Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

3 Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

Cara agar pulsa tidak tersedot saat kuota habis XL, apakah hal tersebut dapat dapat dilakukan? Tentu jawabannya bisa saja.

Koneksi Internet pada Smartphone terhubung secara otomatis dengan Provider yang digunakan. Sementara Kuota Internet yang dimiliki bisa saja habis sewaktu-waktu tergantung dari pemakaian. 

Saat Kuota Internet habis, maka biasanya secara otomatis biaya akan menggunakan atau menyedot Pulsa yang ada ketika koneksi Internet digunakan. Nah hal tersebut menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa pengguna. 

Terkadang banyak pengguna yang tidak menyadari jika Paket Kuota Data Internet yang ia gunakan telah habis (Habis disini bisa habis Kuota atau Massa Aktifnya). 

Karena tidak menyadari Kuota telah habis, pengguna terus saja mengaktifkan koneksi Internet pada Ponsel-nya, hal hasil Pulsa yang ada menjadi tersedot banyak bahkan bisa habis. 

Persoalan tersebut sering menjadi problema tersendiri bagi para pengguna, alhasil banyak pengguna yang mengalami pulsa habis tersedot akibat tidak mengetahui jika Kuota/Paket Data yang dia daftarkan (beli) telah habis. 

Nah pada artikel kali ini saya mencoba berbagi tips sederhana mengenai cara agar Pulsa tidak tersedot saat kuota habis pada Provider XL

Bagi yang menggunakan Paket Data XL bisa simak ulasannya dibawah ini, agar nantinya Pulsa kalian aman tidak habis lagi. 

Baca juga: 5 Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo Di Hp Sendiri

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengamankan Pulsa saat kuota habis. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

1. Dengan Mematikan Paket Data Ponsel 

Ini adalah cara yang paling simple, jika Paket Data pada ponsel dimatikan maka secara otomatis koneksi Internet juga dimatikan.

Karena tidak menggunakan koneksi Internet, tidak ada biaya yang digunakan. 

Silahkan cek Kuota kalian secara berkala, jika memang sudah habis atau tinggal sedikit segera matikan Paket Data. Agar nantinya tidak menyedot Pulsa yang ada. 

Atau bisa juga dengan segera melakukan pembelian Paket Data Internet yang baru.

2. Dengan Mengaktifkan Peringatan Penggunaan Paket Data 

Pada Smartphone sendiri terdapat fitur peringatan penggunaan Paket Data. Jika fitur ini diaktifkan maka nantinya akan ada peringatan mengenai jumlah Kuota yang telah digunakan. 

Untuk jumlah Kuota bisa di tentukan sesuai keinginan pengguna. Misalnya disetel dengan jumlah 2 GB, maka nantinya jika pengguna sudah menghabiskan Kuota sebanyak 2 GB dalam sehari maka secara otomatis akan muncul peringatan. 

Berikut cara mengaktifkan peringatan penggunaan Paket Data Android: 

  • Buka Menu Settings (Pengaturan)

  • Pilih Jaringan & Internet

  • Kemudian Jaringan Seluler

  • Selanjutnya Penggunaan Kuota Aplikasi

  • Tekan Icon Roda Bergerigi

  • Lalu tekan Peringatan Data

  • Masukkan Jumlah Kuota

    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

    Silahkan masukkan jumlah kuota, perkirakan dengan jumlah Kuota yang kalian miliki.

    Namun akan lebih baik jika Jumlah Kuota yang dimasukkan lebih rendah dari jumlah Kuota Internet yang sedang kalian miliki, agar nantinya saat peringatan muncul masih ada sisa sedikit.

    Sehingga  memberi waktu untuk mematikan paket data ataupun mengisi ulang Kuota Internet.

  • Terakhir Tekan Atur (OK)

  • Selesai

    Nah sampai disini fitur peringatan penggunaan Paket Dara telah aktif. Jika nanti dalam sehari penggunaan kuota telah mencapai jumlah sesuai yang ditentukan akan muncul peringatan.

    Untuk langkah selanjutnya jika peringatan telah muncul, maka bisa segera dengan mematikan paket Data pada Ponsel, atau bisa juga dengan segera melakukan pembelian Kuota Internet. 

3. Lewat Kontrol Pulsa di Aplikasi MyXL 

Ini merupakan cara yang paling direkomendasikan. Pada Aplikasi myXL terdapat fitur Kontrol Pulsa yang melindungi Pulsa tersedot habis. 

Jika fitur ini diaktifkan maka jika kuota Internet habis maka akan langsung terputus, meskipun pada Nomor XL yang digunakan terdapat Pulsa Reguler. 

Selain melindungi Pulsa dari penggunaan Internet di Luar data, Kontrol Pulsa XL bida juga dapat melindungi dari SMS Berlangganan serta SMS Banking. 

Nah berikut cara mengaktifkan-nya:

  • Install Aplikasi MyXL




    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

    Pertama silakan Install terlebih dahulu Aplikasi MyXL pada Smartphone kalian. MyXL sendiri dapat di Install Lewat Google Play Store (bagi pengguna Android) atau Apple Store (bagi pengguna iPhone).

  • Buka Aplikasi MyXL

  • Pastikan Login  Menggunakan Nomor XL Yang di Gunakan

    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

    Jika di dalam Aplikasi MyXL terdapat beberapa akun, pastikan memilih akun (Nomor XL) yang digunakan untuk mendaftar Paket Data Internet.

  • Tekan Menu Profile

    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

  • Kemudian Tekan Kontrol Pulsa

    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

  • Silahkan Aktifkan Data

    Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL

    Pada Kontrol Pulsa terdapat tiga setelan, berikut penjelasannya:

    SMS Berlangganan
    Fitur ini jika diaktifkan akan melindungi Pulsa tersedot dari layanan SMS berlangganan.

    SMS Banking
    Melindung Pulsa terpotong akibat Transaksi melalui SMS Banking. Sedikit saran, alangkah baiknya jika fitur ini dimatikan saja, mengingat SMS Banking biasanya digunakan untuk Transaksi mengenai Rekening Bank yang terkait.

    Data
    Fitur untuk menghindari Pulsa digunakan apabila Paket Data telah Habis.

    Nah fitur inilah yang perlu diaktifkan jika ingin Pulsa aman ketika Paket Data telah habis (habis kuota atau habis massa aktifnya)

  • Selesai
    Setelah fitur Kontrol Pulsa pada Aplikasi MyXL diaktifkan, maka kalian tidak perlu khawatir lagi Pulsa tersedot ketika Paket Data yang digunakan telah habis.

    Jika Paket Data telah habis, maka koneksi Internet akan langsung terputus.

Baca juga: Harga Paketan by.U Unlimited Terbaru 2022

Nah itulah tutorial sederhana mengenai bagaiman cara agar pulsa tidak tersedot saat kuota habis XL. Dari tiga cara yang ada cara yang paling direkomendasikan adalah cara yang ketika. 

Cara ketiga (Melalui Aplikasi MyXL) merupakan cara yang paling efektif, sebab nantinya jika kuota habis maka biaya koneksi tidak langsung otomatis menggunakan pulsa reguler. 

Selain itu kontrol pulsa pada Aplikasi MyXL juga dapat mencegah pulsa tersedot oleh SMS langganan maupun SMS Banking. 

Sekian dan semoga membantu……..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "3 Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Kuota Habis XL"