Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

Seiring berjalannya waktu perkembangan dunia teknologi khususnya Android semakin pesat. Hampir setiap tahun para brand-brand Hp terkemuka selalu meluncurkan produk terbaru mereka.

Pesatnya Perkembangan teknologi ponsel juga dibarengi dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan penggunaan Hp. Misalnya game-game dan software dalam ponsel terus mengalami peningkatan dan makin baru makin membutuhkan Spesifikasi yang lebih tinggi.

Sebelumnya memakai atau membeli ponsel, tentu sebagai pengguna kita harus mengecek terlebih dahulu spesifikasinya. Hal tersebut bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu melihat Spesifikasi juga bisa digunakan untuk memperkirakan harga ponsel di pasaran. Ini sangat berguna jika kita ingin membeli Hp Android seken, agar tidak ketipu atau salah beli. 

Dalam Android sendiri terdapat fitur atau menu yang menampilkan Spesifikasi yang digunakan, namun untuk melihat spesifikasi yang lebih detail. Kita juga bisa menggunakan batuan software yang bisa di download dan di Install secara gratis dari Play Store. 

Baca Juga: 2 Cara Update Google Play Store

Cara Cek Spesifikasi HP Android semua Merk 

1. Melalui Pengaturan Android 

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

pada setiap ponsel pasti memiliki menu Tentang Ponsel yang biasa diakses melalui menu Pengaturan. Disana akan di tampilkan spesifikasinya. 

namun pada beberapa ponsel kadang tidak menampilkan Spesifikasi yang begitu lengkap, hanya menampilkan spesifikasi dasar saja. Misalnya hanya menampilkan Sim Card, Memori, Ram, dan Prosesor. 

Untuk caranya silangkan pergi ke Pengaturan, kemudian cari menu Tentang Ponsel. Maka disana akan langsung dapat melihat Spesifikasi yang digunakan. 


2. Lewat Dus Box

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android
Sumber: tekno.kompas.com

Dalam setiap dus box Hp pasti mencantumkan Spesifikasinya secara lengkap namun biasanya masih kurang lengkap. Dalam dus box hanya menampilkan spesifikasi singkat saja, seperti kapasitas penyimpanan, Ram, dan prosesor, serta gambaran desainnya.

Hal ini bisa kita manfaatkan apabila berencana membeli Smartphone baru (buka seken), ketika berada di toko kita bisa cek spesifikasinya dan jika kurang jelas malah bisa menanyakan langsung kepada penjualnya. 

Meskipun spesifikasi yang dicantumkan dalam dus box masing singkat, saya raya itu sudah cukup, bila kalian hanya ingin mengetahui spesifikasi dasarnya saja. 


3. Melalui Internet 

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android
Sumber: Screenshot Landing page www.nokia.com

Setiap Brand Smartphone pasti memiliki website resmi yang digunakan untuk promosi produknya. Nah dalam Website tersebut pasti terdapat produk beserta penjelasan secara mendetail mengenai keunggulannya atau fitur yang di tawarkan. 

Selain itu banyak juga Website-Website lain yang mengulas atau unboxing sebuah Smartphone secara lengkap dan mendetail. Misalnya saja seperti www.gsmarena.com. Di website tersebut berisi informasi-informasi mengenai spesifikasi sebuah Ponsel, yang dijelaskan secara lengkap. 

Untuk melihat Spesifikasi Hp lewat internet, kita bisa kunjungi Website resminya atau kunjungi website-website yang menyediakan Informasi seputar Smartphone. Kemudian cari sesuai tipe yang dimaksud. 

Atau jika ingin lebih cepat, tinggal ketik saja di Google, Merk dan tipe Ponsel yang di maksud, maka pada halaman hasil pencarian akan menampilkan banyak sekali website-website yang membahas Hp tersebut.


4. Lewat Youtube

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android


Semenjak populernya Youtube, banyak sekali para Youtuber-Youtuber yang membuat Video Review sebuah Smartphone. 

Lewat Youtube kita malah bisa mendapat Informasi yang lebih detail dan lengkap, karena biasanya para Youtuber menjelaskan secara detail, seperti desain, spesifikasi, fitur, dan lain-lain. 

Untuk caranya tinggal buka Youtube lewat Browser atau Apk, lalu tulis Merk dan Tipe Hp yang dimaksud pada kolom pencarian, setelah itu pilih cari. Maka akan menampilkan Video yang membahas Smartphone tersebut. 


5. Melalui Aplikasi CPU-Z

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

Pada Android terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi sebuah Hp android, yaitu CPU-Z. kita bisa menginstallnya lewat Google Play Store. 

Lewat Aplikasi ini kita kan dapat melihat spesifikasi sebuah Hp Android secara lengkap dan akurat. Karena Apk langsung membaca Hardware yang digunakan secara langsung. 

Informasi yang ditampilkan tidak hanya spesifikasi dasarnya saja, namun hampir semua Informasi di perlihatkan, seperti resolusi layar, dimensi, berat, dan lain-lain sebagainya. 

Ukuran Aplikasi CPU-Z juga sangat ringan, yaitu sekitar 2 MB. Sehingga tidak menghabiskan kuota saat proses downloadnnya pada Play Store, dan juga sangat ringan saat dijalankan (tidak butuh Ram banyak)

Untuk Install dan menggunakan APK CPU-Z, berikut caranya:

- Buka Play Store

- Download dan Install APK CPU-Z 

- Jika sudah, langsung saja buka Aplikasinya. Maka kita dapat melihat spesifikasi yang di gunakan pada sebuah Hp tersebut. 


6. Dengan Aida64

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melihat Spesifikasi HP Android, selain CPU-Z adalah Aida64. APK ini juga dapat menampilkan spesifikasi sebuah Smartphone secara lengkap dan sangat detail.  

Untuk masalah keakuratannya juga tidak perlu ditanyakan lagi, karena Aplikasi ini langsung membaca Hardware dan sistem yang digunakan pada sebuah Ponsel Android. 

Untuk menggunakannya tinggal Install Aida64 dari Google Play Store. Setelah itu jalankan, maka kita akan dapat langsung melihat spesifikasi sebuah Ponsel secara lengkap dan detail. 


7. Device Info HW

7 Cara Cek Spesifikasi HP Android

Selain dua Aplikasi diatas, ada APK lain yang menurut kami tak kalah bagusnya, yaitu Device Info HW. Informasi yang ditampilkan juga sangat jelas dan mendetail. 

Sementara ukuran APK ini juga sangat ringan, sehingga dapat dijalankan dengan sangat lancar pada Smartphone yang memiliki Spesifikasi lumayan rendah. 

Untuk cara menggunakannya juga sama seperti APK pada Umumnya, pertama Install terlebih dahulu Device Info HW lewat Google Play Store, kemudian tinggal jalankan. Maka Spesifikasi ponsel yang digunakan akan langsung ditampilkan. 

Baca Juga: 2 Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya

Penutup 

Melihat spesifikasi HP android sangat perlu dilakukan jika akan membeli sebuah Smartphone, agar Smartphone yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita membutuhkan ponsel yang akan digunakan untuk menjalankan sebuah Game tertentu, maka spesifikasi ponsel yang akan digunakan pun juga harus sesuai dengan game tersebut. 

Selain itu melihat spesifikasi Ponsel juga dapat digunakan untuk memperkirakan harganya di pasaran, hal ini jika kita akan membeli ponsel bekas atau seken. Sehingga nanti kita tidak akan tertipu oleh penjual yang nakal. 

Itulah cara cek Spesifikasi HP android yang bisa dilakukan dengan mudah dan beberapa cara. Kita tinggal sesuaikan saja mana yang paling mudah dan cepat. Sekian dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "7 Cara Cek Spesifikasi HP Android"

Berlangganan via Email