Cara Mengatur Margins di Word Agar Sesuai Saat di Print

Cara Mengatur Margins di Word Agar Sesuai Saat di Print

Sara mengatur margin di Word agar sesuai saat si print. Membuat makalah atau sejenisnya, bisa  dilakukan dengan aplikasi-aplikasi pengolah kata seperti: Microsoft Word, WordStar, WordPerfect, StarWriter, dan lain-lain.

Namun untuk saat ini, Microsoft Word atau orang sering menyebut Ms Word, paling banyak digunakan. Mungkin karena Ms Word sudah sangat Populer dan Masyarakat pun juga sudah terbiasa, sehingga enggan untuk menggunakan Aplikasi lain. Jika menggunakan yang lain harus mempelajari dari awal. 

Dalam pembuatan makalah atau yang lainnya pasti ada ketentuan atau aturan margin yang diterapkan, dan kita pun dituntut untuk mengikuti ketentuan tersebut.

Misal dalam pembuatan makalah untuk tugas sekolah, marginnya harus berukuran kanan: 2cm, kiri: 1cm, atas 2cm, dan bawah: 1 cm.

Aturan-aturan ukuran margin tersebut biasanya sudah tertulis di dalam syarat-syarat dalam pembuatan dokumen. Misal pada sebuah universitas, ketika mahasiswa ingin menyusun skripsi, terdapat aturan-aturan yang harus diikuti dalam penyusunannya. Salah satunya aturan mengenai ukuran margin.

Lalu apa itu margins?

Margin adalah jarak antara ujung kertas dengan Teks atau jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman kertas. Jarak di sini mencakup jarak pada bagian atas, bawah, kanan ataupun kiri.

Fungsi Margins

Fungsi Margin  untuk memberi jarak teks agar saat di jilid atau dicetak, teks tidak tertimpa atau tertutup kertas lainnya.

Tanpa margin teks akan terlihat tidak bagus atau profesional. Teks akan penuh dengan tulisan. Bila dokumen yang kita buat tersebut akan dicetak lalu diterbitkan, tentu itu sangat tidak baik.

Mengatur margin sebaiknya dilakukan di awal, sebab jika margin diatur di akhir akan terjadi perubahan pada susunan teks. Jika itu terjadi kita harus mengedit ulang.

Mengatur margin sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh orang yang sudah paham menggunakan aplikasi Microsoft word. Namun bagi orang yang baru belajar mungkin akan sedikit kesulitan.

Oleh karena itu di artikel ini kami ingin menjelaskan bagaimana cara mengatur margin di Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

Cara Mengatur Margins Pada Microsoft Word

  1. Pertama pilih atau klik menu Layout

    Cara Mengatur Margin Di Word Agar Sesuai Saat Di Print


  2. Klik Margins

    Cara Mengatur Margin Di Word Agar Sesuai Saat Di Print

  3. Klik Custom Margins

    Cara Mengatur Margin Di Word Agar Sesuai Saat Di Print

  4. Pada kolom Margins sesuaikan ukuran dengan kebutuhan

    Cara Mengatur Margin Di Word

    Pada langkah ini silakan masukkan Margin sesuai kebutuhan. Dalam pembuatan dokumen biasanya memiliki persyaratan sendiri-sendiri mengenai ukuran Margin yang harus dibuat.


  5. klik OK, dan berikut contoh hasilnya

    Cara Mengatur Margin Di Word

Itulah cara mengatur margin di Word agar sesuai saat si print. Sebenarnya merubah Margin sangat mudah, saya yakin sekali mempelajari langsung bisa paham.  

Mengatur Margin sangat berguna ketika sebuah Dokumen akan di Cetak. tanpa Margin akan ada Teks yang terpotong atau tertutupi halaman lain saat di susun.

Selain itu jika tidak mengatur Margin dari awal bisa berakibat fatal, karena bisa merubah susunan Teks. Tentu jika ini terjadi kita harus mengedit dari awal lagi. apakah hal itu ingin terjadi pada, tentu tidak bukan. Jadi pelajari dan Praktikkan di awal membuat Dokumen. Sekian terima kasih dan semoga membantu. 

Jika masih kurang jelas, bisa lihat Video berikut:

Referensi: 
https://support.microsoft.com/id-id/office/mengatur-margin-halaman-untuk-dicetak-menggunakan-publisher-bfb8d35a-7ac1-4344-ad34-a574ed515090

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Margins di Word Agar Sesuai Saat di Print"