Apakah Aman Jika Kita Tidak Melakukan Update Windows? Ini Jawabannya!

Apakah Aman Jika Kita Tidak Melakukan Update Windows?


Baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, saat ini Sistem Operasi Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. 

OS Windows memiliki fitur-fitur yang banyak dalam berbagai tugas menggunakan komputer. Selain itu Windows juga sangat mudah digunakan bagi pengguna awam. 

Hingga saat ini Sistem Operasi Windows (khususnya Windows 10 dan 11) terus dikembangkan untuk memperbaiki sistem sebelumnya maupun untuk menambahkan fitur baru. 

Perbaikan, penambahan fitur baru  dan lain sebagainya tersebut, dilakukan dengan memberikan update pada Windows. Namun, kenyataannya banyak pengguna yang mengabaikan atau menunda pembaruan Windows. 

Baca juga:  Apa Bedanya Update and Shutdown Dengan Update and Restart di Windows?Berikut Jawabannya!

Apa itu Update Windows?

Update Windows adalah proses mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru untuk sistem operasi Windows dan perangkat lunak terkait. 

Pembaruan ini biasanya disediakan oleh Microsoft melalui layanan Windows Update, yang bisa diakses melalui menu Settings > Windows Update. Pembaruan ini bisa berupa pembaruan keamanan, fitur, atau perbaikan bug.

Nah mungkin kita pernah bertanya-tanya, apakah aman jika tidak melakukan update Windows? Untuk menjawab pertanyaan terbut silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update 

Sebelum kita menyimpulkan, apakah aman atau tidak jika tidak melakukan update Windows. Kita harus memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan ketika melakukan Update Windows.

Kelebihan Melakukan Update Windows 

  • Meningkatkan Keamanan Perangkat
    Update Windows memberikan pembaruan keamanan yang bisa menutup celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk melakukan serangan siber, seperti malware, ransomware, phishing, dan lain-lain.

    Dengan melakukan update Windows secara berkala, kita bisa mencegah risiko kehilangan data atau uang akibat serangan siber.

  • Meningkatkan Kinerja Perangkat
    Update Windows juga memberikan pembaruan kinerja yang bisa memperbaiki bug, error, crash, hang, atau konflik driver yang bisa mengganggu pengalaman penggunaan.

    Dengan melakukan update Windows secara berkala, kita bisa menjaga perangkat kita tetap lancar dan selalu optimal.

  • Mendapatkan Fitur-Fitur Baru
    Kemudian update Windows juga memberikan pembaruan fitur yang bisa menambah atau memperbarui fungsi-fungsi yang ada di sistem operasi Windows.

    Melakukan update Windows secara berkala, kita bisa mendapatkan fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

    Contohnya adalah Windows 11 yang baru dirilis pada Oktober 2021 yang memiliki tampilan antarmuka yang lebih segar dan minimalis, serta fitur-fitur seperti Snap Layouts, Snap Groups, Widgets, Microsoft Teams Integration, Android Apps Support, dan lain-lain

Kekurangan Update Windows 

  • Mengganggu Produktivitas
    Update Windows bisa mengganggu produktivitas kita jika prosesnya berlangsung sangat lama atau terjadi pada saat yang tidak tepat.

    Kita mungkin akan merasa  kesal jika harus menunggu update Windows selesai saat kita sedang bekerja atau bermain.

    Selain itu, update Windows juga bisa memaksa kita untuk me-restart komputer kita, yang bisa menyebabkan hilangnya data atau pekerjaan yang belum disimpan.

  • Menghabiskan Kuota Internet
    Update Windows juga bisa menghabiskan kuota internet, terutama  jika kita menggunakan koneksi internet yang terbatas.

    Update Windows biasanya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mengunduh dan menginstal pembaruan. Jika koneksi internet kita lambat atau terputus, proses update bisa gagal atau berlangsung sangat lama.

    Hal ini tentu akan menghabiskan kuota internet dan mengganggu aktivitas online kita.

  • Membutuhkan Ruang Penyimpanan
    Saat Windows melakukan update, membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup di hard disk atau SSD.

    Jika ruang penyimpanan kita tidak mencukupi, proses update bisa gagal atau menyebabkan masalah lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi kapasitas penyimpanan dan mempengaruhi kinerja perangkat.

  • Berpotensi Menyebabkan Masalah Baru
    Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan bahwa update Windows bisa menyebabkan masalah baru di perangkat kita.

    Misalnya, update bisa tidak kompatibel dengan perangkat keras atau perangkat lunak tertentu, menyebabkan error, crash, hang, atau konflik driver. Hal ini tentu akan merugikan kita dan membutuhkan solusi tambahan.

Apakah Aman Jika Kita Tidak Melakukan Update Windows?

Kembali ke pertanyaan seperti apa yang ada di judul artikel ini, apakah aman jika tidak melakukan update Windows? Maka jawabannya adalah tidak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika update Windows dilakukan untuk meningkatkan keamanan, meningkatkan kinerja dan menambah fitur-fitur baru. 

Se-pengalaman saya pribadi, yang paling sering di update adalah antivirus. Jika pada Windows bernama Windows Security atau Windows Defender. 

Peningkatan keamanan merupakan prioritas utama pada sebuah perangkat. Hal ini sejalan dengan terus meningkat dan berkembangnya virus dan malware. 

Jika masalah keamanan tidak di imbangi, maka sudah bisa ditebak jika perangkat nantinya akan mudah terserang program berbahaya yang dapat merugikan pengguna. 

Namun bukan berarti jika hanya melakukan update Antivirus akan menjamin keamanan. Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal, harus melakukan update Windows secara keseluruhan, jika sudah tersedia. 

Mengatasi Dampak Dari Windows Update 

Dampak dari Windows update yang paling sering di alami atau dirasakan pengguna adalah mengganggu aktivitas dan menghabiskan banyak kuota Internet. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya lakukan update Windows secara terjadwal. Microsoft sendiri selaku pengembang OS Windows telah menyediakan fitur jeda update. 

Nah kita bisa melakukan jeda update Windows dan ketika sudah berada di waktu yang tepat kita bisa melakukan update. 

Misalnya melakukan update Windows ketika terhubung dengan jaringan WIFI, untuk menghemat kuota Internet. Atau melakukan update ketika di akhir pekan ketika laptop/PC tidak digunakan untuk bekerja.

Sementara mengatasi potensi adanya masalah baru setelah update, hal ini sangat jarang terjadi. Sebab Microsoft melakukan uji coba  terlebih dahulu sebelum meluncurkan Update Windows terbaru. Kecuali jika menggunakan Windows Insider. 

Windows Insider memang di khususkan bagi pengguna yang ingin mendapatkan update Windows lebih awal. Namun dengan catatan, potensi adanya bug lebih besar.  

Baca juga: Pentingnya Software Antivirus Pada Saat Mengakses Internet Pada Komputer

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa melakukan update Windows adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kinerja dan keamanan perangkat kita, serta mendapatkan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Microsoft. 

Jika kita tidak melakukan update Windows, kita bisa menghadapi risiko seperti serangan siber, masalah kinerja, dan tidak mendapatkan fitur baru. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan update Windows secara berkala agar perangkat kita tetap aman, lancar, dan terbaru.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk " Apakah Aman Jika Kita Tidak Melakukan Update Windows? Ini Jawabannya!"