2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Windows 10/11 dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan yang berguna untuk berbagai keperluan. Aplikasi tersebut biasanya aplikasi dasar bagi pengguna komputer. 

Namun meskipun aplikasi-aplikasi ini berguna bagi banyak pengguna, beberapa mungkin lebih suka menyederhanakan sistem mereka dengan menghapus bloatware (aplikasi bawaan) yang tidak perlu.

Alasan yang paling sering terjadi kenapa ingin menghapus aplikasi bawaan pada Windows 10/11 adalah supaya laptop/pc berjalan lebih ringan. Sebab tidak dipungkiri jika aplikasi bawaan bisa membuat komputer bekerja lebih berat. 

Kemudian alasan lainnya ialah untuk menghemat ruang penyimpanan. Bagi yang menggunakan memori sedikit, dengan melakukan penghapusan aplikasi yang tidak perlu dapat membantu melonggarkan ruang memori yang nantinya dapat digunakan untuk menginstall aplikasi lain. 

Aplikasi bawaan pada Windows 10/11 tidak dapat dihapus. Tapi tenang saja karena ada beberapa tips yang dapat digunakan. 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada Windows 10 atau 11 dengan beberapa metode. 

Baca juga:  Cara Menggerakkan Kursor Dengan Keyboard di Windows 11

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10 dan 11

Ada dua cara yang akan saya jelaskan di sini dalam menghapus aplikasi bawaan Windows. Pertama menggunakan PowerShell dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

1. Menggunakan PowerShell 

Cara pertama adalah menggunakan PowerShell. Kita bisa menghapus aplikasi bawaan menggunakan perintah khusus. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka PowerShell dengan Run As Administrator

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan PowerShell

    Langkah pertama silakan buka PoweShell sebagai Run As Administrator. Cara termudah  dapat melalui Search.

    Buka Search > ketikan PowerShell > Pilih Run As Administrator

  • Pada kotak dialog PowerShell ketikan Get-AppxPackage, lalu Enter

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan PowerShell

  • Selanjutnya akan terlihat daftar Package aplikasi yang terinstall. Silakan Copy PackageFullName aplikasi yang ingin di Uninstall (dalam contoh disini misalnya saya ingin menghapus Microsoft OneDrive)

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan PowerShell

  • Kemudian ketikan Remove-AppxPackage -Package {PackageFullName aplikasi yang ingin di Uninstall). Untuk paste di PowerShell silakan klik kanan

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan PowerShell

  • Jika sudah klik Enter

  • Selesai
    Setelah itu aplikasi yang sudah dipilih tadi akan dihapus dari Windows 10/11 kalian. Lakukan langkah yang sama untuk aplikasi lainnya. 

2. Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

Untuk cara selanjutnya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini akan lebih mudah dan simple, bagi pemula mungkin akan lebih mudah jika menggunakan cara yang satu ini. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Download dan Install Aplikasi Revo Uninstaller lewat link berikut: https://www.revouninstaller.com/revo-uninstaller-free-download/

    Langkah pertama silakan melakukan download dan Install Revo Uninstaller pada perangkat Windows 10/11 kalian. Pilih saja Revo Uninstaller versi Free. 

  • Jika sudah jalankan aplikasi Revo Uninstaller 

  • Pilih Windows App, lalu cari dan pilih aplikasi bawaan Windows yang ingin dihapus 

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

  • Selanjutnya klik Uninstall 

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

  • Kemudian pilih Continue 

    Menghapus Aplikasi Bawaan Windows Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

  • Selesai
    Lakukan  hal yang sama pada aplikasi lainnya yang ingin di Uninstall. 


Kelebihan Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Menghapus aplikasi bawaan pada sistem operasi Windows 10/11 memiliki sejumlah kelebihan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dengan menghapus aplikasi bawaan:

1. Meningkatkan Kinerja Sistem

Dengan mengurangi beban aplikasi bawaan yang tidak diperlukan, sistem operasi dapat berjalan lebih cepat dan responsif, menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan efisien.

2. Menghemat Ruang Penyimpanan

Aplikasi bawaan seringkali memakan ruang penyimpanan yang berharga. Dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, kita dapat membebaskan ruang penyimpanan untuk digunakan oleh data atau aplikasi lain yang lebih penting.

3. Mengoptimalkan Kontrol Sumber Daya

Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan, kita dapat memiliki lebih banyak kontrol atas sumber daya sistem, memungkinkan kita untuk mengalokasikan daya dan ruang penyimpanan yang tersedia dengan lebih efektif untuk aplikasi yang kita anggap lebih penting.

4. Memperbaiki Pengalaman Pengguna

Dengan menyederhanakan antarmuka pengguna dan hanya menyisakan aplikasi yang penting, tentunya dapat memiliki pengalaman yang lebih fokus dan lebih mudah dalam menggunakan sistem operasi, tanpa adanya gangguan dari aplikasi yang tidak diperlukan.

Baca juga: 4 Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows 10/11

Menyeimbangkan penghapusan aplikasi bawaan dengan stabilitas dan fungsionalitas sistem operasi adalah penting. Kita harus menilai kebutuhan sistem dan memilih metode yang paling sesuai untuk mengoptimalkan pengalaman Windows 10/11 yang  kita gunakan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam  stabilitas dan fungsionalitas adalah dengan menghapus aplikasi bawaan Windows 10/11. Hal ini bisa membuat komputer lebih ringan dan tentunya membantu dalam mengatasi terbatasnya ruang penyimpanan. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk " 2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11"