Widget HTML #1

Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokumen Microsoft Word

Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

Membuat margins berbeda dalam satu dokumen Microsoft Word. Margins adalah jarak antara ujung kertas dan teks. Yang kegunaannya untuk merapikan tampilan dan menghindari teks tertimpa halaman lain bila Document akan di cetak atau di jilid.

Bisa dibayangkan bila suatu Document tidak diberi Margins. Sangat berantakan sekali Document tersebut. 

Sementara di suatu ketika, mungkin kita ingin membuat sebuah Document yang terdapat dua atau lebih margins berbeda. Misal halaman pertama Marginnya 1 cm, halaman ke dua 0,5 cm, dan seterusnya.

Pada Ms Word sudah terdapat fitur untuk menggunakan margin yang berbeda dalam satu lembar kerja, kita hanya tinggal mengaturnya secara manual. 

meskipun terlihat remit dan susah, namun itu bukan mustahil untuk dilakukan. Sebenarnya jika dipelajari, cara membuatnya pun juga sangat mudah dan cepat.

Nah diartikel ini kita akan menjelaskan bagaimana cara membuat Margins yang berbeda dalam satu Document. Dapat di pelari dengan mudah bagi yang sedang belajar mengenai aplikasi pengolah kata ini yaitu Microsoft Word. 

Baca Juga: Cara Mengecek Salah Ejaan Atau Penulisan Kata Dalam Pengetikan (Typo)

Berikut Cara Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokumen Microsoft Word: 

Dalam contoh di sini saya membuat halaman satu dan dua memiliki ukuran margin yang berbeda dalam satu dokumen word.  Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Siapkan lembar Document
    Siapkan lembar kerja atau bisa juga buka file word yang akan diatur marginnya. 

    Selanjutnya silakan atur margin terlebih dahulu pada halaman 1, jika belum bisa mengatur margin, bisa baca artikel berikut: Cara Mengatur Margin Di Word Agar Sesuai Saat Di Print


  2. Kemudian Letakkan Kursor di bagian paling bawah halaman 1

    Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

    Untuk posisi kursor tidak harus berada di bagian paling bawah seperti pada contoh gambar di atas. Intinya letakkan kursor pada bagian paling akhir halaman.

  3. Pergi ke Menu Layout, kemudian pilih Breaks

    Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

  4. lalu pilih Next Page

    Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

  5. Akan muncul halaman baru, letakkan kursor pada halaman baru tersebut, lalu Atur Margins sesuai yang diinginkan, maka nanti margin yang dibuat bisa berbeda dengan margin halaman sebelumnya

  6. Berikut contoh berhasil di terapkan dan ditulis Teks

    Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokument Microsoft Word

    NB: Pada halaman selanjutnya secara otomatis Margins akan mengikuti diatas-Nya. Jika ingin merubah, lakukan hal yang sama seperti pada cara di atas.

Itulah cara membuat margins berbeda dalam satu Document Microsoft Word. Dan jangan lupa selalu kunjungi blog kami, karena kalian bisa belajar mengenai tutorial lain yang tak kalah bermanfaat dari yang ada dalam artikel ini. 

Di blog ini kami juga aka berusaha meningkatkan setiap bobot pembahasan artikel, supaya para pembaca semakin meningkat ilmunya. Terima kasih, semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Membuat Margins Berbeda Dalam Satu Dokumen Microsoft Word"