Pengertian dan Cara Menggunakan Windows Search di Windows 10/11

 Pengertian dan Cara Menggunakan Windows Search di Windows 10/11

Pada Sistem Operasi Windows terdapat fitur pencarian yang bernama Windows Search yang berfungsi untuk memudahkan pencarian, khususnya pencarian aplikasi.

Misalnya ingin membuka aplikasi Notepad, maka kita tidak perlu membukanya melalui Start. Lewat Search kita hanya perlu menuliskan kata Notepad dan kemudian dapat menjalankannya saat itu juga. 

Fitur ini sebenarnya sudah sangat familiar dan hampir rata-rata pengguna sudah mengetahui bagaimana cara menggunakannya. 

Namun tidak semuanya begitu, karena pada kenyataannya ada beberapa pengguna yang masih belum tahu akan fitur ini. 

Berawal dari seorang teman saya, dia memang masih awam dalam penggunaan komputer. Suatu ketika dia melihat saya menggunakan fitur Search ketika membuka aplikasi. 

Lantas kemudian ia bertanya lebih lanjut mengenai fitur ini dan ternyata ia belum mengetahui akan fungsi utama dari Windows Search.

Nah dari situlah saya berpikir untuk membuat artikel ini mengenai bagaimana cara membuka dan  menggunakan fitur Windows Search.

Baca juga: Langkah Mudah Menggunakan Windows Copilot di Windows 11

Apa itu Windows Search 

Windows Search adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mencari apa saja di Windows dan web. Pengguna bisa menggunakan kotak pencarian di taskbar untuk menemukan aplikasi, file, pengaturan, bantuan, dan lainnya di Windows. 

Pengguna juga bisa mendapatkan informasi online seperti konversi zona waktu, pencarian fakta, pencarian tren, dan hasil pencarian untuk mengakses situs web lebih cepat yang terhubung dengan Bing.

Windows Search juga menampilkan konten baru dan menarik setiap hari di halaman utama pencarian, membantu pengguna belajar tentang momen-momen penting seperti hari libur, peringatan, dan momen edukatif lainnya baik secara global maupun regional. Pengguna juga bisa mengubah pengaturan Windows Search dan SafeSearch untuk mengelola privasi dan konten.

Cara  Membuka dan Menggunakan Windows Search 

Untuk membuka atau  memulai menjalankan Windows Search sangat mudah. Ada dua cara yang dapat digunakan.

1. Melalui Taskbar 

Pada versi Windows terbaru, Windows Search terdapat pada Taskbar yang berupa ikon kaca pembesar. Untuk memulai menggunakannya kita  hanya  perlu mengekliknya sekali. 

Berikut penjelasan lengkapnya: 

  • Klik ikon Windows Search yang berada di Taskbar

  • Kemudian ketik apa yang ingin dicari (misal ingin mencari aplikasi Notepad)

    Cara  Membuka dan Menggunakan Windows Search

  • Kemudian pilih hasil pencarian  

  • Selesai 

2. Menggunakan Shortcut 

Taknya sampai di situ, karena fitur ini sangat penting dan sering  digunakan oleh pengguna. Terdapat juga Shortcut yang dapat  digunakan dalam membuka Windows Search. 

Berikut cara membuka Windows Search dengan Shortcut:

  • Tekan tombol Windows + S

  • Kemudian ketikan apa yang ingin dicari

  • pilih hasil pencarian  

  • Selesai 

Baca juga: 4 Cara Efektif untuk Mencari File di Laptop Windows dengan Cepat

Nah itulah tadi tutorial sederhana mengenai bagaimana menjalankan dan menggunakan fitur Windows Search pada Windows. 

Fitur ini sangat memudahkan sekali dalam melakukan pencarian, terutama pencarian aplikasi. Hanya dengan beberapa langkah, aplikasi atau program akan langsung dapat dibuka. 

Saya harap setelah ini kalian tidak akan bingung lagi dalam menggunakan fitur Search pada Windows. Sekian dan semoga bermanfaat. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Cara Menggunakan Windows Search di Windows 10/11"