Langkah Mudah Menggunakan Windows Copilot di Windows 11

Langkah Mudah Menggunakan Windows Copilot di Windows 11

Fitur terbaru dari Windows 11 adalah hadirnya Windows Copilot. Fitur ini terintegrasi dengan AI yang dapat digunakan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi. 

Kemudian Windows Copilot juga dapat diperintahkan untuk hal-hal lain, misalnya membuka aplikasi atau program yang ada pada komputer. 

Dilihat dari fungsinya yang power full dalam membantu pengguna, kabarnya Windows Copilot akan menjadi aplikasi Asisten pada Windows dan menggantikan aplikasi Cortana. 

Kabar tersebut sepertinya bukan isapan jempol belakang, sebab saat ini Cortana sudah tidak didukung lagi. Bahkan pada versi Windows 11 terbaru, Cortana sudah tidak tersedia. 

Hal tersebut menunjukkan jika Windows Copilot benar akan menggantikan Cortana sebagai aplikasi Asisten pada sistem Operasi Windows. 

Nah oleh sebab itu sebaiknya kita mulai mencoba mempelajari akan fungsi Windows Copilot lebih dalam lagi. Agar nantinya kita bisa memanfaatkan Copilot dalam menyelesaikan tugas. 

Baca juga: Trik Mudah Menghapus “Home” dari File Explorer Windows 11

Apa itu Windows Copilot 

Windows Copilot adalah fitur baru yang diperkenalkan di Windows 11 yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pengguna menjawab pertanyaan, menyelesaikan tugas, menavigasi Windows, dan meningkatkan produktivitas. 

Melalui Windows Copilot dapat memberikan jawaban yang relevan, inspirasi, dan solusi untuk pertanyaan, proyek, dan daftar pekerjaan pengguna. 

Windows Copilot sendiri bekerja sama dengan Bing Chat dan plugin OpenAI untuk menciptakan asisten pribadi pintar yang dapat berinteraksi dengan pengguna melalui suara atau teks. 

Selain itu Windows Copilot juga dapat menyesuaikan pengaturan, menyelesaikan masalah teknis, mencari dokumen atau file, dan melakukan aksi produktivitas. 

Cara Membuka Windows Copilot 

Untuk membuka Windows Copilot, kita dapat menggunakan salah satu dari dua cara berikut:

  • Cara pertama dapat dengan klik ikon Windows Copilot yang di Taskbar. Ikonya terletak di sebelah kanan ikon Search

    Cara Membuka Windows Copilot

  • Kemudian bisa dengan menekan tombol pintasan keyboard Windows + C. Setelah itu  akan memunculkan jendela Windows Copilot di sudut kanan layar .

Cara Menggunakan Windows Copilot

Berikut ini merupakan beberapa contoh dalam penggunaan Windows Copilot: 

1. Menjawab Pertanyaan 

Ini merupakan fungsi utama dari Windows Copilot, kita bisa mengetikkan pertanyaan maka Copilot akan memberikan jawaban yang relevan. 

Berikut caranya: 

  • Buka Windows Copilot, menggunakan salah satu cara yang sudah dijelaskan sebelumnya

  • Setelah itu atur Choose a conversation style

    Cara Menggunakan Windows Copilot

    Choose a conversation style adalah fitur yang memungkinkan kita memilih gaya percakapan yang kita inginkan saat berinteraksi dengan Bing chat, chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dibuat oleh Microsoft.

    Ada tiga gaya percakapan yang dapat kita pilih: Creative, Balanced, dan Precise

    Creative: Gaya percakapan ini menghasilkan jawaban yang lebih panjang, lebih imajinatif, dan lebih menarik. Bing chat akan menggunakan bahasa yang lebih santai, humor, dan metafora saat berbicara dengan kita. Gaya percakapan ini cocok untuk topik yang membutuhkan kreativitas dan hiburan.

    Balanced: Gaya percakapan ini mencoba memberikan keseimbangan antara gaya Creative dan Precise. Bing chat akan memberikan jawaban yang informatif dan menarik, tetapi tidak terlalu panjang atau pendek. Gaya percakapan ini cocok untuk topik yang bersifat umum dan bervariasi.

    Precise: Gaya percakapan ini menghasilkan jawaban yang lebih pendek, lebih faktual, dan lebih akurat. Bing chat akan menggunakan bahasa yang lebih formal, logis, dan konsisten saat berbicara dengan kita. Gaya percakapan ini cocok untuk topik yang membutuhkan informasi dan solusi.

  • Setelah itu silakan tuliskan pertanyaan pada kolom yang tersedia

  • Selesai
    Windows Copilot akan mencoba memberikan jawaban atau solusi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kita juga dapat mengeklik ikon roda gigi untuk mengubah pengaturan Windows Copilot, seperti bahasa, suara, dan mode.

2. Membuka Aplikasi 

Windows Copilot juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi atau program yang ter-install. Fungsi ini mirip seperti yang ada pada Cortana. 

Berikut caranya: 

  • Buka Windows Copilot 

  • Kemudian masukkan perintah Open_nama aplikasi (Misal Open Microsoft Word)

  • Pilih Yes pada konfirmasi yang muncul 

    Cara Menggunakan Windows Copilot

  • Selesai
    Setelah itu aplikasi yang dipilih akan terbuka. 

3. Mengubah Setelan Perangkat 

Tak hanya sampai di situ saja, Windows Copilot juga dapat kita perintahkan untuk merubah setelan pada perangkat.. Misalnya mengubah tema, mengaktifkan Bluetooth dan lain sebagainya. 

Untuk caranya sendiri: 

  • Buka Windows Copilot 

  • Masukan perintah ubah setelan, contoh: Aktifkan Mode Terang 

  • Lakukan konfirmasi dengan memilih Yes 

    Cara Menggunakan Windows Copilot

  • Selesai 

4. Dan Lain Sebagainya 

Untuk saat ini hanya beberapa fungsi di atas yang dapat saya jelaskan pada Windows Copilot. Mungkin kalian bisa mencari fungsi lainnya sendiri. 

Saat ini Windows Copilot masih dalam tahap pengembangan yang lebih lanjut, sehingga mungkin saja ke depannya akan memiliki fungsi yang lebih banyak dan canggih. Jadi silakan tunggu saja. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Tombol Windows Copilot Pada Taskbar Windows 11

Mempelajari dalam menggunakan Windows Copilot adalah hal yang menarik, mengingat aplikasi ini menjadi aplikasi Asisten yang menggantikan Cortana. 

Windows Copilot dirancang untuk memudahkan pengguna dan meningkatkan produktivitas. Ke depannya mungkin saja fitur ini akan lebih canggih lagi.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Menggunakan Windows Copilot di Windows 11"