Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Full Size

Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Full Size

Dari waktu ke waktu ukuran Keyboard komputer semakin mengecil, di mana menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. 

Semakin kecil ukurannya tentu nantinya akan semakin banyak juga tombol yang dihilangkan. Sehingga Keyboard tidak memiliki fungsi yang lengkap.

Menyusutnya ukuran Keyboard bisa membuat harganya lebih mudah, karena bahan yang digunakan menjadi lebih sedikit. 

Banyak pengguna yang menyukai Keyboard berukuran kecil, hal tersebut biasanya bagi pengguna dengan kebutuhan tertentu. 

Misalnya saja para pemain game yang biasanya tidak membutuhkan semua tombol lengkap. Biasanya mereka tidak membutuhkan tombol numpad yang berada pada sebelah kanan Keyboard. 

Selain itu Keyboard berukuran kecil dari pada Keyboard standar juga mudah di bawah kemana-mana karena bentuknya sang minimalis.

Terlepas dari itu semua pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Keyboard Full Size, yang merupakan Keyboard standar pada umumnya. 

Baca juga: Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Ukurannya

Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Full Size

Keyboard Full Size adalah jenis keyboard yang memiliki semua tombol standar yang biasanya terdapat pada keyboard desktop. Keyboard ini biasanya terdiri dari 104 hingga 110 tombol, termasuk tombol angka, huruf, tanda baca, serta tombol function dan navigasi. 

Nah di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari Keyboard Full Size

1. Kelebihan Keyboard Full Size 

  • Menyediakan Tombol Yang Lengkap
    Keyboard Full Size menyediakan semua tombol yang dibutuhkan untuk bekerja dengan efisien. Dengan adanya tombol yang lengkap pengguna dapat dengan mudah melakukan tugas seperti memindahkan kursor, mengganti tampilan, membuka program, dan masih banyak lagi.

    Misalnya seorang akuntan yang biasanya sering melakukan input angka, dengan adanya tombol numpad pada Keyboard akan memudahkan mereka dalam mengerjakan pekerjaannya.

  • Lebih Nyaman Untuk Penggunaan Jangka Panjang
    Keyboard Full Size dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam jangka panjang. Ukuran dan posisi tombol yang tepat memberikan posisi tangan dan jari yang nyaman, sehingga dapat mengurangi ketegangan dan kelelahan pada tangan dan pergelangan tangan.

    Namun itu tidak bisa dijadikan acuan, karena ada beberapa pengguna yang tidak nyaman menggunakan Keyboard Full Size karena ukurannya yang terlalu panjang.

    Akibatnya jika menggunakan Keyboard Full Size terlalu lama justru membuatnya lebih cepat lelah.

  • Tampilan Yang Lebih Profesional
    Keyboard Full Size memiliki tampilan yang lebih besar dan lebih profesional dibandingkan dengan keyboard yang lebih kecil.

    Hal ini sangat penting untuk para profesional dan pekerja kantoran yang memerlukan tampilan yang lebih serius dan konservatif.

  • Dapat Menggunakan Tombol Enter Dengan Ibu Jari
    Kelebihan Keyboard Full Size yang selanjutnya adalah dapat menggunakan tombol enter dengan ibu jari. Hal tersebut karena pada tombol Numpad yang berada pada sebelah kanan dilengkap dengan tombol enter.

    Tombol enter pada Numpad tersebut berdekatan dengan tangan kanan pengguna, yang digunakan untuk mengontrol Mouse.

    Untuk menggunakan enter pengguna dapat meraihnya menggunakan ibu jari tangan kanan, tentu ini merupakan kelebihan tersendiri dari Keyboard Full Size dan tidak dimiliki Keyboard dengan ukuran lain. 

    Namun lain halnya jika pengguna menggunakan Mouse dengan tangan kiri (kidal), menekan enter dengan ibu jari sepertinya kurang berlaku. 


2. Kekurangan 

  • Lebih Berat dan Lebih Besar
    Ukuran dan jumlah tombol yang lebih banyak membuat keyboard Full Size cenderung lebih berat dan lebih besar dibandingkan dengan keyboard yang lebih kecil. Hal ini membuatnya kurang cocok untuk penggunaan pada perjalanan atau untuk dibawa-bawa.

  • Kurang Ergonomis
    Meskipun keyboard Full Size dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam jangka panjang, namun beberapa model keyboard Full Size masih kurang ergonomis. Pengguna dapat mengalami ketidaknyamanan atau cedera pada pergelangan tangan dan jari jika posisi keyboard dan posisi tubuh yang tidak ergonomis.

  • Harga Lebih Mahal
    Harga keyboard Full Size cenderung lebih mahal dibandingkan dengan keyboard yang lebih kecil. Hal ini karena keyboard Full Size menggunakan lebih banyak bahan dan teknologi, dan memiliki lebih banyak tombol.

Baca juga: Arti Tonjolan Kecil Bergaris Pada Keyboard Berada Di Huruf F dan J

Keyboard Full Size memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah memiliki tombol navigasi dan fungsi yang lengkap, lebih nyaman untuk penggunaan jangka panjang, dan memiliki tampilan yang lebih profesional serta dapat menggunakan tombol enter dengan ibu jari tangan kanan. 

Sedangkan kekurangannya adalah lebih berat dan lebih besar, kurang ergonomis, dan harganya lebih mahal. 

Sebelum membeli Keyboard Full Size, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi kalian. Jika kalian membutuhkan keyboard yang lebih ringkas dan portabel, maka Keyboard yang lebih kecil mungkin lebih cocok untuk kalian. 

Namun, jika Anda membutuhkan keyboard yang lengkap dan nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang, maka keyboard Full Size mungkin lebih cocok untuk kalian.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Full Size"