Widget HTML #1

Cara Cek Penggunaan WIFI di Laptop Windows 11

Cara Cek Penggunaan WIFI di Laptop Windows 11

Tidak hanya pada ponsel pintar saja, kini pada Windows 11 juga hadir fitur cek penggunaan data WIFI yang dapat merekam jumlah penggunaan data internet yang telah digunakan. 

Tentu fitur ini bagi sebagian pengguna sangat berguna sekali dalam memantau jumlah penggunaan data kuota Internet yang telah dihabiskan.

Tak hanya itu saja, informasi yang diberikan mengenai penggunaan data Internet pada laptop Windows 11 juga sangat detail. 

Selain jumlah keseluruhan, dijelaskan pula secara detail daftar aplikasi maupun fitur-fitur lain yang telah menggunakan data Internet. 

Sebagai pengguna nantinya akan sangat mudah melacak aplikasi atau fitur apa yang paling banyak menggunakan data Internet pada Windows 11.

Baca juga:  3 Cara Melihat Password Wifi di Windows 11/10/8/7

Cara Cek Penggunaan Data WIFI di Laptop Windows 11

Fitur Data Usage atau penggunaan data pada Windows 11 dapat dicek pada menu Settings. Nantinya informasi yang diberikan sangat detail. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Windows Settings

    Cara termudah membuka Windows Settings dapat melalui Search, atau bisa menggunakan tombol pintasan Keyboard CTRL + I.

  • Kemudian Pilih Network & internet > Advance network settings

    Cek Penggunaan Data WIFI di Laptop Windows 11

  • Selanjutnya Pilih Data usage

    Data Usage Windows 11

  • Pilih Jaringan Yang Digunakan

    Data Usage Windows 11

    Pada langkah ini silakan pilih jaringan yang digunakan. Pilih saja nama WIFI (SSD) yang digunakan. Dalam contoh di sini misalnya WIFI yang saya gunakan menggunakan nama Wifiku.

  • Lihat Statistik Penggunaan Data WIFI

    Statistik Penggunaan Data Windows 11

    Terakhir silakan lihat statistik pengguna data internet pada laptop. Data yang ditampilkan merupakan data penggunaan 30 hari terakhir.

    Selain itu daftar aplikasi atau fitur apa saja yang telah menggunakan data internet akan ditampilkan berserta jumlah yang telah digunakan.

  • Selesai 

Baca juga: Cara Mengatasi Wifi Can't Connect To This Network Di Laptop Windows

Fitur Data Usage pada Windows 11 ini memang sangat berguna sekali dalam memantau penggunaan data Internet pada laptop maupun PC. 

Penggunaan data yang telah dihabiskan pada laptop selama 30 hari terakhir akan terekam dengan detail. Statistik penggunaan data dapat dilihat dengan jelas. 

Dengan adanya fitur ini tentu pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang dapat merekam penggunaan data. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Penggunaan WIFI di Laptop Windows 11"