Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android Dan iOS

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android Dan iOS

Pada pengaturan default atau setelan bawaan Aplikasi WhatsApp, secara otomatis akan melakukan download file pada pesan yang diterima. Hal ini berlaku jika pengguna menggunakan jaringan wifi, sementara jika menggunakan paket data maka hanya foto yang didownload otomatis. 

Fitur ini sebenarnya sangat membantu, sebab jika ingin melihat sebuah pesan yang berupa file Video, foto, audio dan dokumen pengguna tidak perlu melakukan download terlebih dahulu secara manual.

Dalam proses download file pada pesan yang diterima sendiri akan ada waktu yang dibutuhkan dalam proses download hingga selesai, tergantung kecepatan internet yang digunakan. Itulah sebabnya mengapa fitur ini bisa dikatakan sangat membantu. 

Meskipun begitu, ada beberapa dampak yang cukup mengganggu bagi beberapa pengguna dengan fitur auto download ini pada aplikasi WhatsApp. Nah apa saja dampak tersebut?

Baca juga: Cara Video Call di WhatsApp Web

Dampak Auto Download WhatsApp 

  1. Menghabiskan Banyak  Kuota

    Semua file yang dikirim oleh orang lain, saat masuk maka akan langsung didownload secara otomatis. Semakin banyak pesan file yang diterima maka semakin banyak pula kuota yang digunakan.

    Jika berada atau sedang menggunakan jaringan wifi yang Unlimited dan memiliki kecepatan tinggi, maka hal tersebut bukan lah menjadi masalah yang serius. Namun jika sedang menggunakan paket data yang terbatas, mungkin akan malah menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa pengguna.

  2. Membuat Media Penyimpanan Hp Menjadi Cepat Penuh

    Pesan file yang diterima akan langsung didownload, tentu untuk menyimpan file tersebut membutuhkan media penyimpanan (Memori). semakin banyak file yang diterima semakin banyak pula media penyimpanan yang dibutuhkan.

    Jika jenis file pada pesan WhatsApp yang diterima berupa file audio atau gambar, mungkin saja masih mending, namun jika file berupa video biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar.

    Dalam beberapa kasus pengguna yang saya temui, penyebab media penyimpanan penuh dikarenakan pesan file dari aplikasi WhatsApp yang dibiarkan saja dan tidak segera dihapus.

    Coba periksa pada rincian penggunaan media penyimpanan pada Hp, Biasanya Aplikasi WhatsApp memakan tempat penyimpanan yang cukup besar.

  3. Membuat Internet Lemot

    Banyaknya pesan file yang masuk akan membuat internet menjadi lemot. Hal ini disebabkan adanya proses download pada pesan file yang diterima.

    Jika kecepatan internet yang digunakan oleh pengguna tidak kencang, maka ini akan membuat internet akan sangat terasa lemot.

    Tentu hal tersebut jika tidak segera ditangani bisa membuat masalah yang cukup serius jika ternyata kita sedang melakukan kegiatan lain yang penting, misalnya video call, rapat online ,dan lain-lain. 

Itulah beberapa dampak yang bisa terjadi dari adanya fitur auto download WhatsApp ini. Namun tenang saja, karena WhatsApp Sendiri juga menyediakan opsi untuk mematikan fitur tersebut. Sehingga pengguna bisa dengan bebas memilih mematikan atau mengaktifkan-nya. 

Nah jika kalian ingin mematikan fitur auto download pada WhatsApp berikut caranya.


Cara Mematikan Auto Download WhatsApp 

Seperti yang sudah disebutkan pada judul artikel ini bahwa akan ada dua cara yang akan dijelaskan mengenai cara mematikan auto download WhatsApp. Yang pertama pada WhatApp android dan yang kedua WhatsApp iOS. 

Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini:

A. Pada Perangkat Android 

  1. Buka WhatApp Pada Hp Android

    Yang pertama silahkan buka WhatsApp pada hp Android kalian.

  2. Tekan Titik Tiga

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

    kemudian silahkan tekan Titik Tiga Sejajar pada bagian atas laman WhatsApp pada Hp Android.

  3. Pilih Setelan

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

  4. Lalu Penyimpanan Dan Data

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

  5. Kemudian Tekan Saat Menggunakan Data Seluler

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

  6. Hilangkan Semua Checklist

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

    Agar WhatsApp tidak auto download silahkan, hilangkan semua Checklist pada semua jenis file yang ada(Foto, Audio, Video, dan Dokumen).

  7. Tekan Ok

  8. Selanjutnya Tekan Saat Terhubung Ke Wi-fi

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

  9. Hilangkan Semua Checklist

    Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android

    Sama seperti sebelumnya (Saat Menggunakan Data Seluler), hilangkan semua Checklist pada semua jenis file yang ada.

  10. Tekan OK

  11. Selesai

    Sampai disini fitur auto Download telah berhasil dimatikan. 


Sekedar Info: 

Saat Menggunakan Jaringan Seluler: Artinya fitur auto download WhatsApp akan aktif jika sedang menggunakan jaringan seluler.

Saat Terhubung ke Wi-fi: Artinya fitur auto download akan aktif jika sedang menggunakan jaringan Wi-fi. 

Nah silahkan sesuaikan sendiri dengan kondisi masing-masing. Silahkan beri Checklist pada opsi yang ada dan pada jenis File yang diinginkan, jika memang fitur auto download ingin di aktifkan. 


B. Pada Perangkat iOS

Jika cara sebelumnya yang dijelaskan ialah pada WhatsApp yang digunakan pada perangkat android, sekarang pada WhatsApp yang dijalankan atau diinstall pada perangkat iOS. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Langkah Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp di ponsel iPhone maupun iPad kalian

  2. Selanjutnya Buka menu Settings.

  3. Kemudian pilih opsi Data and Storage Usage.

  4. Setelah itu, Tekan Photos lalu pilih opsi Never untuk menghentikan fitur download otomatis.

  5. Untuk Menghentikan Auto Download File Lainnya, lakukan hal yang sama pada Opsi  Videos, Audio, dan Dokumen.

  6. Selesai

    Proses selesai. Sampai disini  Fitur download otomatis telah berhasil dinonaktifkan.

Baca juga: Cara Mengirim File PDF Dari Laptop ke WA

Fitur auto download pada aplikasi WhatsApp memang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Pada intinya silahkan sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Jika memang lebih baik dimatikan maka sebaiknya dimatikan saja. 

Jika saya pribadi lebih memilih mematikan pada opsi Saat Menggunakan Jaringan Seluler, agar tidak boros kuota dan membuat internet lemot. 

Namun pada opsi Saat Menggunakan Jaringan Wi-fi saya lebih memilih untuk menghidupkannya. Dengan perpaduan seperti itu, saya rasa dapat membuat penggunaan aplikasi chatting ini semakin maksimal. 

Sekian dan semoga membantu………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Android Dan iOS"