Widget HTML #1

Cara Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

Cara Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser web yang dikembangkan oleh Microsoft dan berbasis pada Chromium. Salah satu fitur yang berguna dari browser ini adalah kemampuan untuk membuka banyak tab dalam satu jendela. 

Namun, terkadang kita mungkin tidak sengaja menutup jendela yang berisi banyak tab yang penting dan kehilangan semua informasi yang sedang kita butuhkan. 

Untuk menghindari hal ini, kita dapat mengaktifkan fitur yang akan meminta konfirmasi sebelum menutup jendela dengan banyak tab di Microsoft Edge.

Mengapa Konfirmasi Penting?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami mengapa konfirmasi sebelum menutup jendela dengan banyak tab penting. 

Sering kali kita bekerja dengan beberapa tab sekaligus, seperti membuka berbagai halaman web, mengumpulkan informasi, atau menyelesaikan tugas online. 

Sehingga ketika kehilangan semua tab ini hanya karena kesalahan menutup jendela bisa sangat merugikan dan mengganggu produktivitas.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut pengguna dapat mengaktifkan Ask before closing a window with multiple tabs. 

Fitur Konfirmasi Microsoft Edge (Ask before closing a window with multiple tabs)

Fitur Ask before closing a window with multiple tabs adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konfirmasi sebelum menutup jendela browser yang berisi banyak tab. 

Fitur ini berguna untuk mencegah pengguna kehilangan informasi atau pekerjaan yang belum disimpan saat browsing dengan banyak tab.

Fitur ini akan menampilkan kotak dialog yang bertanya apakah pengguna yakin ingin menutup semua tab atau tidak. 

Pengguna dapat memilih Ya untuk melanjutkan atau Tidak untuk membatalkan. Fitur ini berfungsi untuk jendela biasa maupun jendela InPrivate, tetapi tidak untuk tab yang dipilih secara individual.

Baca juga: Cara Menampilkan Tombol Share di Microsoft Edge PC

Cara Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

Mengaktifkan konfirmasi sebelum menutup jendela di Microsoft Edge sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Microsoft Edge 
  • Kemudian klik ikon titik tiga sejajar yang berada di bagian pojok kanan atas laman, lalu pilih Settings 

    Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

  • Selanjutnya silakan pilih Appearance, pada opsi Customize browser aktifkan Ask before closing a window with multiple tabs (Tanyakan sebelum menutup jendela dengan banyak tab)

    Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

  • Selesai

    Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge

    Jika sudah silakan uji coba dengan menutup browser Microsoft Edge yang memiliki banyak tab. Maka nantinya akan muncul jendela konfirmasi, yang memberikan pilihan ya atau tidak.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur Mouse Gesture di Microsoft Edge

Mengaktifkan konfirmasi sebelum menutup jendela dengan banyak tab di Microsoft Edge adalah langkah yang bijaksana untuk melindungi data dan produktivitas kita. 

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kita dapat menghindari kehilangan informasi berharga dan tetap fokus pada tugas-tugas tanpa takut kehilangan tab-tab penting.

Demikianlah cara memunculkan konfirmasi sebelum menutup jendela dengan banyak tab di Microsoft Edge. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Konfirmasi Sebelum Menutup Jendela dengan Banyak Tab di Microsoft Edge"