Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetik Simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows



Cara Mengetik Simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows

Simbol @ (at) sering kali dibutuhkan dalam aktivitas mengetik melalui perangkat elektronik, khususnya pada komputer. Karena memang simbol ini memiliki fungsi yang cukup penting. 

Untuk membuat atau mengetik-kan simbol @ pada Laptop/PC sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun bagi yang baru belajar atau masih awam dalam dunia komputer mungkin akan mengalami kebingungan. 

Nah lewat artikel kali ini saya akan mencoba memberikan cara bagaimana memasukkan simbol @ pada komputer. 

Namun sebelum membahas ke tutorial-nya, mari kita bahas lebih dalam mengenai simbol ini. Sehingga akan dapat menambah wawasan kita semua. 

Sejarah Singkat Simbol @ (at)

Simbol @ (at) pertama kalinya ditemukan pada abad ke-12 atau tepatnya tahun 1345 di sebuah tulisan berbahasa Bulgaria dari Manasses Chronicle, menurut Today I Found Out

Dalam tulisan tersebut menceritakan sejarah singkat dunia sampai akhir abad ke-11, dan simbol @ digunakan sebagai ucapan amin. 

Selain itu simbol @ (at) juga ditemukan di buku catatan negara Spanyol tahun 1448. Catatan tersebut menerangkan tentang pengiriman gandum dari Kerajaan Kastilia ke wilayah Aragon. 

Sejarah lain juga mengatakan jika simbol @ digunakan dalam pengaturan perdagangan Italia. Hal ini terlihat dari surat yang ditulis oleh Florentine, Fransesco Lapi pada tanggal 4 Mei 1536.

Dalam surat tersebut simbol @ digunakan untuk menunjukan satuan ukuran bernama “amphora”. amphora sendiri mengandung arti guci tanah liat yang berisi anggur dan memiliki ukuran setara 1/13 per barel.

Dari Spanyol sendiri ada bukti lain yang menunjukkan dari penggunaan simbol @, yaitu digunakan untuk menerangkan sebagai simbol satuan ukuran bernama arroba. Arobba sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti ar-rub (seperempat). 

Sedangkan menurut kamus Oxford, simbol @ (at) ditemukan oleh pemuka agama yang digunakan untuk pengganti bahasa Latin "ad" yang berarti di/menuju/oleh/sekitar. 

Ide tersebut dikaitkan dengan teori cara sederhana untuk menggabungkan dua huruf menjadi satu (huruf 'a' dan 'd'). Tujuannya adalah agar dapat menulis lebih cepat (menghemat waktu).

Fungsi Simbol @ (at) Dalam Dunia Teknologi

Seorang ilmuwan komputer dari Amerika Serikat yang bernama Ray Tomlinson mengimplentasikan simbol @ (at) pada program yang dibuatnya. 

Program tersebut bernama SNDMSG singkatan dari Send Message atau yangs sekarang lebih dikenal dengan E-Mail.

Singkat saja, hingga akhirnya simbol @ digunakan untuk berkirim pesan dan penulisan alamat E-Mail. 

Tak hanya itu, sekarang ini simbol @ (at) juga sudah berkembang yang digunakan dalam penggunaan Media Sosial. Simbol @ digunakan untuk menyebutkan nama akun pengguna.

Cara Mengetik Simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows

Letak Simbol @ pada Keyboard adalah terletak bersamaan dengan angka 2 (dua).

Nah untuk mengetik simbol @ (at) caranya ialah silakan tekan tombol SHIF + 2, maka nanti simbol @ secara otomatis akan muncul.

Jika tanpa menekan tombol Shift nanti yang muncul adalah angka 2 (dua).

Mengetik Simbol @ (at) Tanpa Keyboard 

Kemudian bisa juga mengetik simbol @ tanpa Keyboard. Biasanya hal ini dilakukan jika tombol @ (tombol angka 2) mengalami kerusakan. 

Nah untuk melakukannya user dapat dengan menggunakan Keyboard Virtual atau bisa juga dengan melalui kotak dialog Character Map. 

1. Melalaui Keyboard Virtual 

Untuk mengetik simbol @ lewat Keyboard Virtual caranya adalah kalian hanya perlu menampilkan Keyboard Virtual pada layar, kemudian melakukan klik Shift + 2. 

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Keyboard Virtual (On-Screen Keyboard)

    Ada banyak cara dalam membuka Keyboard Virtual, untuk lebih jelasnya bisa dengan membaca artikel berikut: 11 Cara Menampilkan Keyboard di Laptop Windows 10/11

    Namun cara termudah bisa dengan melalui Shortcut, yaitu dengan menekan tombol CTRL + WINDOWS + O pada Keyboard secara bersamaan.

  • Kemudian Klik Shift, Lalu Klik Angka 2

    Mengetik Simbol @ (at) Melalaui Keyboard Virtual

  • Selesai


2. Melalui Character Map

Character Map sendiri merupakan menu yang berisi simbol-simbol dalam penulisan. Menu ini memang tersedia pada Windows untuk digunakan dalam alternatif membuat simbol.

Nah berikut tutorial-nya: 

  • Buka Character Map

    Mengetik Simbol @ (at) Melalui Character Map

  • Cari dan Klik 2X Simbol @ (at)

    Mengetik Simbol @ (at) Melalui Character Map

  • Kemudian Pilih Copy

    Mengetik Simbol @ (at) Melalui Character Map

  • Selanjutnya Silakan Paste Pada Tempat Yang Diinginkan

    Mengetik Simbol @ (at) Melalui Character Map

  • Selesai 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 8/10/11

Nah itulah ulasan sederhana mengenai bagaimana cara mengetik simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows, dimana sebenarnya caranya sangat mudah sekali. 

Namun jika masih ada yang kebingungan mengenai memasukkan atau mengetik simbol ini sangat-lah wajar, jika kalian baru pertama kali belajar menggunakan perangkat komputer. 

Sekian dan semoga membantu ……

Referensi: https://tekno.kompas.com/read/2022/02/17/13450017/sejarah-singkat-simbol-apa-artinya-?page=all

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Mengetik Simbol @ (at) di Keyboard Laptop Windows"