yang akan di edit. 

  • Pastikan sudah memasukkan gambar pada lembar kerja MS Word dan juga menempatkan gambar pada posisi yang diinginkan.

  • Selanjutnya select (klik) gambar yang akan di kunci, lalu klik ikon Layout Options yang muncul di sebelah gambar yang dipilih. 

    Cara Mengunci Gambar di Word

  • Pada opsi With Text Wrapping, silakan pilih opsi yang diinginkan. Dalam contoh di sini misalnya saya memilih Square. Lalu pilih juga Fix position on page yang berada di bagian bawahnya.

    Cara Mengunci Gambar di Word

    Fungsi dari Fix position on page adalah untuk mengunci gambar pada posisi yang sudah ditentukan.

  • Nah sampai di sini, setiap ada perubahan pada dokumen. Seperti penambahan atau penghapusan teks, maka gambar akan tidak ikut berubah posisi.

    Cara Mengunci Gambar di Word

  • Selesai.

Baca juga: Cara Merubah Teks Menjadi Gambar di Microsoft Word

Demikianlah cara yang dapat kita lakukan untuk mengunci gambar di Microsoft Word agar tidak bergerak atau bergeser. Caranya sendiri sangat mudah dan simple bukan?

Dengan terkuncinya gambar pada posisi yang sudah ditentukan, maka akan sangat mempermudah ketika melakukan pengeditan dokumen. 

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Gambar di Microsoft Word Agar Tidak Bergerak/Bergeser"