Widget HTML #1

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi Dengan Mudah dan Cepat

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi Dengan Mudah dan Cepat

Seiring berjalannya waktu perkembangan dunia teknologi khususnya Android semakin pesat. Hampir setiap tahun para brand-brand HP terkemuka selalu meluncurkan produk terbaru mereka.

Pesatnya Perkembangan teknologi ponsel juga dibarengi dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan penggunaan HP. Misalnya game-game dan software dalam ponsel terus mengalami peningkatan dan makin baru makin membutuhkan Spesifikasi yang lebih tinggi.

Sebelumnya memakai atau membeli ponsel, tentu sebagai pengguna kita harus mengecek terlebih dahulu spesifikasinya. Hal tersebut bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu melihat Spesifikasi juga bisa digunakan untuk memperkirakan harga ponsel di pasaran. Ini sangat berguna jika kita ingin membeli HP Android seken, agar tidak ketipu atau salah beli. 

Dalam Android sendiri terdapat fitur atau menu yang menampilkan Spesifikasi yang digunakan, namun untuk melihat spesifikasi yang lebih detail. Kita juga bisa menggunakan batuan software yang bisa di download dan di Install secara gratis dari Play Store. 

Baca Juga: 2 Cara Update Google Play Store

Cara Cek Spesifikasi HP Android semua Merk 

A. Tanpa Aplikasi

Nah opsi pertama dalam melihat spesifikasi HP Android adalah dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan. 

1. Melalui Pengaturan Android 

Pada setiap ponsel pasti memiliki menu Tentang Ponsel yang biasa diakses melalui menu Pengaturan. Disana akan di tampilkan informasi spesifikasinya. 

Namun pada beberapa ponsel kadang tidak menampilkan Spesifikasi yang begitu lengkap, hanya menampilkan spesifikasi dasar saja. Misalnya hanya menampilkan Sim Card, Memori, Ram, dan Prosesor. 

Berikut cara melihat spesifikasi HP Android melalui Pengaturan: 

  • Buka Menu Pengaturan pada Ponsel

  • Kemudian pilih Tentang Ponsel 

    Cara Cek Spesifikasi HP Android  Melalui Pengaturan Android

  • Cek spesifikasi HP Android kalian 

    Cara Cek Spesifikasi HP Android  Melalui Pengaturan Android

  • Selesai 

2. Melalui Situs GSMArena

Jika ada yang pertanya, web cek spesifikasi HP? Maka jawabannya adalah situs GSMArena. Situs ini memang khusus dibuat untuk menyediakan informasi spesifikasi ponsel dari seluruh dunia. Baik ponsel model lama maupun terbaru. 

Kelebihan cek spesifikasi HP Android lewat situs GSMArena adalah informasi yang diberikan sangat lengkap dan detail sekali. Tak jauh beda jika dibandingkan menggunakan aplikasi. 

Untuk caranya sendiri, simak di bawah ini: 

  • Buka browser 
    Langkah pertama silakan buka browser yang kalian gunakan

  • Kemudian kunjungi situs gsmarena.com

  • Setelah itu, silakan cari tipe HP kalian lewat fitur Search

    Cara Cek Spesifikasi HP Android  Melalui GSMArena

  • Cek spesifikasi HP kalian

    Cara Cek Spesifikasi HP Android  Melalui GSMArena

    Seperti yang terlihat pada gambar di atas, jika informasi spesifikasi HP yang ditampilkan sangat detail sekali. 

  • selesai 

3. Lewat Dus Box

Cek Spesifikasi HP Android Lewat Dus Box
Sumber: tekno.kompas.com

Dalam setiap dus box Hp pasti mencantumkan Spesifikasinya namun biasanya masih kurang lengkap. Dalam dus box hanya menampilkan spesifikasi singkat saja, seperti kapasitas penyimpanan, Ram, dan prosesor, serta gambaran desainnya.

Hal ini bisa kita manfaatkan apabila berencana membeli Smartphone baru, ketika berada di toko kita bisa cek spesifikasinya melalui dus Box atau jika kurang jelas malah bisa menanyakan langsung kepada penjualnya. 

Meskipun spesifikasi yang dicantumkan dalam dus box masing hanya singkat, saya raya itu sudah cukup, bila kalian hanya ingin mengetahui spesifikasi dasarnya saja. 

4. Lewat Youtube

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android


Semenjak populernya Youtube, banyak sekali para Youtuber yang membuat Video Review sebuah Smartphone. 

Lewat Youtube kita malah bisa mendapat Informasi yang lebih detail dan lengkap, karena biasanya para Youtuber menjelaskan secara detail, seperti desain, spesifikasi, fitur, dan lain-lain. 

Untuk caranya tinggal buka Youtube , cari Merk dan Tipe HP yang dimaksud pada kolom pencarian, setelah itu pilih cari. Maka akan menampilkan Video yang membahas Smartphone tersebut. 

Terakhir tinggal pilih Video yang membahas mengenai spesifikasi HP yang di maksud.


B. Menggunakan Aplikasi

Kemudian jika ingin lebih jelas dan akurat, adalah menggunakan aplikasi. Saat ini banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam melihat spesifikasi sebuah Smartphone.

5. Melalui Aplikasi CPU-Z

Pada Android terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi sebuah HP android, yaitu CPU-Z. kita bisa mengistalnya lewat Google Play Store. 

Lewat Aplikasi ini kita kan dapat melihat spesifikasi sebuah HP Android secara lengkap dan akurat. Karena Apk langsung membaca Hardware yang digunakan secara langsung. 

Informasi yang ditampilkan tidak hanya spesifikasi dasarnya saja, namun hampir semua Informasi di perlihatkan, seperti resolusi layar, dimensi, berat, dan lain-lain sebagainya. 

Ukuran Aplikasi CPU-Z juga sangat ringan, yaitu sekitar 2 MB. Sehingga tidak menghabiskan kuota saat proses downloadnya pada Play Store, dan juga sangat ringan saat dijalankan (tidak butuh Ram banyak)

 Berikut caranya:

  • Buka Play Store
  • Download dan Install APK CPU-Z 
  • Jika sudah, langsung saja buka Aplikasinya. Maka kita dapat melihat spesifikasi yang di gunakan pada sebuah HP tersebut. 
    Cek Spesifikasi HP Android Dengan CPU-Z
  • Selesai 

6. Dengan Aida64

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melihat Spesifikasi HP Android, selain CPU-Z adalah Aida64. APK ini juga dapat menampilkan spesifikasi sebuah Smartphone secara lengkap dan sangat detail.  

Untuk masalah keakuratannya juga tidak perlu ditanyakan lagi, karena Aplikasi ini langsung membaca Hardware dan sistem yang digunakan pada sebuah Ponsel Android. 

Untuk menggunakannya tinggal Install Aida64 dari Google Play Store. Setelah itu jalankan, maka kita akan dapat langsung melihat spesifikasi sebuah Ponsel secara lengkap dan detail. 

  • Buka Play Store
  • Download dan Install APK Aida64
  • Jika sudah, langsung saja buka Aplikasinya. Maka kita dapat melihat spesifikasi yang di gunakan pada sebuah HP tersebut. 
    Cek Spesifikasi HP Android Dengan Aida64
  • Selesai 

7. Device Info HW

Selain dua Aplikasi diatas, ada APK lain yang menurut kami tak kalah bagusnya, yaitu Device Info HW. Informasi yang ditampilkan juga sangat jelas dan mendetail. 

Sementara ukuran APK ini juga sangat ringan, sehingga dapat dijalankan dengan sangat lancar pada Smartphone yang memiliki Spesifikasi rendah. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Play Store
  • Download dan Install APK Info HW
  • Jika sudah, langsung saja buka Aplikasinya. Maka kita dapat melihat spesifikasi yang di gunakan pada sebuah HP tersebut. 
    Cek Spesifikasi HP Android Dengan Info HW
  • Selesai 


Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Versi Android di Semua Merek Hp

Melihat spesifikasi HP android sangat perlu dilakukan jika akan membeli sebuah Smartphone, agar Smartphone yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita membutuhkan ponsel yang akan digunakan untuk menjalankan sebuah Game tertentu, maka spesifikasi ponsel yang akan digunakan pun juga harus sesuai dengan game tersebut. 

Selain itu melihat spesifikasi Ponsel juga dapat digunakan untuk memperkirakan harganya di pasaran, hal ini jika kita akan membeli ponsel bekas atau seken. Sehingga nanti kita tidak akan tertipu oleh penjual yang nakal. 

Itulah cara cek Spesifikasi HP android yang bisa dilakukan dengan mudah dan beberapa cara. Kita tinggal sesuaikan saja mana yang paling mudah dan cepat. Sekian dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "7 Cara Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi Dengan Mudah dan Cepat"