Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin Ke Tempat Semula

Cara Untuk Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin Ke Tempat Semula

Dalam mengelola file pada komputer tak jarang kita sering melakukan kesalahan yang berupa salah penghapusan file secara tidak sengaja. Dimana file tersebut ternyata file penting dan masih sangat dibutuhkan.

Namun tenang saja karena pada setiap Sistem Operasi saat ini sudah tersedia fitur yang digunakan untuk antisipasi kesalahan hapus data/file. Tak terkecuali komputer Windows. 

Pada Windows sendiri terdapat sebuah fitur yang bernama Recycle Bin, di mana fungsinya untuk menampung sementara file yang sudah dihapus. 

Saat pengguna melakukan penghapusan file, file tidak langsung di hapus secara permanen, melainkan dikirim ke Recycle Bin dan file tersebut dapat dikembalikan atau istilah lainnya di Restore. 

Sementara jika ingin menghapus file secara permanen, maka dapat dengan melakukan penghapusan file yang ada pada Recycle Bin. 

File yang di Restore dari Recycle Bin tersimpan di mana?

Kemudian jika file yang ada pada Recycle Bin di Restore (dikembalikan), maka file tersebut akan kembali ke tempat semula. 

Tempat semula di sini tempat di mana file tersimpan saat sebelum dihapus. Misal sebelum dihapus file terletak di partisi D pada folder A, maka setelah file di Restore dari Recycle Bin, file akan kembali ke tempat asal. 

Selanjutnya untuk melakukan Restore file yang ada pada Recycle Bin caranya juga sangat mudah, untuk lebih jelasnya berikut uraiannya. 

Baca juga: Cara Menghapus File di Recycle Bin Secara Otomatis Windows 10/11

Cara Untuk Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin Ke Tempat Semula

  • Buka Recycle Bin

    Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin

    Recycle Bin secara default terdapat pada bagian pojok kanan atas halaman Desktop, berupa icon tong sampah.

    Untuk membukanya silakan langsung saja klik 2X, nanti secara otomatis akan masuk ke Recycle Bin.

  • Cari dan Select File Yang Akan Di-Restore

    Pada Recycle Bin akan terdapat daftar semua file yang dihapus sebelumnya. Nah pada tahap ini silakan cari file mana yang ingin di-Restore.

    Untuk mempermudah pencarian kalian dapat melihat waktu penghapusan pada bagian Date Delete. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur Search.

    Jika sudah ketemu silakan pilih atau Select file tersebut.

  • Klik Kanan File, Kemudian Pilih Restore

    Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin

  • Selesai

    Sampai di sini file telah berhasil di Restore. File akan berada atau kembali ke tempat penyimpanan awal sebelum file tersebut dihapus. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Recycle Bin Yang Terhapus Windows 7/10/11

Bagaimana mudah sekali bukan? Silakan ikuti langkah-langkahnya mengenai cara untuk mengembalikan file yang ada di Recycle Bin ke tempat semula seperti yang sudah diuraikan di atas. 

Tutorial ini menurut saya sangat penting dan harus dipahami, mengingat memiliki manfaat dalam mengembalikan file yang sudah dihapus. 

Jika sewaktu-waktu tak sengaja menghapus file penting, maka langsung saja melakukan Restore file pada Recycle Bin. 

Sekian dan semoga membantu ………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Untuk Mengembalikan File Yang Ada di Recycle Bin Ke Tempat Semula"