Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Nomor Teks di Word

Cara Membuat Nomor Teks Di Word

Cara Membuat Tabel Dan Nomer Tabel Di Word. Dalam membuat Document pasti perlu penomoran dan tabel, agar pembaca tidak kebingungan karena Teks akan terlihat acak-acakan atau tidak rapi.

Oleh karena itu perlu membuat nomer dan tabel pada sebuah Document. Ini terutama untuk Document yang isinya terdapat sub-sub menu pembahasan. Misal berisi daftar barang berdasarkan Kategori atau jenis, dan lain-lainnya.

Dengan adanya Penomoran akan membuat pembaca lebih muda memahami point-point penting yang ingin disampaikan, karena sudah tersub dengan rapi dan jelas. 

Nah disini kami ingin meberikan cara membuat nomer di Microsoft Word yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Cara Crop Di Word Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Nomor Di Microsoft Word

Dalam Dokumen, Penomoran sangat diperlukan untuk memberi agar pembaca dapat memahami dengan mudah dan cepat. Seperti dapat dengan mudah memahami point-point penting yang ingin di sampaikan.

Berikut cara Membuatnya:

  1. Pertama pilih menu Home

    Cara Membuat Nomor Teks Di Word

  2. Pergi ke tap paragraph

    Cara Membuat Nomor Teks Di Word

  3. Klik Numbering atau tanda panah bagian nomer

    Cara Membuat Nomor Teks Di Word

    Klik tanda panah kecil pada Numbering untuk memilih jenis penomoran. Jika langsung mengklik Numberng, maka jenis penomoran akan langsung dibuat angka.

  4. Pilih jenis penomoran yang diinginkan

    Cara Membuat Nomor Teks Di Word

  5. Berikut contoh penomorannya, yang berhasil dibuat

    Cara Membuat Nomor Teks Di Word



Cara Membuat Nomer dengan keyboard 

Selain cara diatas Bisa juga dengan cara cepat, yaitu hanya bisa menggunakan sebuah Keyboard. Caranya: Tulis nomer satu lalu di ikuti tanda Titik, kemudian Space (Misal 1. lalu tekan Spasi. Secara otomatis akan membuat Penomeran Teks)

Atau bisa juga huruf a kemudian di ikuti dengan tanta titik dan Spasi. Begitu juga dengan bentuk penomoran lainnya, namun harus diawali pada nomor pertama. 


Cara Merubah Posisi Nomor

Untuk  menggeser atau merubah letak Penomoran, bisa dengan cara letakkan kursor pada nomer yang akan diatur, kemudian geser left inden diruler ke kanan atau ke kiri.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini:


Cara Membuat Nomor Teks Di Word



Cara Menghentikan Penomoran

Tak jarang jika dalam pembuatan Dokumen kita membuat teks penjelasan dibahwa teks yang di beri Nomor, untuk membuatnya bsa dilakukan dengan cara berikut. 

A. Dengan Tombol Shift + Enter

Menekan tombol Shift dan tahan lalu tekan Enter, akan menghentikan Penomoran (kalimat dibawahnya tidak diberi Nomor). Namun Format kalimatnya masih mengikuti format penemoran diatasnya.

Cara ini digunakan ketika ingin Kalimat dibawanya masih mengitu atau masih menjadi bagian dari Nomer yang diatasnya, namun berbeda baris.

B. Dengan menekan Enter Dua Kali

Kemudian menekan Enter dua kali akan menghentikan penomeran penuh, artinya kalimat selanjutnya dan seterusnya tidak diberi nomor lagi. 

Berbeda jika dengan Tombol Shift + Enter, ketika tombol Shift di lepas lalu menekan Enter maka penomoran akan dilanjutkan.


Menghilangkan Penomoran 

Sementara jika ingin menghilangkan penomoran, atau dengan kata lain nomor benar-benar dihilangkan atau dibuang, bisa dilakukan dengan berebrapa cara yaitu: 

Cara 1 : Dengan Tombol Backspace 

Cara yang pertama untuk menghilangkan penomoran dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Delete, alias menghapusnya secara langsung, berikut langkah-langkahnya:
  1. Letakkan Kursor pada nomor yang akan di hapus 


  2. Selanjutnya tekan Backspace pada Keyboard 

  3. Maka secara otomatis penomoran akan hilang. Sementara untuk melakukan pengahupusan pada nomor lainnya, lakukan dengan cara yang sama.

  4. Selesai 

Cara 2 : Lewat Numbering 

Cara yang kedua dalam penghapusan penomoran dapat dilakukan melalui Numbering. langkah ini hampir mirip saat akan membuat penomoran, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini: 
  1. Letakkan Kursor pada Nomor Yang Akan di Hapus



  2. Pergi ke Home, lalu pergi ke Tab Paragraph, Kemudian klik Numbering 


  3. Setelah menekan Tab Numbering, maka secara otomatis penomoran akan hilang


Baca Juga: Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

Itulah cara Membuat Nomor Di Microsoft Word yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebenarnya Microsoft Word bukanlah software yang sulit dipelajari. Asal kita mau mencoba dan mencoba lagi pasti dalam waktu sebentar sudah mahir menggunakan aplikasi pengolah kata ini. Semoga membantu dan terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Membuat Nomor Teks di Word"