Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

Pada setiap Hp Android pasti menggunakan atau lewat Google Play Store ketika melakukan Install Aplikasi yang diinginkan. Disana banyak sekali pilihan Aplikasi yang telah disediakan, kita pun hanya tinggal mendownloadnya. 

Tapi suatu ketika Aplikasi yang sebelumnya di Install melalui Google Play Store kita Uninstall (dihapus) karena alasan tertentu, seperti ruang memori atau penyimpanan Hp yang penuh atau mungkin karena Aplikasi tersebut sudah tidak digunakan lagi, dan lain sebagainya.

Nah namun ternyata pada Google Play Store masih ada atau terdapat menu yang berisi Aplikasi-Aplikasi yang pernah kita Install sebelumnya. Meskipun sudah di Uninstall Aplikasi tersebut masih ada di akun Play Store kita. Sehingga jika tidak dihapus akan menambah panjang daftarnya. 

Aplikasi yang pernah kita Install tersebut tersimpan pada menu Koleksi Google Play Store. Jika kalian berniat untuk menghapusnya, di artikel ini kami akan memberikan tutorialnya. Simak uraiannya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Update Otomatis Google Play Store

A. Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

Meskipun sudah di hapus atau Uninstall Aplikasi ini masih tersimpan pada menu Koleksi Play Store. Selama kita menggunakan Akun atau Email tersebut Aplikasi tersebut masih tersimpan di sana. 

Berikut cara menghapusnya:

  1. Buka Google Play Store 
  2. Tekan Garis Tiga Sejajar pada Pojok Kiri Atas 

    Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

  3. Lalu Pilih Aplikasi & game saya

    Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

  4. Selanjutnya pilih Koleksi. Disana akan terdapat daftar Aplikasi yang pernah kita Install. Untuk menghapusnya tinggal tekan silang.

    Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

 

B. Cara Menghapus Pencarian Di Play Store

Nah cara selanjutnya cara menghapus Pencarian Google Play Store. Saat kita mengetik sebuah kata atau sebuah nama pada Kolom Pencarian Play Store guna mencari Aplikasi, maka Kata tersebut akan tersimpan juga.

Sehingga saat kita menekan Kolom Pencarian akan muncul berupa Kata yang pernah kita ketikan sebelumnya. Untuk menghapusnya berikut langkah0langkahnya: 

  1. Buka Play Store 
  2. Tekan Garis Tiga Sejajar pada Pojok Kiri Atas 
  3. Kemudian pilih setelan 
  4. Selanjutnya tekan Hapus histori penelusuran lokal

    Cara Menghapus Pencarian Di Play Store

  5. Selesai 


C. Cara Menghapus Aplikasi Yang Terinstal lewat Play Store

Sebagai tambahan, lewat Play Store juga dapat digunakan untuk menghapus atau Uninstall Aplikasi yang diinstall dari sana. 

Sebenarnya Uninstall Aplikasi dapat juga dilakukan lewat menu Pengaturan pada Android. Disana akan ditampilkan semua daftar Aplikasi yang terinstall dalam Ponsel saat ini. 

Namun Uninstall Aplikasi lewat Play Store mungkin akan sedikit memudahkan, karena di Play Store hanya menampilkan Aplikasi yang di Download dari sana. Sehingga lebih mudah dalam pencarian.

Berikut caranya: 

  1. Buka Play Store 
  2. Tekan Garis Tiga Sejajar pada Pojok Kiri Atas 
  3. Pilih Aplikasi & game saya
  4. Selanjutnya tekan Terinstall. Disana akan tampil semua Aplikasi yang sedang digunakan saat ini, tentunya hanya Aplikasi yang di Download dari Play Store.

    Cara Menghapus Aplikasi Yang Terinstal lewat Play Store

  5. Untuk menghapusnya, silahkan tekan Aplikasi yang ingin dihapus, lalu tekan Uninstal

    Cara Menghapus Aplikasi Yang Terinstal lewat Play Store

  6. Selesai 

Baca Juga: 8 Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Nah itulah trik sederhana bagaimana cara menghapus Aplikasi yang pernah di Download di Play Store, yang di bisa dilakukan dengan mudah. saya rasa tidak ada masalah setelah membaca tutorial diatas yang kami berusaha menjelaskan dengan detail.

Sebaiknya kita selalu menghapus Aplikasi-Aplikasi yang terdapat pada menu Koleksi ini secara berkala, sebab jika di biarkan daftar akan semakin panjang. Dan untuk saat ini belum terdapat cara untuk menghapusnya sekaligus. Jadi untuk penghapusan masih di lakukan secara manual alias satu-persatu. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Menghapus Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store"

Berlangganan via Email