Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

Apa kalian masih bingung bagaimana caranya mengubah Huruf kecil menjadi besar pada Microsoft Word? Jika iya itu merupakan hal wajar, ketika masih dalam tahap belajar. 

Sebenarnya caranya sangat mudah dan Simple. Kemudian ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti menggunakan Tombol Caps Lock, Tombol Shift, maupun dengan cara lain yang telah disediakan langsung pada Ms Word.

Lalu kenapa kita harus menggunakan Huruf besar dalam pembuatan Dokumen atau Pengolahan kata? Ya tentu saja karena dalam sebuah penulisan ada peraturan-peraturan yang harus di taati, salah satunya penggunaan Huruf besar. Misal pada Judul harus ditulis dengan huruf besar pada setiap awal kata, dan lain sebagainya.

Nah jika kalian masih bingung, disini kami akan memberikan bagaimana cara mengubah Huruf kecil menjadi besar, dengan beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: 3 Cara Memasukkan Gambar Ke Word

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

A. Dengan Menu Change Case 

Melalui Menu Change Case merupakan cara yang biasa dilakukan. Fitur ini merupakan Fitur bawaan dari Microsoft Word. Berikut cara merubahnya:

  1. Pertama Blok tulisan yang ingin di rubah

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

  2. Kemudian Klik Menu Change Case 

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

  3. Lalu Pilih di antara Opsi-Opsi yang ada

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

    Sentence Case: Untuk membuat huruf besar pada awal kalimat
    lowercase: Untuk membuat huruf kecil semua
    UPPERCASE: untuk membuat huruf besar semua
    Capitalize Each Word: Untuk membuat huruf besar pada awal kata saja
    tOGGLE cASE: Untuk membuat huruf besar semua, namun di awal kata huruf kecil

  4. Dalam contoh kasus disini admin memilih UPPERCASE

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word


B. Dengan Tombol Keyboard (Shift + F3)

Merubah huruf pada Microsoft Word juga bisa dilakukan dengan tombol pada Keyboard, yaitu menggunakan kombinasi tombol Shift + F3. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  1. Blok Tulisan yang akan dirubah
  2. Tekan Shift + F3 secara bersamaan (tekan satu kali untuk merubah huruf kecil pada awal kata dan tekan dua kali untuk membuat huruf besar semua)

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word


C. Dengan Tombol Shift + Huruf

Lewat tombol Shift bisa dilakukan hanya saat pengetikan, tekan Tombol Shift pada Keyboard lalu tekan tombol huruf yang di inginkan secara bersamaan, maka yang akan muncul adalah huruf besar (kapital)

Cara ini cocok digunakan ketika hanya ingin menggunakan Huruf besar pada kata tertentu saja di tengah kalimat. Dengan begitu akan lebih cepat dan efisien tentunya.


D. Dengan Mengaktifkan Tombol Caps Lock

Tombol Caps Lock memang memiliki fungsi untuk membuat huruf besar atau Kapital. Tombol ini terletak pada sebelah kiri paling akhir, tepatnya dibawah tombol TAB.

Untuk menggunakannya tinggal tekan sekali, maka secara otomatis semua huruf yang kita ketik akan berupa huruf besar. Ini tidak hanya berlaku pada Microsoft Word saja, namun semuanya.

Sementara Untuk mematikannya tinggal tekan kembali tombol Caps Lock, maka akan kembali normal. Pada beberapa keyboard Laptop maupun PC, ada lampu Khusus untuk Tombol ini sebagai penanda tombol Caps Lock dalam keadaan hidup atau mati. 

Baca Juga: Macam-Macam Fungsi Lain Tombol Keyboard Pada Microsoft Word

Mudah sekali bukan. Itulah tips sederhana bagaimana cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Word. Jika ingin belajar lebih banyak mengenai tutorial Microsoft Word, bisa baca artikel-artikel kami yang lainnya, kami telah menyediakan dan merangkumnya dengan penjelasan yang mudah dipahami. Cocok untuk yang masih pemula atau baru belajar. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Post a Comment for "Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word"

Berlangganan via Email