Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

Laptop akan berfungsi dengan sangat maksimal bila terhubung dengan Internet. Laptop akan dapat digunakan untuk berbagai keperluan di seperti mengirim email, mengakses media sosial, dan lain sebagainya. 

Apalagi di zaman saat ini, dimana hampir kegiatan atau pekerjaan dilakukan melalui dunia Online. Sehingga Internet seperti sudah menjadi kebutuhan yang lumayan penting. 

Salah satu cara untuk menghubungkan laptop dengan Internet adalah dengan melalui jaringan Wifi. Cara ini paling mudah dan simple. Bahkan Handphone sekarang ini juga sudah mendukung fitur Tethering Wifi, yang dapat dihubungkan ke dalam Laptop. Meskipun pembayarannya masih menggunakan kuota yang dibeli memalui Hp. 

Sebenarnya masih ada cara lain dalam menghubungkan Laptop ke Internet, misalnya menggunakan modem ataupun menggunakan Handphone yang dihubungkan melalui Kabel USB.

Namun carang yang paling simple dan biasa digunakan adalah menggunakan jaringan Wifi. 

Kelebihan lain menggunakan jaringan Wifi (bukan Wifi dari Hp) adalah harganya yang cukup murah bila dibandingkan dengan Sistem Kuota.

Menggunakan jaringan Wifi juga dapat digunakan lebih dari satu User alias bersama-sama, dengan kecepatan Internetnya yang masih kencang. Sehingga akan lebih lagi menghemat biasa untuk Internet. 

Nah bagi yang masih bingung bagaimana menghubungkan Wifi ke laptop, berikut caranya yang hanya dengan 2 langkah saja, simak penjelasan berikut:

Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

Langkah 1: Memastikan Laptop tersedia Wifi

Langkah yang pertama, kita harus memastikan jika Laptop memiliki atau tersedia Wifi. Namun tenang saja, bahwa laptop biasanya sudah mendukung atau tersedia Wifi, sehingga kita tinggal menggunakannya saja. 

Kecuali pada Komputer (PC), yang terkadang tidak terdapat Wifinya (Wifi card). Sehingga jika ingin menggunakan atau menghubungkan Wifi, hal itu tidak bisa dilakukan. 

Solusi untuk Komputer (PC) yang tidak memiliki Wifi, bisa dengan membeli dahulu Wifi card di toko lalu memasangnya. Setelah itu baru bisa menggunakan jaringan Wifi. 


Langkah 2: Mengaktifkan Wifi di laptop

Langkah ketiga yaitu mengaktifkan Wifi di Laptop. Sebenarnya secara pengaturan awal atau Default, Wifi pada Laptop sudah dalam keadaan aktif, kita tinggal menghubungkannya saja ke jaringan Wifi yang telah tersedia.

Namun terkadang Wifi pada Laptop, dalam keadaan mati, sehingga jika ingin menggunkan harus lebih dahulu mengaktifkannya.

Untuk cara mengaktifkan Wifi yang dinonaktifkan bisa baca artikel berikut: 5 Cara Mengaktifkan WIFI di Laptop Windows 10


Langkah 3: Siapkan Jaringan Wifi yang akan digunakan

Untuk langkah ketiga, kita harus menyediakan atau memastikan lebih dahulu jaringan Wifi yang akan digunakan telah tersedia. Misalnya dengan langganan ke penyedia jaringan Wifi yang sudah tersedia di daerah kita, atau bisa juga menggunakan Wifi dari tempat umum (Sekolahan, restoran, Kampus, Dll)

Namun sekarang ini membuat Wifi dari Handphone (tethering), juga sudah dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun pembayarannya menggunakan Kuota yang dibeli lewat Hp

Untuk Cara membuat Wifi dari ponsel Android, silahkan baca artikel berikut ini:  Cara tethering hp ke laptop


langkah 4: Menghubungkan Wifi ke Laptop

Jika langkah pertama sampai ke tigasudah siap, selanjutnya kita bisa langsung ke langkah ke 4, yaitu menghubungkan Wifi ke Laptop. 
Berikut langkah-langkahnya: 

  • Klik Icon WIFI pada Taskbar 

    Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

  • Cari dan Klik nama jaringan WIFI yang akan digunakan

  • Beri Checklist pada Connect Automatically, jika ingin Laptop terhubung dengan Jaringan WIFI tersebut secara otomatis ketika baru dihidupkan, kemudian Klik Connect 

    Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

  • Masukkan Password (jika jaringan WIFI tidak diberi Password maka secara otomatis akan terhubung)

    Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

  • Terakhir Klik Next 
  • Jika berhasil terhubung maka tampilan Icon WIFI akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini

    Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop

NB: Tutorial diatas dipraktekkan menggunakan Sistem Operasi Windows 10, namun jika kalian menggunakan Sistem Operasi lain, caranya kurang lebih sama persih, mungkin yang membedakan hanya tata letak atau penamaannya saja.  

Mudah sekali bukan, cara menghubungkan Wifi ke Laptop. Saya harap kalian tidak ada masalah dalam mempraktekkan tutorial tersebut, seperti yang sudah dijelaskan diatas. 
Meskipun menggunakan jaringan Wifi memiliki beberapa kelebihan, namun bukan berarti juga tidak memiliki kelemahan.

Kelemahan menggunakan Jaringan Wifi yaitu, areanya yang terbatas (tidak bisa dibawa kemana-mana), dan hanya daerah-daerah tertentu yang dapat menggunakan jaringan Wifi berbasis kabel Fiber. Sekian dan semoga membantu
Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Langkah-langkah menghubungkan Wifi ke laptop"