Widget HTML #1

2 Cara Membuat Coretan Kuas/Pensil di Microsoft Word

2 Cara Membuat Coretan Kuas/Pensil di Microsoft Word

Dengan Microsoft Word, kita bisa membuat berbagai jenis dokumen, seperti surat, laporan, makalah, dan lainnya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai elemen grafis, seperti gambar, bentuk, grafik, dan lainnya, untuk mempercantik dan memperjelas dokumen kita.

Namun, tahukah kalian bahwa kita juga bisa membuat coretan kuas atau pensil di Microsoft Word? Coretan kuas atau pensil adalah efek yang membuat teks atau gambar terlihat seperti digambar dengan kuas atau pensil. Efek ini bisa memberikan kesan artistik, kreatif, atau kasual pada dokumen kita. Coretan kuas atau pensil juga bisa digunakan untuk menyoroti, menandai, atau menghapus bagian tertentu dari dokumen kita.

Lalu, bagaimana cara membuat coretan kuas atau pensil di Microsoft Word? Ternyata, caranya cukup mudah dan cepat. Kita hanya perlu menggunakan fitur yang sudah tersedia di Microsoft Word, yaitu fitur Scribble. Fitur Scribble adalah salah satu jenis bentuk yang bisa kita gambar secara bebas di dokumen kita. Dengan fitur Scribble, kita bisa membuat coretan kuas atau pensil dengan berbagai warna, ukuran, dan gaya.

Selain itu kita juga bisa menggunakan fitur Draw. Fitur ini tersedia pada versi Microsoft Word terbaru. Fitur Draw memang di sediakan khusus untuk membuat coretan kuas atau pencil  dengan mudah dan cepat. 

Baca juga: Cara Menambahkan / Menyisipkan Ikon di Microsoft Word

Cara Membuat Coretan Kuas/Pensil di Microsoft Word

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, jika membuat efek coretan kuas/pensil di Word ada dua cara yang dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya simak uraiannya di bawah ini: 

1. Cara 1 (Menggunakan Fitur Scribble)

  • Buka dokumen Microsoft Word yang ingin kita tambahkan coretan kuas atau pensil. Pastikan dokumen sudah tersimpan di komputer kita.

  • Klik tab Insert di menu bar, lalu klik icon Shapes di grup Illustrations. Akan muncul daftar berbagai bentuk yang bisa kita pilih. Gulir ke bawah daftar bentuk, lalu pilih Scribble di bagian Lines. Kursor kita akan berubah menjadi ikon pensil.

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Scribble

  • Klik dan tahan kursor di tempat yang ingin kita mulai menggambar coretan kuas atau pensil. Gerakkan kursor secara bebas untuk membuat coretan sesuai dengan keinginan kita. Lepaskan kursor ketika coretan sudah selesai.

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Scribble

  • Jika ingin melakukan edit, klik  pada coretan yang sudah kita buat, lalu pilih Shape Format.

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Scribble

  • Selanjutnya bisa melakukan edit, misal ingin mengatur warna dan ketebalan garis. Maka silakan pilih opsi Shape Outline

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Scribble

  • Ulangi langkah 2 sampai 5 untuk membuat coretan kuas atau pensil lainnya di dokumen kita. Kita bisa membuat coretan dengan berbagai bentuk, warna, dan gaya yang berbeda-beda.

  • Simpan dokumen kita setelah selesai membuat coretan kuas atau pensil.

2. Cara 2 (Menggunakan Fitur Draw)

Jika kalian menggunakan versi Microsoft Terbaru, maka akan lebih mudah jika menggunakan fitur Draw. Fitur ini memang memiliki fungsi utama membuat coretan pada lembar kerja MS Word. 

Berikut langkah-langkahnya: 

Langkah 1 (Aktifkan Fitur Draw)

Secara default, fitur Draw pada Microsoft Word biasanya dalam keadaan tidak aktif. Nah pada tahap ini silakan aktifkan terlebih dahulu. 

Untuk mengaktifkannya bisa baca artikel berikut: Cara Mengaktifkan Fitur Draw di Microsoft Word

Langkah 2 (Mulai Menggunakan Fitur Draw)

  • Buka dokumen Microsoft Word yang ingin kita tambahkan coretan kuas atau pensil. 

  • Klik Tab Draw, kemudian silakan pilih jenis pencil yang ingin digunakan dan jika ingin merubah warna klik saja ikon panah kecil di bawahnya. 

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Draw

  • Klik dan tahan kursor di tempat yang ingin kita mulai menggambar coretan kuas atau pensil. Gerakkan kursor secara bebas untuk membuat coretan sesuai dengan keinginan kita. Lepaskan kursor ketika coretan sudah selesai.

    Membuat Coretan Menggunakan Fitur Draw

  • Kemudian untuk menghentikan fitur ini, bisa dengan menekan tombol Spasi pada Keyboard.

  • Selesai, setelah itu jangan lupa simpan dokumen agar tidak hilang terhadap perubahan yang sudah kita lakukan. 

Baca juga: Cara Mengunci Gambar di Microsoft Word Agar Tidak Bergerak/Bergeser

Itulah cara membuat coretan kuas atau pensil di Microsoft Word. Dengan cara ini, kita bisa membuat dokumen kita menjadi lebih menarik dan unik.

Menggunakan cara 1 atau 2 itu terserah kita masing-masing, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. 

Semoga membantu!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "2 Cara Membuat Coretan Kuas/Pensil di Microsoft Word"