4 Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows 10/11

Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows 10/11

Saat bepergian atau ketika tidak memerlukan koneksi internet, mungkin mengaktifkan mode pesawat di laptop Windows 10 atau 11 bisa menjadi solusi yang efektif.

Mode pesawat sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mematikan semua transmisi nirkabel pada perangkat, termasuk Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler. Hal ini membantu menghemat daya baterai dan mencegah gangguan saat terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi.

Nah apakah kalian sudah tahu mengenai bagaimana cara mengaktifkan mode pesawat (Flight Mode) pada laptop Windows 10/11? jika belum saya akan mencoba memberikan tutorialnya di bawah ini. 

Baca juga:  2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10/11

Apa Itu Mode Pesawat?

Sebelum membahas ke inti pembahasan, alangkah lebih baik kita pahami terlebih dahulu mengenai fitur mode pesawat ini. 

Mode pesawat adalah fitur yang ada di hampir setiap perangkat modern, termasuk laptop dan ponsel. Saat diaktifkan, mode ini secara otomatis mematikan semua sinyal nirkabel, termasuk Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler. 

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa perangkat tidak mengganggu peralatan elektronik pada pesawat atau di daerah lain yang memerlukan penghentian sementara dari transmisi nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mode Pesawat

Mode pesawat memiliki sejumlah kelebihan, termasuk penghematan daya baterai dan meminimalkan gangguan ketika sedang bepergian. 

Namun, pengguna perlu memahami bahwa saat mode ini aktif, mereka tidak akan dapat terhubung ke internet atau menerima panggilan telepon. Ini dapat menjadi kendala terutama jika pengguna sedang menunggu panggilan penting atau membutuhkan akses internet secara langsung.

Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows 10/11

Untuk menggunakan atau mengaktifkan mode pesawat pada Windows 10/11, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Simak penjelasannya di bawah.

1. Melalui Windows Settings 

Cara pertama tentunya melalui Windows Settings, berikut caranya:

  • Buka Windows Settings 

  • Kemudian pilih Network & Internet 

  • Selanjutnya silakan aktifkan (ON) Mode Pesawat (Flight Mode)

    Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows Melalui Windows Settings

  • Selesai 

2. Melalui Jendela Action Center 

Bagi pengguna Windows 10, tombol mode pesawat terdapat pada jendela Action Center. Untuk mengaktifkannya sendiri sebagai berikut: 

  • Klik Action Center yang berada di pojok kanan bawah laman (sebelah paling kanan Taskbar)

  • Kemudian klik tombol Flight Mode 

    Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows Melalui Jendela Action Center

  • Selesai 

3. Melalui Network 

Saat akan menghidupkan atau menyambungkan laptop ke Jaringan WIFI, biasanya dilakukan dengan cara mengeklik ikon WIFI yang ada pada Taskbar. 

Nah pada jendela Network yang ada pada Taskbar Windows inilah terdapat tombol mode pesawat, di mana jika di klik akan secara otomatis mengaktifkan mode pesawat.  

Berikut caranya: 

  • Klik ikon WIFI yang ada pada Taskbar 

  • Kemudian pilih tombol Flight Mode 

    Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows Melalui Network

  • Selesai 

4. Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Dengan Keyboard

Tak hanya sampai di situ saja, kita juga bisa menggunakan tombol pintasan pada Keyboard. Cara ini sangat cocok bagi kalian yang suka menggunakan Shortcut. 

Berikut caranya: 

  • Tekan tombol Windows + A

  • Kemudian navigasikan ke tombol Flight Mode menggunakan tombol arah, jika sudah tekan Enter 

  • Selesai 

Catatan: 
Untuk cara 1,3 dan 4. Saya praktikkan menggunakan Windows 11, sementara jika pada Windows 10 kurang lebih sama. Mungkin hanya tata letaknya saya yang sedikit berbeda.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Pelindung Mata Laptop Windows 11 (Night Light)

Itulah beberapa cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat di laptop windows 10/11. dari beberapa cara  yang sudah dijelaskan, silakan pilih mana yang dirasa paling mudah dan efisien. 

Mode pesawat sangat cocok digunakan apabila sedang tidak ingin diganggu, karena mode ini akan mematikan semua koneksi seperti WIFI, Bluetooth dan lain sebagainya. 

Selain itu mode pesawat juga bisa menghemat baterai, bagi yang menggunakan laptop atau tablet. Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Laptop Windows 10/11"