Widget HTML #1

12 Aplikasi Office Gratis Untuk PC (Alternatif Microsoft Office)

Aplikasi Office Gratis Untuk PC (Alternatif Microsoft Office)

Pada era digital ini, penggunaan komputer dan perangkat lainnya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas kita. Baik itu untuk tujuan pekerjaan, pendidikan, atau bahkan aktivitas pribadi, kita membutuhkan alat yang efisien dan andal untuk mengelola dokumen, spreadsheet, dan presentasi.

Sementara itu, sudah kita ketahui jika Microsoft Office merupakan aplikasi olah kata yang paling populer dan handal. MS Office memiliki fitur-fitur yang sangat memudahkan pengguna dalam membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi.

Namun sayangnya Microsoft Office memiliki harga yang cukup mahal.  Di kutip dari halaman Microsoft, untuk Office Home & Student 2021 di bandrol dengan harga Rp1.899.999, Microsoft 365 Personal Rp959.999/tahun dan Microsoft 365 Family Rp1.299.999/tahun. 

Tentu saja harga lisensi Microsoft Office  tersebut cukup mahal bagi sebagian pengguna, terutama bagi pelajar dimana biasanya sangat membutuhkan aplikasi MS Office namun belum memiliki penghasilan. 

Kabar baiknya kini telah hadir aplikasi Office yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fungsi yang sama layaknya seperti MS Office. 

Hal ini tentu saja dapat kita manfaatkan sebagai alternatif aplikasi Microsoft Office dalam membuat dokumen spreadsheet, dan presentasi, tanpa harus mengeluarkan biaya. 

Baca juga:  Apakah Aman Jika Kita Tidak Melakukan Update Windows? Ini Jawabannya!

Aplikasi Office Gratis Untuk PC (Alternatif Microsoft Office)

Mari kita lihat beberapa pilihan aplikasi office gratis yang dapat kita pertimbangkan untuk laptop/PC, sebagai alternatif Microsoft Office:

1. WPS Office

WPS Office

WPS Office adalah aplikasi office gratis yang memiliki tampilan yang mirip dengan Microsoft Office. WPS Office memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan, seperti WPS Writer, WPS Spreadsheets, WPS Presentation, dan lain-lain. 

Kita juga bisa menyimpan dokumen di cloud storage dan berbagi dengan orang lain. Selain itu, WPS Office juga mendukung format file Microsoft Office, sehingga kita bisa membuka dan mengedit dokumen yang dibuat dengan Microsoft Office.

Tak hanya itu, kini WPS Office juga sudah di dukung fitur AI (Artificial Intelligence) yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Menurut saya pribadi, di antara semua aplikasi office alternatif Microsoft Office. WPS Office yang paling  mirip dengan Ms Office.

Download WPS Office

2. Libre Office 

Libre Office
Sumber: libreoffice.org

Libre Office memiliki fitur yang lengkap dan kompatibel dengan Microsoft Office, seperti  pengolah kata (Writer), spreadsheet (Calc), presentasi (Impress), basis data (Base), dan banyak lagi. 

LibreOffice mirip dengan Microsoft Office dalam hal fungsionalitas, sehingga pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen teks, spreadsheet, dan presentasi dengan mudah.

Salah satu keunggulan LibreOffice lainnya adalah bersifat perangkat lunak sumber terbuka (Open Source), yang berarti kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja. 

Hal ini juga berarti bahwa kita dapat mengunduh dan menggunakan LibreOffice secara gratis tanpa harus membayar biaya lisensi. 

LibreOffice tersedia untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, MacOS, dan Linux, sehingga dapat digunakan di berbagai jenis komputer.

Kita juga bisa menambahkan ekstensi atau template untuk meningkatkan fungsi dari Libre Office. Selain itu, Libre Office juga mendukung format file Microsoft Office, sehingga kita bisa membuka dan mengedit dokumen yang dibuat dengan Microsoft Office.

Download Libre Office

3. Apache OpenOffice

Apache OpenOffice
Sumber: openoffice.org

OpenOffice Writer merupakan salah satu aplikasi office gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat dokumen teks. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apache Software Foundation sebagai bagian dari proyek Apache OpenOffice. 

OpenOffice Writer juga mendukung format file Microsoft Word, sehingga kita bisa membuka dan mengedit dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word. 

OpenOffice dapat di unduh dan digunakan tanpa biaya, yang membuatnya sangat populer di kalangan pengguna yang mencari solusi perkantoran layaknya MS Office tapi dengan biaya terjangkau.

Download Apache OpenOffice

4. SoftMaker FreeOffice 

Kemudian yang selanjutnya ialah SoftMaker FreeOffice. Aplikasi ini tak kalah keren-nya jika dibandingkan dengan aplikasi Office yang sudah disebutkan diatas. 

SoftMaker FreeOffice menawarkan fitur yang cepat dan ringan saat dijalankan dan digunakan dalam pembuatan dokumen. 

Yang membuat SoftMaker FreeOffice semakin menarik adalah kompatibilitasnya dengan format dokumen yang umum digunakan, termasuk format Microsoft Office. Ini berarti kita dapat berbagi dokumen dengan pengguna perangkat lunak perkantoran lainnya tanpa masalah kompatibilitas.

Terlepas dari semua fitur dan keuntungan ini, yang terbaik dari semua adalah bahwa SoftMaker FreeOffice adalah perangkat lunak yang benar-benar gratis. 

Ini adalah solusi yang hemat biaya dan berkualitas tinggi untuk kebutuhan perkantoran kita semua. Jadi, jika jika mencari alternatif yang handal dan efisien untuk perangkat lunak perkantoran, SoftMaker FreeOffice adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

Download SoftMaker FreeOffice 

5. OfficeSuite 

OfficeSuite adalah sebuah aplikasi office yang dibuat oleh perusahaan MobiSystems. Aplikasi ini dirilis pertama kali pada tahun 2004 untuk platform Palm OS. Sejak itu, OfficeSuite telah berkembang dan mendukung berbagai platform, seperti Windows, Android, iOS, dan Mac OS. 

OfficeSuite memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dengan berbagai layanan penyimpanan awan, sehingga kita dapat mengakses dokumen kita dari mana saja dan berbagi dengan orang lain dengan mudah. Ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses yang besar.

Download OfficeSuite 

6. Calligra Suite

Aplikasi Calligra Suite, dibuat dan dikembangkan oleh KDE. Aplikasi ini bisa digunakan di PC desktop, tablet, dan smartphone. 

Calligra Suite memiliki berbagai fitur untuk membuat dan mengedit dokumen, spreadsheet, presentasi, database, grafik vektor, dan lukisan digital. 

Calligra Suite menggunakan format OpenDocument sebagai format file standar untuk sebagian besar aplikasinya dan bisa mengimpor format lain, seperti format Microsoft Office.

Calligra Suite berasal dari KOffice, sebuah suite office yang juga dibuat oleh KDE. Pada tahun 2010, terjadi perbedaan pendapat antara pengembang KOffice, terutama antara pengembang KWord Thomas Zander dan pengembang lainnya Akibatnya, beberapa aplikasi diubah namanya oleh kedua pihak Kebanyakan pengembang, kecuali Thomas Zander, bergabung dengan proyek Calligra. 

Tiga aplikasi, yaitu Kexi, Krita, dan KPlato serta antarmuka untuk perangkat mobile sepenuhnya dipindahkan ke Calligra dan tidak tersedia lagi di KOffice. Aplikasi baru bernama Braindump juga ditambahkan ke Calligra setelah pemisahan tersebut dan KWord digantikan oleh aplikasi pengolah kata baru bernama Calligra Suits.

Versi pertama dari Calligra Suite dirilis pada tahun 2012 dengan nama Calligra 2.4 Sejak itu, Calligra Suite terus dikembangkan dan diperbarui dengan menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Versi terbaru dari Calligra Suite adalah Calligra 3.2 yang dirilis pada tahun 2020.

Download Calligra Suite

7. Ashampoo Office Free

Ashampoo Office Free berasal dari Ashampoo Office, sebuah suite office yang dibuat oleh perusahaan Ashampoo GmbH & Co. KG. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 oleh Rolf Hilchner di Jerman. 

Perusahaan ini membuat berbagai produk software untuk Windows, seperti burning software, system utilities, security software, multimedia software, dan office software. Ashampoo Office pertama kali dirilis pada tahun 2008 dengan nama Ashampoo Office 2008. 

Sejak itu, Ashampoo Office terus dikembangkan dan diperbarui dengan menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada.

Ashampoo Office Free sendiri adalah versi gratis dari Ashampoo Office yang dirilis pada tahun 2017 dengan nama Ashampoo Office Free 2018. Versi ini memberikan akses gratis ke tiga modul utama dari Ashampoo Office, yaitu TextMaker (pengolah kata), PlanMaker (pengolah spreadsheet), dan Presentations (pengolah presentasi). 

Versi ini juga mendukung format file Microsoft Office dan bisa diinstal di USB flash drive untuk digunakan secara portabel. Versi terbaru dari Ashampoo Office Free saat ini adalah Ashampoo Office Free 2022 yang dirilis pada tahun 2021

Jika memang sedang mencari aplikasi Office yang gratis dan handal, maka Ashampoo Office Free mungkin bisa dicoba.

Download Ashampoo Office Free

8. Polaris Office

Aplikasi Office yang dapat dijadikan alternatif MS Office selanjutnya ialah Polaris Office, aplikasi ini merupakan paket perangkat lunak perkantoran yang serbaguna dan dirancang untuk membantu individu dan bisnis dalam mengelola, membuat, mengedit, dan berbagi dokumen, spreadsheet, dan presentasi. 

Polaris Office dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan ponsel, sehingga pengguna dapat bekerja secara kolaboratif dan produktif dari mana saja.

Polaris Office dikembangkan oleh Infraware Inc., sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Korea Selatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000.

Polaris Office pertama kali dirilis sebagai perangkat lunak perkantoran pada tahun 2007. Pada awalnya, ini hanya tersedia untuk perangkat desktop.

Saat ini, Polaris Office adalah solusi perkantoran berbasis cloud yang komprehensif, yang mencakup aplikasi pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. Pengguna dapat mengedit dan berbagi dokumen dengan mudah, serta bekerja sama secara online dengan rekan kerja atau tim mereka.

Download Polaris Office

9. iWork

iWork adalah sebuah paket perangkat lunak buatan Apple yang memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Office. Paket ini terdiri dari tiga aplikasi utama: Pages untuk membuat dokumen teks, Numbers untuk membuat spreadsheet, dan Keynote untuk membuat presentasi. Paket ini juga terintegrasi dengan Apple Pencil, iCloud, dan iLife.

iWork pertama kali dirilis pada tahun 2005 dengan nama iWork '05. Saat itu, paket ini hanya berisi dua aplikasi: Keynote 2 dan Pages. Pada tahun 2006, Apple merilis iWork '06 yang menambahkan fitur-fitur baru seperti 3D chart, image editing, dan spreadsheet-like tables. Pada tahun 2007, Apple merilis iWork '08 yang memperkenalkan aplikasi Numbers sebagai pengolah spreadsheet. Pada tahun 2009, Apple merilis iWork '09 yang memperkenalkan layanan iWork.com untuk berbagi dokumen secara online. Namun, layanan ini dihentikan pada tahun 2012.

Pada tahun 2010, Apple merilis versi iWork untuk iPad yang bisa digunakan dengan sentuhan atau Apple Pencil. Pada tahun 2011, Apple merilis versi iWork untuk iPhone dan iPod touch. Pada tahun 2013, Apple merilis versi iWork untuk Mac yang sepenuhnya direkayasa ulang dan mendukung kolaborasi real-time. Pada tahun 2016, Apple merilis versi iWork untuk iCloud yang bisa diakses melalui browser web. Sejak itu, Apple terus memperbarui iWork dengan menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada.

Download iWork

Aplikasi Office Gratis Online 

Nah untuk selanjutnya ini merupakan aplikasi Office gratis Online, maksudnya aplikasi ini dapat digunakan menggunakan koneksi Internet melalui sebuah browser. 

Kelebihan utama dari Office Online adalah tidak perlu melakukan Install aplikasi pada perangkat, sehingga akan lebih menghemat ruang penyimpanan. 

Berikut aplikasi Office Gratis Online, yang patut di coba: 

10. Google Docs

Google Docs

Google Docs adalah layanan pengolah kata Online yang disediakan oleh Google. Dengan Google Docs memungkinkan kita untuk membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen secara daring (online) tanpa perlu menginstal perangkat lunak khusus di komputer. 

Google Docs memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif yang memungkinkan untuk membuat berbagai jenis dokumen, seperti surat, laporan, atau presentasi.

Salah satu fitur paling kuat dari Google Docs adalah kemampuan untuk berkolaborasi secara real-time dengan orang lain. 

Kita dapat mengundang rekan kerja atau teman untuk mengedit dokumen yang sama secara bersamaan, bahkan jika mereka berada jauh. 

Selain itu, semua perubahan yang dilakukan pada dokumen secara otomatis disimpan secara online, sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data file pekerjaan telah dibuat.

Google Docs juga menyediakan integrasi dengan layanan lain dari Google, seperti Google Drive, yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengatur dokumen dengan mudah.

Kunjungi Situs Google Docs

11. Microsoft Office 365 (Versi Browser)

Microsoft Office 365 (Versi Browser)

Tak hanya itu, Microsoft yang terkenal sebagai pemilik MS Office juga menyediakan layanan aplikasi Office berbasis Online dan gratis tentunya. 

Microsoft Office 365 versi browser adalah layanan berbasis cloud yang ditawarkan oleh Microsoft untuk memberikan akses ke aplikasi perkantoran Microsoft Office melalui internet. Ini merupakan versi berbasis cloud dari paket perangkat lunak perkantoran Microsoft Office yang sangat populer itu.

Melalui office.com kita dapat menggunakan aplikasi Office seperti yang ada pada MS Office (Word, Excel, Power Point). 

Seiring dengan akses ke aplikasi perkantoran yang begitu besar, Microsoft Office 365 Online juga menyertakan penyimpanan awan melalui layanan OneDrive, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi dokumen dengan mudah. 

Kunjungi situs Office 365

12. Zoho Docs

Zoho Docs merupakan sebuah aplikasi office online yang bisa kita akses melalui browser. Zoho Docs memiliki fitur yang mirip dengan Google Docs, seperti Writer, Sheet, Show, dan lain-lain. 

Kita juga bisa menyimpan dokumenmu di Zoho Drive dan berkolaborasi dengan orang lain secara real time. Selain itu, Zoho Docs juga mendukung format file Microsoft Office, sehingga kita bisa membuka dan mengedit dokumen yang dibuat dengan Microsoft Office.

Zoho Docs adalah bagian dari Zoho Corporation, sebuah perusahaan teknologi multinasional India yang membuat alat bisnis berbasis web. Zoho Corporation didirikan pada tahun 1996 oleh Sridhar Vembu dan Tony Thomas dengan nama AdventNet, Inc. 

Pada tahun 2005, AdventNet merilis Zoho CRM, diikuti dengan Projects, Creator, dan Sheet pada tahun 2006. Pada tahun 2007, Zoho mulai berekspansi ke sektor collaboration space dengan merilis Zoho Docs dan Zoho Meeting. 

Pada tahun 2009, perusahaan ini berganti nama menjadi Zoho Corporation. Perusahaan ini tetap milik pribadi dan tidak membuka pintu untuk investor.

Kunjungi situs Zoho Docs

Baca juga: 17 Aplikasi Penyimpan Data Online yang Wajib Kalian Coba (Gratis, Aman, dan Mudah)

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, memiliki akses ke alat-alat produktivitas seperti aplikasi office adalah suatu keharusan. 

Meskipun Microsoft Office tetap menjadi pemimpin pasar, aplikasi office gratis untuk PC menawarkan alternatif yang sangat layak. Mereka ekonomis alias gratis, kompatibel dengan berbagai platform, dan dilengkapi dengan fitur yang tak kalah dengan MS Office. 

Dengan mempertimbangkan aplikasi Office lain selain MS Office, tentunya kita dapat meningkatkan produktivitas tanpa harus menguras kantong kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "12 Aplikasi Office Gratis Untuk PC (Alternatif Microsoft Office)"