Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur Mouse Gesture di Microsoft Edge

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur Mouse Gesture di Microsoft Edge

Kabar baik bagi pengguna browser Microsoft Edge, karena saat ini telah hadir fitur keren yang dapat mempermudah ketika menggunakan browser yang satu ini. 

Fitur tersebut adalah Mouse Gesture, di mana dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol browser dengan gerakan mouse yang sederhana. Pengguna dapat menggunakan untuk membuka tab baru, menyegarkan halaman web, menutup tab yang terbuka, dan banyak lagi hanya dengan gerakan mouse. 

Microsoft Edge memiliki fitur mouse gesture bawaan, namun fitur ini dinonaktifkan secara default. Sehingga jika ingin mengaktifkan dan menggunakannya harus dilakukan secara manual oleh pengguna itu sendiri. 

Apa Itu Mouse Gesture

Mouse gesture adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol browser dengan gerakan mouse yang sederhana. Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk membuka tab baru, menyegarkan halaman web, menutup tab yang terbuka, dan banyak lagi. 

Mouse Gesture biasanya dilakukan dengan menekan tombol mouse kanan dan menggeser mouse ke arah tertentu untuk melakukan tindakan tertentu. Mouse gesture adalah fitur yang tersedia di beberapa browser, seperti Microsoft Edge.

Mouse Gesture dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat menjelajah web. Pengguna dapat melakukan berbagai tindakan browser dengan cepat dan mudah tanpa harus menggunakan keyboard atau menu. 

Namun, juga perlu diingat jika gerakan mouse harus sesuai dengan tindakan yang di inginkan, atau dengan kata lain pengguna harus mengingat setiap gerakan mouse dan fungsi dari tindakan tersebut. 

Jika pengguna lupa gerakan mouse yang sudah diatur, pengguna dapat melihat daftar lengkapnya di jendela pengaturan mouse gesture.

Baca juga: Cara Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

Cara Mengaktifkan Fitur Mouse Gesture di Microsoft Edge

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika akan menggunakan fitur Mouse Gesture pada Microsoft Edge. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Langkah 1 (Pastikan Menggunakan Microsoft Edge Versi Terbaru)

Fitur Mouse Gesture pada Microsoft Edge tersedia pada Versi 115 atau di atasnya. Jadi pastikan telah menggunakan versi terbaru, jika belum maka lakukan update terlebih dahulu. 

2. Langkah 2 (Aktifkan Experiments)

Untuk langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Microsoft Edge Mouse Gesture pada Experiments. Jika belum diaktifkan maka nantinya tombol pengaturan Mouse Gesture Microsoft Edge tidak akan muncul pada halaman menu pengaturan. 

Berikut  cara mengaktifkannya: 

  • Buka Microsoft Edge 
  • Kemudian ketikan edge://flags/ pada address bar, selanjutnya tekan Enter 

    Mengaktifkan Mouse Gesture di Microsoft Edge

  • Pada kolom Search silakan ketikan Mouse Gesture, lalu pada opsi Microsoft Edge Mouse Gesture yang muncul pada hasil pencarian, silakan pilih Enable

    Mengaktifkan Mouse Gesture di Microsoft Edge

  • Jika sudah klik Restart 

3. Langkah 3 (Mengaktifkan Mouse Gesture)

Jika langkah 1 dan 2 sudah selesai, maka langkah selanjutnya mengaktifkan Mouse Gesture yang ada pada halaman pengaturan. 

Berikut caranya: 

  • Tekan titik tiga sejajar yang berada di bagian pojok kanan atas laman, lalu pilih Settings 

    Mengaktifkan Mouse Gesture

  • Selanjutnya pilih Appearance (Tampilan), pada Enable Mouse Gesture silakan diaktifkan 

    Mengaktifkan Mouse Gesture

  • Untuk melihat daftar perintah yang di gunakan dalam Mouse Gesture, silakan pilih Configure Mouse Gesture 

    Mengaktifkan Mouse Gesture

  • Pada halaman Configure Mouse Gesture akan ditampilkan daftar perintah yang digunakan, kita juga dapat merubah atau mengganti setiap perintah yang digunakan

    Mengaktifkan Mouse Gesture

  • Selesai 


Cara menggunakan Mouse Gesture di Microsoft Edge

Untuk mulai menggunakan Mouse Gesture di Microsoft Edge sangat mudah, kita hanya perlu melakukan klik kanan dan tahan kemudian menggerakkan mouse ke arah sesuai perintah yang diinginkan. 

Misalnya: 

  1. Scroll Ke Atas

    Cara menggunakan Mouse Gesture di Microsoft Edge

    Klik kanan dan tahan kemudian gerakkan mouse ke arah atas, maka nantinya akan melakukan Scroll ke atas.

  2. Kembali Ke Halaman Sebelumnya

    Cara menggunakan Mouse Gesture di Microsoft Edge

    Klik kanan dan tahan kemudian gerakkan mouse ke arah kiri, maka nantinya akan melakukan Go Back (kembali ke halaman sebelumnya)

Pada intinya silakan hafalkan gerakkan mouse yang ada pada halaman Configure Mouse Gesture. Setiap perintah memiliki gerakan yang berbeda-beda. 

Atau bisa juga dengan mengganti perintah sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Berita di Microsoft Edge (News Feed)

Fitur Mouse Gesture pada Microsoft Edge memiliki fungsi yang cukup mempermudah ketika sedang melakukan aktivitas menggunakan browser ini.

Mouse Gesture mampu membuat lebih cepat dan efisien dalam menggunakan perintah tertentu, seperti melakukan Scroll, menutup tab dan lain sebagainya.

Nah jangan ragu untuk memulai mencoba fitur Mouse Gesture ini, jika memang bermanfaat maka kalian dapat terus mengaktifkannya. 

Namun jika ternyata malah mengganggu, kita tinggal menonaktifkannya kembali dengan cara kurang lebih sama seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara mengaktifkan dan menggunakan fitur mouse gesture di Microsoft Edge. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur Mouse Gesture di Microsoft Edge"