Widget HTML #1

17 Aplikasi Penyimpan Data Online yang Wajib Kalian Coba (Gratis, Aman, dan Mudah)

Aplikasi Penyimpan Data Online yang Wajib Kalian Coba (Gratis, Aman, dan Mudah)

Menyimpan data online adalah salah satu cara yang praktis dan efisien untuk mengamankan file penting kita. 

Kita tidak perlu khawatir kehilangan data jika komputer rusak atau hilang, karena kita bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet. 

Selain itu, kita juga bisa berbagi data dengan orang lain dengan mudah dan cepat. Dengan cara memberikan izin pada tautan atau link yang kita kirim.

Namun, tidak semua aplikasi penyimpan data online memiliki kualitas yang baik. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memilih aplikasi penyimpan data online, seperti kapasitas penyimpanan, keamanan, kecepatan, kemudahan penggunaan, dan biaya. 

Untuk membantu menemukan aplikasi penyimpan data online yang sesuai dengan kebutuhan kita, kami telah merangkum 15 aplikasi penyimpan data online yang wajib di coba. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya gratis, tetapi juga aman dan mudah digunakan.

Baca juga: Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Keuntungan Dari Produk Orang Lain

17 Aplikasi Penyimpan Data Online yang Wajib Kalian Coba

1. Google Drive

Aplikasi penyimpan data online yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 15 GB untuk akun Google kita. 

Kita bisa menyimpan berbagai jenis file, seperti dokumen, foto, video, musik, dan lainnya. kita juga bisa membuat dan mengedit file online dengan Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google Forms. 

Selain itu, kita bisa berbagi file dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya. Google Drive juga memiliki fitur sinkronisasi otomatis yang memungkinkan pengguna mengakses file di berbagai perangkat.

Pada Android sendiri aplikasi Google Drive telah menjadi aplikasi default alias bawaan pabrik. Kita bisa langsung menggunakannya asalkan pada ponsel Android sudah tertaut akun Gmail. 

2. Google One 

Google One adalah sebuah layanan berlangganan dari Google yang memberikan pengguna ruang penyimpanan online yang lebih besar dan lebih fleksibel daripada Google Drive biasa. 

Dengan Google One, kita bisa menyimpan file dokumen, foto, video, dan lainnya di berbagai produk Google, seperti Drive, Gmail, dan Photos. 

Kita juga bisa berbagi ruang penyimpanan dengan anggota keluarga atau teman, dan mendapatkan akses ke fitur tambahan seperti VPN, Google Experts, dan bonus Google Play. 

Google One menawarkan berbagai pilihan paket langganan dengan harga yang bervariasi tergantung pada kapasitas penyimpanan yang kita inginkan.

3. Dropbox

Dropbox  sudah lama berdiri dan terkenal dengan keandalannya. Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 2 GB untuk akun dasar. 

Pengguna bisa menyimpan dan mengakses file di Dropbox melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile. pengguna juga bisa berbagi file dengan orang lain dan mengunduh file untuk diakses secara offline. 

Dropbox juga memiliki fitur sinkronisasi selektif yang memungkinkan memilih file mana saja yang ingin disinkronkan dengan komputer pengguna.

4. OneDrive

Bagi pengguna Windows, Microsoft OneDrive adalah pilihan yang sangat baik. OneDrive  dikembangkan oleh Microsoft dan terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya, seperti Windows, Office, Outlook, Skype, dan Xbox. 

OneDrive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun Microsoft kita. kita bisa menyimpan dan mengakses file di OneDrive melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile. 

Kita juga bisa membuat dan mengedit file online dengan Microsoft Office Online. Selain itu, kita bisa berbagi file dengan orang lain dan melihat riwayat versi file.

5. Mega 

Mega merupakan Aplikasi penyimpan data online yang menonjol dengan kapasitas penyimpanan gratis yang besar, yaitu 50 GB untuk akun baru. 

Mega juga mengklaim bahwa file kita disimpan dengan enkripsi end-to-end yang tinggi, sehingga hanya kita yang bisa membukanya. 

Kita bisa menyimpan dan mengakses file di Mega melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile. Kita juga bisa berbagi file dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya.

6. Box 

Cloud Drive Box lebih ditujukan untuk pengguna bisnis dan profesional. Box menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 10 GB untuk akun personal. 

Kita bisa menyimpan dan mengakses file kita di Box melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile.  

Selain itu bisa juga berbagi file dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya. Box juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan bekerja bersama tim dalam satu platform.

7. pCloud 

pCloud merupakan penyimpan data online yang berasal dari Swiss dan memiliki fitur unik yang disebut pCloud Drive. 

pCloud Drive adalah sebuah drive virtual yang terhubung dengan pCloud dan memungkinkan pengguna menyimpan file tanpa menggunakan ruang disk lokal komputer. 

pCloud menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 10 GB untuk akun baru. Pengguna bisa menyimpan dan mengakses file  di pCloud melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile. Pengguna juga bisa berbagi file dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya. 

pCloud juga memiliki fitur enkripsi yang disebut pCloud Crypto yang menjamin keamanan file pengguna.

8. MediaFire

MediaFire cocok untuk menyimpan file media, seperti foto, video, dan musik. MediaFire menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 10 GB untuk akun baru. 

Kita dapat mengunggah file kita dengan cepat dan berbagi tautan untuk mengunduhnya dengan orang lain.

9. iCloud

iCloud dikembangkan oleh Apple dan terintegrasi dengan perangkat Apple lainnya, seperti iPhone, iPad, Mac, dan Apple TV. 

iCloud menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun Apple. Kita bisa menyimpan dan mengakses file Anda di iCloud melalui web, aplikasi desktop, atau aplikasi mobile. 

Kita  juga bisa berbagi file dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya. iCloud juga memiliki fitur sinkronisasi yang memungkinkan menyelaraskan data pengguna di berbagai perangkat Apple, seperti kontak, kalender, foto, dokumen, dan lainnya.

10. Amazon Drive

Aplikasi penyimpan data online yang dikembangkan oleh Amazon dan terintegrasi dengan layanan Amazon lainnya, seperti Prime, Kindle, Fire, dan Echo. 

Amazon Drive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun Amazon yang telah dibuat. Amazon Drive juga memiliki fitur backup otomatis yang memungkinkan menyimpan salinan file di cloud secara otomatis.

11. Yandex.Disk

Bagi yang mengikuti dunia teknologi pasti dapat menebak dari namanya asalnya penyimpanan onilen yang satu ini. 

Yandex.Disk adalah layanan penyimpanan awan dari perusahaan internet Rusia, Yandex. Dengan 10 GB penyimpanan gratis, kita dapat dengan mudah menyimpan file dan mengaksesnya dari mana saja, serta dapat berbagi dengan mudah. 

12. Degoo 

Degoo menawarkan kapasitas penyimpanan gratis terbesar di antara aplikasi lainnya, yaitu 100 GB untuk akun baru. 

Degoo juga mengklaim bahwa file pengguna disimpan dengan enkripsi 256-bit AES yang kuat, sehingga aman dari hacker dan pencuri data. 

Kita sebagai pengguna bisa menyimpan dan mengakses file di Degoo melalui web atau aplikasi mobile dan juga bisa berbagi file dengan orang lain dan mengunduh file untuk diakses secara offline. 

Degoo juga memiliki fitur backup otomatis yang memungkinkan pengguna menyimpan salinan file penting di cloud.

13. Sync.com

Sync.com menawarkan penyimpanan awan yang aman dengan enkripsi end-to-end. Ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang sangat peduli tentang keamanan data mereka.

Sync.com fokus pada keamanan dan privasi file pengguna. Sync.com menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun baru.

14. Nextcloud

Nextcloud adalah sebuah aplikasi penyimpan data online yang bersifat open source dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting di server pribadi. 

Nextcloud mirip dengan Dropbox, Google Drive, atau iCloud, tetapi pengguna memiliki kontrol penuh atas data, lokasi penyimpanan, cara berbagi, dan cara menghapusnya. 

Nextcloud juga memiliki fitur-fitur tambahan yang bisa pengguna tambahkan dengan plugin, seperti kalender, kontak, email, kolaborasi, dan lainnya. 

Nextcloud bisa diinstal di Linux, Windows, OS X, Android, dan iOS. Pengguna bisa mengakses file di Nextcloud melalui web browser atau aplikasi mobile. 

Nextcloud dapat menyinkronkan file di berbagai perangkat dan berbagi file dengan orang lain. Nextcloud menjamin keamanan dan privasi file dengan enkripsi end-to-end

15. Zoho Docs

Zoho Docs adalah sebuah aplikasi penyimpan data online yang memungkinkan pengguna membuat, menyimpan, dan berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, dan lainnya secara online. 

Zoho Docs adalah bagian dari suite software cloud Zoho yang menawarkan berbagai solusi bisnis, seperti CRM, email, kolaborasi, dan lainnya. Zoho Docs memiliki fitur-fitur seperti:

  • Kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun personal dan hingga 1 TB untuk akun bisnis.
  • Kemampuan untuk membuat dan mengedit dokumen online dengan Zoho Writer, Zoho Sheet, Zoho Show, dan Zoho Forms.
  • Kemampuan untuk berbagi dokumen dengan orang lain dan mengatur hak aksesnya.
  • Kemampuan untuk menyinkronkan dokumen dengan perangkat Anda melalui aplikasi desktop atau mobile.
  • Kemampuan untuk mengintegrasikan dokumen dengan layanan cloud lainnya, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lainnya.
  • Kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor dokumen dalam berbagai format, seperti DOCX, XLSX, PPTX, PDF, ODT, ODS, ODP, dan lainnya.

Pengguna bisa mencoba Zoho Docs secara gratis dengan mendaftar di situs web resminya atau melalui aplikasi mobile yang tersedia di Google Play atau App Store.

16. My Cloud 

My Cloud adalah sebuah aplikasi penyimpan data online yang dikembangkan oleh Western Digital, sebuah perusahaan yang memproduksi hard disk dan produk penyimpanan lainnya. 

My Cloud memungkinkan kita untuk menyimpan semua konten digital di satu tempat terpusat yang terhubung langsung ke kita dimana dan kapan saja, asalkan memiliki koneksi Internet. 

Selain itu bisa juga mengakses, mengunggah, dan membagikan konten kita dari mana saja dengan koneksi internet melalui aplikasi seluler atau web.

17. ASUS WebStorage

ASUS WebStorage adalah sebuah aplikasi penyimpan data online yang dikembangkan oleh ASUS, sebuah perusahaan teknologi asal Taiwan. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membackup data, menyinkronkan file antara berbagai perangkat, dan berbagi data dengan teman-teman. 

ASUS WebStorage memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mentransfer file dengan mudah dan cepat. File-file yang disimpan di ASUS WebStorage tersedia kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu khawatir kehilangan data.

ASUS WebStorage menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 GB untuk akun baru. Pengguna juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan dengan cara membeli paket berlangganan, mengundang teman, atau menyelesaikan tugas-tugas tertentu. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur backup otomatis yang bisa diatur sesuai jadwal atau kondisi baterai. Selain itu, pengguna bisa memilih data apa saja yang ingin disimpan dan di mana lokasi server penyimpanannya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Dia Situs Bimbel CPNS dan PPPK Online yang Wajib Kamu Coba!

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, memiliki akses ke penyimpanan data online yang aman dan andal sangatlah penting. 

Dengan berbagai pilihan aplikasi penyimpanan data online yang kami bahas di atas, kalian dapat menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan dan fitur yang kalian perlukan. Jadi, mulailah menyimpan data secara online dengan mudah dan aman.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi penyimpan data online yang wajib kalian coba. Semoga bermanfaat!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "17 Aplikasi Penyimpan Data Online yang Wajib Kalian Coba (Gratis, Aman, dan Mudah)"