Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Pada Prosesor Komputer

Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Prosesor

Prosesor merupakan komponen inti dari sebuah komputer, dimana jika diibaratkan seperti otaknya komputer. Prosesor mengontrol dan melakukan pemprosesan terhadap sistem kerja dari suatu komputer tersebut.

Karena perannya yang sangat penting tak heran para  pengembang prosesor terus melakukan pengembangan untuk menciptakan prosesor yang memiliki kinerja semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya beragam tipe , jenis dan generasi prosesor yang dikeluarkan oleh pihak Brand setiap tahunnya. 

Ketika membahas masalah prosesor komputer, terdapat istilah-istilah yang digunakan dalam penyebutan-nya seperti jenis, tipe dan generasi. Apakah kalian sudah memahami mengenai istilah-istilah tersebut?.

Sangat penting memahami istilah yang ada pada prosesor, sebab istilah tersebut berkaitan dengan masalah spesifikasi sebuah prosesor. Atau dengan kata lain berkaitan dengan tingkat kemampuan sebuah prosesor.

Biasanya ketika akan membeli sebuah Laptop/PC prosesor menjadi komponen yang pertama kali untuk diperhitungkan. Agar nantinya Laptop/PC yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memilih prosesor yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maka harus terlebih dahulu memahami istilah yang ada pada prosesor. 

Setelah memahami istilah pada prosesor, maka nantinya kalian akan dapat mengidentifikasi (mengetahui) kemampuan dari sebuah prosesor yang akan di beli.

Nah jika kalian tertarik untuk memahami istilah dalam prosesor (jenis, tipe, dan generasi), simak baik-baik ulasannya  di bawah ini.

Baca juga: Cara Cek Generasi Prosesor Intel Di Laptop Windows

Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Pada Prosesor Komputer

A. Jenis Prosesor 

Istilah yang pertama adalah jenis prosesor. Kalian pasti pernah mendengar atau  membaca istilah tersebut baik secara langsung maupun lewat media elektronik.

Jenis prosesor komputer disini mengarah atau mengacu pada brand/merk/perusahaan yang membuat dan menjualnya. Contohnya Intel, AMD, dan lain sebagainya. 

Jadi dengan kata lain jenis prosesor merupakan istilah yang digunakan untuk membedakan prosesor berdasarkan merk/brand/perusahaan yang membuat dan menjualnya. 

Contoh Jenis Prosesor: 

1. Prosesor Intel 

Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Prosesor

Prosesor intel merupakan prosesor yang dikembangkan dan di jual oleh perusahaan Intel Corporation. Perusahaan teknologi ini berkantor di Santa Clara, California, Amerika Serikat. 

Mungkin kalian semua sudah tak asing lagi dengan prosesor yang satu ini. Banyak Laptop maupun PC yang menggunakan prosesor intel.

Prosesor Intel terkenal dengan berbagai kelebihan dibandingkan prosesor lainnya, salah satunya ialah tahan panas (tidak cepat panas). Selain itu prosesor Intel juga terkenal dengan prosesor yang hemat daya energi listrik.

2. Prosesor AMD

Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Prosesor

Jenis prosesor lainnya ialah prosesor AMD. Prosesor ini dikembangkan oleh perusahaan Advanced Micro Devices, Inc (AMD), yang memiliki kantor di Santa Clara, California, AS. 

Banyak yang beranggapan bahwa prosesor AMD merupakan pesaing utama dari prosesor Intel. Anggapan tersebut saya rasa benar, sebab kedua prosesor tersebut hingga saat ini masih menjadi prosesor yang paling banyak digunakan.

Salah satu kelebihan dari prosesor AMD adalah sangat baik dalam memproses grafis. Hal tersebut membuat prosesor AMD sangat terkenal dikalangan pemain Game. 

Banyak para Gamers yang memilih menggunakan prosesor AMD, karena memang lebih baik dan stabil ketika digunakan untuk bermain game. Meskipun begitu prosesor AMD lebih banyak mengonsumsi daya listrik dibandingkan Intel.

Itulah contoh dari jenis prosesor, sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Namun saya hanya menyebutkan dua contoh saja, karena menurut saya kedua prosesor diatas merupakan jenis prosesor yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. 

B. Tipe Prosesor 

Sementara untuk istilah tipe prosesor lebih mengarah pada spesifikasi dari prosesor jenis tertentu. Setiap jenis prosesor memiliki varian yang berbeda-beda dengan tingkat kinerja (kemampuan) yang berbeda-beda juga. 

Setiap varian jenis prosesor dibedakan menggunakan penomoran atau kode tertentu. Tujuannya agar para pengguna mudah dalam membaca atau mengidentifikasi kemampuan suatu tipe prosesor tersebut.

Dengan kata lain tipe prosesor adalah istilah yang digunakan untuk membedakan varian dari jenis prosesor tertentu dengan menggunakan penomoran, gunanya untuk mempermudah dalam mengidentifikasi  spesifikasi atau kemampuan dari prosesor tersebut. 

Untuk lebih memperjelas, berikut ini contoh dari tipe prosesor Intel dan prosesor AMD: 

1. Contoh Tipe Prosesor Intel 

  • Intel Pentium G540
  • Intel Pentium G620
  • Intel Core i3 2100
  • Intel Core i3 2120
  • Intel Core i5 2310
  • Intel Core i5 2320
  • Intel Core i7 2600
  • Intel Core i7 2600K
  • Prosesor Intel® Core™ i9-10850K
  • Prosesor Intel® Core™ i9-10885H
  • Dan Lain Sebagainya

    Untuk melihat varian (tipe) Prosesor Intel lebih lengkap bisa dilihat lewat Website resminya, yaitu: www.intel.co.id

2. Contoh Tipe Prosesor AMD 

  • AMD A6-5400K
  • AMD A8-5600K
  • AMD Athlon II X4 641
  • AMD Athlon II X4 651
  • AMD FX 6300
  • AMD FX 8350
  • AMD Sempron 140
  • AMD Sempron 145
  • Ryzen Threadripper 1900X
  • Ryzen 3 2300X
  • Ryzen 5 3600
  • Ryzen 7 1700
  • Ryzen 9 3950X
  • Ryzen 9 3900X
  • Dan Lain Sebagainya

    Untuk melihat varian (tipe) Prosesor AMD lebih lengkap bisa dilihat lewat Website resminya, yaitu: www.amd.com

C. Generasi Prosesor

Saat ini para pengembang prosesor telah berlomba-lomba untuk menciptakan prosesor yang mampu menghasilkan performa terbaik

Performa terbaik disini tidak hanya masalah kecepatan atau tenaga dari prosesor, namun juga masalah lainnya seperti konsumsi daya listrik yang digunakan dan lain-lain. 

Dalam perkembangan prosesor terdapat istilah generasi, dimana setiap generasi menggunakan teknologi tertentu. Semakin terbaru generasi-nya berarti semakin terbaru juga teknologi yang digunakan pada prosesor.

Atau dengan kata lain semakin terbaru generasi pada prosesor semakin tinggi atau baik juga kemampuan atau kinerjanya, karena sudah menggunakan teknologi terbaru.

Setiap generasi biasanya diberi dengan sebutan tertentu, agar lebih mudah dalam membedakannya.

Jadi generasi prosesor merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan teknologi yang digunakan pada suatu jenis prosesor. Generasi prosesor biasanya di tandai dengan sebutan nama tertentu.

Contoh daftar generasi prosesor Intel dan AMD hingga saat ini:

Generasi Prosesor Intel 

  1. Generasi 1 (Nehalem)
  2. Generasi 2 (Sandy Bridge)
  3. Generasi 3 (Ivy Bridge)
  4. Generasi 4 (Haswell)
  5. Generasi 5 (Broadwell)
  6. Generasi 6 (Skylake)
  7. Generasi 7 (Kaby Lake)
  8. Generasi 8 (Kabby Lake Refresh)
  9. Generasi 9 (Coffee Lake)
  10. Generasi 10 (Cannon Lake/Ice Lake)
  11. Generasi 11 (Tiger Lake)

Generasi Prosesor AMD

  1. AMD K5
  2. AMD K6
  3. AMD Duron
  4. AMD Athlon
  5. AMD Sempron
  6. AMD Opteron
  7. AMD Ryzen

Baca juga: Pengertian Dari Perangkat Lunak, sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Nah itulah tadi ulasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan jenis, tipe dan generasi prosesor  pada komputer. 

Dalam uraian diatas jenis atau merk prosesor yang disebutkan sebagai contoh hanya prosesor Intel dan AMD saja, karena menurut saya kedua jenis prosesor tersebut merupakan yang paling populer dan banyak digunakan, sehingga akan membuat lebih mudah memahami nantinya. 

Jika ingin membeli laptop atau PC sebaiknya kalian sudah terlebih dahulu memahami istilah-istilah yang ada pada prosesor, sehingga nantinya kalian dapat dengan mudah menentukan prosesor yang paling sesuai. 

Mengingat prosesor merupakan komponen penting dalam menentukan tingkat kemampuan atau kinerja dari suatu Laptop atau PC. 

Sekian dan Semoga bermanfaat………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Yang Dimaksud Dengan Jenis, Tipe, Dan Generasi Pada Prosesor Komputer"