Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan NumLock Pada Keyboard PC/Laptop

Cara Mengaktifkan Numlock Pada Keyboard PC

Apakah kalian mengalami masalah dengan tombol Numlock pada Keyboard? Dimana tombol ini tidak berfungsi ketika ditekan.

Nah pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan cara dalam mengaktifkan tombol Numlock pada Keyboard PC dan laptop. 

Pada Keyboard PC biasanya terdapat tombol angka yang digunakan untuk melakukan input angka, yang berada di sebelah kanan keyboard. Kemudian keyboard laptop juga memiliki fitur ini, namun letaknya bersamaan dengan tombol huruf.

Nah sebelum membahas mengenai langkah-langkah dalam mengaktifkan tombol Numlock, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tombol ini, agar nantinya kalian semua lebih memahaminya. 

Baca juga: Cara Mengetik Simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows

Apa itu tombol Numlock?

Tombol NumLock  (Number Lock) adalah tombol pada keyboard komputer yang mengontrol fungsi tombol angka di bagian kanan keyboard. 

Ketika tombol NumLock ditekan, angka-angka pada numpad (bagian kanan keyboard yang memiliki angka 0 hingga 9) akan diaktifkan. 

Dengan tombol NumLock aktif, pengguna dapat menggunakan numpad untuk memasukkan angka secara langsung. Namun, jika tombol NumLock dinonaktifkan, maka tombol tersebut tidak akan berfungsi.

Sementara jika pada keyboard laptop, biasanya  tombol Numlock terletak di bagian antara tombol 7.8.9,0 ke bawah. 

Tombol NumLock berguna terutama bagi pengguna yang sering menggunakan atau input angka dalam pekerjaan mereka, seperti akuntan atau pengguna spreadsheet.

Karena memang fungsi utama dari tombol Numlock adalah untuk mempermudah pengguna dalam memasukkan angka pada komputer.

Tidak Semua Keyboard Memiliki Tombol Numlock 

Tidak semua Keyboard memiliki tombol Numlock, tombol Numlock biasanya hanya terdapat pada Keyboard dengan ukuran full size. 

Karena memang tombol Numlock hanya fitur tambahan yang ditujukan untuk mempermudah bagi pengguna yang sering memasukkan angka. 

Sementara pada keyboard laptop yang ukurannya tidak full size, tombol Numlock terletak pada tombol 7,8,9,0, ke bawah. Namun tidak semua laptop memiliki fitur ini.

Tombol Numlock pada Keyboard Full Size.
Tombol Numlock pada Keyboard Full Size.


Tombol Numlock pada Keyboard Laptop.
Tombol Numlock pada Keyboard Laptop.

Cara Mengaktifkan NumLock Pada Keyboard PC/Laptop

1. Pada Keyboard PC

Berbeda dengan tombol Keyboard lainnya, tombol Numlock dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Biasanya jika Numlock di matikan maka akan memiliki fungsi lain, yaitu sebagai tombol navigasi dan Scroll. 

Nah berikut ini merupakan cara bagaimana mengaktifkan tombol Numlock pada keyboard full size:

Mengaktifkan Numlock Pada Keyboard

  • Silakan tekan tombol Numlock/Num yang berada diantara kumpulan tombol Numlock itu sendiri.

    Biasanya terletak pada bagian pojok kanan atas tombol Numlock. Numlock aktifkan ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

    Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar contoh di atas. 

2. Pada Keyboard Laptop

Mengaktifkan Numlock Pada Keyboard Laptop

Kemudian pada keyboard laptop, untuk mengaktifkannya silakan tekan tombol Numlock. Jika tidak berhasil maka tekan tombol FN + Numlock

Tombol Numlock pada laptop terletak di antara tombol F1 - F12, atau tombol lain yang berada di baris paling atas keyboard. Setiap laptop biasanya memiliki letak tombol Numlock yang berbeda-beda, jadi silakan cari saja.

Tombol Numlock Tidak Berfungsi Meskipun Sudah Diaktifkan

Namun jika tombol Numlock sudah diaktifkan tapi tetap saja tidak berfungsi, maka mungkin saja Keyboard-nya yang bermasalah, alias tombol Numlock mengalami kerusakan. 

Bisa saja tombol Numlock yang menjadi On/Off tombol Numlock itu sendiri mengalami macet, atau mungkin kerusakan lain pada Keyboard yang menyebabkan tombol ini tidak berfungsi.

Baca juga: Fungsi Tombol Capslock Pada Keyboard Laptop/PC

Tombol numlock pada keyboard PC/Laptop sangat berguna untuk memasukan atau input angka. Jika tombol numlock pada keyboard PC kalian tidak aktif, silakan tekan tombol Numlock yang menjadi fungsi On/Off. 

Tombol Numlock aktif akan ditandai sebuah lampu indikator yang menyala, yang biasanya terletak pada bagian atas keyboard sebelah kanan pojok.

Namun jika sudah diaktifkan namun tombol Numlock tetap saja tidak berfungsi,  maka kemungkinan Keyboard kalian mengalami masalah.

FAQ

Q: Bagaimana cara mengetahui apakah Numlock aktif atau tidak?
A: Kalian dapat melihat apakah Numlock aktif atau tidak dengan melihat lampu Numlock pada keyboard. Jika lampu Numlock menyala, maka Numlock aktif.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika tombol Numlock tidak berfungsi dengan baik?
A: Jika tombol Numlock tidak berfungsi dengan baik, mungkin saja Keyboard yang kalian gunakan mengalami masalah, jadi silakan periksa apakah Keyboard mengalami kerusakan atau tidak.

Q: Apakah tombol Numlock berfungsi pada laptop?
A: Ya, tombol Numlock juga berfungsi pada laptop.

Q: Apakah saya dapat mengubah fungsi tombol Numlock pada keyboard?
A: Tidak, Kalian tidak dapat mengubah fungsi tombol Numlock pada keyboard. Namun jika tombol Numlock di matikan biasanya memiliki fungsi lain, yaitu sebagai tombol navigasi dan Scroll.

Q: Apakah ada keyboard yang tidak memiliki tombol Numlock?
A: Ya, beberapa keyboard tidak memiliki tombol Numlock. Tombol Numlock biasanya hanya terdapat pada Keyboard dengan ukuran Full Size.

Q:  Apakah saya harus selalu mengaktifkan Numlock setiap kali saya menyalakan komputer atau laptop saya?
A: Tidak, Kalian dapat mengaktifkan Numlock secara otomatis setiap kali komputer atau laptop kalian dinyalakan. Tombol Numlock hanya akan mati jika tombol Numlock ditekan.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan NumLock Pada Keyboard PC/Laptop"