Widget HTML #1

8 Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh di Hp Android

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Memori atau ruang penyimpanan adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data pada sebuah perangkat Elektronik, seperti Komputer dan Ponsel. Data-data tersebut akan diolah oleh Prosesor.

Ketika Memori atau Media penyimpanan penuh, pasti dalam penggunaan Ponsel akan sangat terbatas. Dengan begitu akan menyulitkan kita, seperti tidak bisa Instal Aplikasi baru, tidak bisa lagi menyimpan Audio atau Video dan lain-lain.

Selain itu Ponsel Android yang Memorinya penuh juga bisa menyebabkan kinerja menjadi lemot. Saya rasa masalah Smartphone lemot akan berasa sekali efek atau dampaknya bagi kita selaku pengguna.

Sebenarnya kebutuhan akan tempat penyimpanan pada Ponsel, setiap orang berbeda-beda. Ada yang menggunakan Memori 16GB sudah cukup ada yang hingga 64GB masih kurang. 

Namun ada kalanya Memori Ponsel yang kita gunakan tidak mencukupi. Sehingga kita harus mencari cara untuk melonggarkannya tanpa menghapus data-data penting yang kita miliki. 

Tidak seperti pada Laptop atau Komputer, dimana Media Penyimpanan dapat di Upgrade atau diganti dengan yang lebih besar. Di Ponsel hal tersebut tidak dapat dilakukan, meskipun bisa mungkin hanya para teknisi atau mungkin hanya pihak Brand malahan.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Android

Tips melonggarkan ruang penyimpanan yang penuh di hp Android

1. Hapus Cache Setiap Aplikasi

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Cache adalah data yang berupa catatan Aktivitas dalam penggunaan suatu Aplikasi. Data tersebut disimpan sementara dalam Memori tempat Aplikasi terinstall, sehingga ketika Aplikasi ditutup dan digunakan kembali tidak memuat dari awal.

Fungsi Cache adalah mempercepat Akses dan memperlancar Device saat menjalankan Aplikasi yang sama. Misalnya kita Berselancar di Internet menggunakan Browser, kemudian kita menutup dan beberapa waktu membukanya kembali, kita akan dihadapkan dengan tampilan saat terakhir membuka Browser tersebut.   

Namun masalahnya semakin sering Aplikasi digunakan Cache akan semakin banyak dan menumpuk. Jika itu terjadi maka akan membuat media penyimpanan penuh.

Nah jika memori kita penuh, sebaiknya hapus Cache setiap Aplikasi secara rutin. Caranya:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi
  3. Cari dan pilih Aplikasi yang akan dibersihkan
  4. Pilih hapus Cache
  5. Selesai

NB: Jangan memilih Hapus Penyimpanan, karena jika memilih itu semua data Aplikasi akan dihapus dan Aplikasi akan kembali seperti saat pertama kali di Install. Kecuali jika kalian menghendakinya.

Baca Juga: Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak Dan Performa Selalu Power Full

2. Bersihkan Riwayat atau History Browser

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

History adalah catatan atau daftar URL Web yang pernah kita kunjungi.  Semakin sering kita berselancar di Internet lewat Browser History akan semakin banyak pula.

Pada Browser, meskipun Cache sudah dihapus History akan tetap ada dan tidak ikut terhapus. Untuk menghapusnya lakukan cara berikut:

  1. Buka Browser
  2. Tekan titik tiga yang biasanya terletak pada bagian pojok kanan atas layar
  3. Pilih History atau Riwayat
  4. Pilih bersihkan History
  5. Selesai 


3. Backup Data

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Jika kita menyimpan data-data yang pada Android, Foto, Audio, Video atau lainnya bisa membackupnya ke tempat penyimpanan lain, guna melonggarkan Memori.

Ada dua metode untuk Backup Data, Yaitu:

  • Secara Offline

    Backup Data secara Online bisa dilakukan dengan memindah data ke tempat lain. Di Komputer atau Laptop misalnya, yang tentunya masih memiliki Space ruang penyimpanan cukup banyak

    Bisa juga memindahkannya di Hard Disk External jika kita memiliki, atau Flashdisk juga bisa. Sehingga ketika kita membutuhkannya tinggal mengambil dari media penyimpanan tersebut.


  • Secara Online

    Jika ingin lebih mudah dan praktis bisa menggunakan penyimpanan Online atau yang sering disebut Claud Storage.

    Menyimpanan data di Cloud Storage juga akan meminimalkan resiko kehilangan data, karena tersimpan di server pihak penyedia layanan. Kecuali jika kita lupa Passwordnya.

    Contoh Cloud Storage

    - Google Drive
    - Dropbox
    - OneDrive
    - Dan lain-lain


4. Install Aplikasi pada Memori Eksternal

Kalau Hp kita mendukung Memori External, ada beberapa Aplikasi yang dapat di Install pada media penyimpanan Eksternal. Tentu ini akan membantu sekali bagi kita. Selain itu menambah Memori External juga dapat menambah memori Ponsel secara langsung. 

Untuk melihatnya apakah Aplikasi tersebut bisa dipindahkan, bisa mengeceknya dengan cara berikut:

  • Buka pengaturan > Aplikasi
  • Cari dan buka Aplikasi yang akan di pindah
  • Jika bisa, akan ada pilihan pindah ke Kartu SD


5. Streaming

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Kenapa Streaming, apa hubungannya melonggarkan ruang penyimpanan Android dengan Streaming? Jawabannya ada hubungannya.

Jika selama ini kita sering mendengarkan Musik, menonton Film secara Offline. Tentu musik atau Film tersebut harus disimpan dalam Memori. 

Nah jika ingin melonggarkan Memori yang penuh bisa beralih mendengarkan Musik atau menonton Film secara Online atau Streaming lewat Aplikasi atau Browser. 

Kekurangan: Membutuhkan kuota, semakin sering Streaming semakin besar pula Kuota Internet yang dihabiskan.


6. Hapus File msgstore Database WhatsApp

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

msgstore Database WhatsApp adalah file backup WhatsApp. Setiap beberapa hari atau bulan WhatsApp akan melakukan Backup otomatis ke dalam memori penyimpanan kita.

file tersebut berguna jika kita tidak sengaja menguninstall WhatsApp. Sehingga bisa dikembalikan semua pesan sebelumnya setelah di Install kembali.

Jika File tersebut di hapus apakah Chat Akan Hilang? Jawabannya tidak, justru jika menghapus File ini akan menguntungkan kita, bisa melonggarkan Memori, karena file ini biasanya ukurannya lumayan besar.

Cara Hapus File msgstore Database WhatsApp:

  • Buka File Manager
  • Cari dan buka Folder WhatsApp
  • Pilih Folder Database
  • Hapus Data yang ada di dalamnya 
  • Selesai 

Sedikit tambahan:

Jika kalian ingin membackup Chat WhatsApp, Backup saja di Google Drive lewat fitur Cadangkan. Hal ini akan sangat berguna ketika ingin memindahkan WhatsApp ke Ponsel baru tanpa kehilangan Chat. 

Caranya:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih titik tiga pada pojok kanan atas layar
  • Pilih Setelan > Chat > Cadangkan Chat
  • Pilih Cadangkan 
  • Secara otomatis Chat WhatsApp akan dicadangkan pada Google Drive, dengan akun Gmail yang digunakan untuk login pada Android.
  • Kemudian ketika WhatsApp di pindah ke Hp Baru, maka tinggal Pulihkan semua Chat saat pertama kali Login, maka semua Chat akan kembali seperti saat terahih melakukan Backup. Namun tentunya akun Gmail yang digunakan juga harus sama seperti pada Ponsel lama..


7. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Jika di Ponsel kita banyak Aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya dihapus saja. karena hanya akan memakan Media penyimpanan. 

Selain itu Aplikasi yang jarang dipakai tersebut mungkin saja berjalan di Background atau di Latar belakang, yang tentunya, selain membuat memori penuh juga membuat Ram penuh.


8. Membersihkan dengan Aplikasi

Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh Di Hp Android

Ada Aplikasi yang digunakan untuk membersihkan Android dari Cache dan sampah secara otomatis. Sampah tersebut bisa saja File-File bekas Uninstall Aplikasi lainnya.

Pada suatu ketika pernahkah kalian menemui Folder yang namanya sama dengan Aplikasi yang sudah di Uninstall. Nah di dalam Folder tersebut biasanya terdapat file-file bekas Uninstall Aplikasi

Contoh Aplikasi pembersih Android:

  • CCleaner
  • Norton Clean
  • Droid Optimizer

Kita bisa menggunakan salah satu Aplikasi diatas agar performa Ponsel Android selalu prima dan tentunya bisa membersihkan sampah yang dapat membuat media penyimpanan penuh.

Baca Juga: Cara Memindahkan Video Dari Hp Ke Laptop Dengan Kabel Data

Penutup 

Itulah cara-cara untuk melonggarkan media penyimpanan pada Hp Android yang bisa kita lakukan. Karena memori yang penuh dapat menyebabkan kita tidak bisa menyimpan data lagi termasuk Install Aplikasi lagi.

Karena Memori Ponsel tidak dapat di Upgrade, kita perlu melakukan sedikit Tips seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Mengingat Media penyimpanan memiliki batas, sebaiknya simpan data-data atau File yang penting-penting saja, agar tidak memberatkan kerja Ponsel.

Sekian dan jangan lupa selalu ikuti blog ini untuk mendapatkan Informasi-informasi menarik lainnya. Semoga membantu

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "8 Tips Melonggarkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh di Hp Android"