Widget HTML #1

4 Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Word

4 Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

Apa kalian masih bingung bagaimana caranya mengubah huruf kecil/besar menjadi besar pada Microsoft Word? Jika iya itu merupakan hal wajar, ketika masih dalam tahap belajar. 

Sebenarnya caranya sangat mudah dan Simple. Kemudian ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti menggunakan Tombol Caps Lock, Tombol Shift, maupun dengan cara lain yang telah disediakan langsung pada Ms Word.

Lalu kenapa kita harus menggunakan Huruf besar dalam pembuatan Dokumen atau Pengolahan kata? Ya tentu saja karena dalam sebuah penulisan ada peraturan-peraturan yang harus di taati, salah satunya penggunaan Huruf besar. Misal pada Judul harus ditulis dengan huruf besar pada setiap awal kata, dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan huruf besar dan huruf kecil dalam situasi nyata sangat bervariasi tergantung pada jenis dokumen atau konteks penulisan.

Misalnya penulisan Surat Resmi. Pada surat resmi, judul atau nama perusahaan biasanya ditulis dengan huruf besar. Contoh: "PT. MAJU JAYA SEJAHTERA."

Nah jika kalian masih bingung, di sini kami akan memberikan bagaimana cara mengubah Huruf kecil menjadi besar, dengan beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: 3 Cara Memasukkan Gambar Ke Word

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Word

A. Dengan Menu Change Case 

Melalui Menu Change Case merupakan cara yang biasa dilakukan. Fitur ini merupakan Fitur bawaan dari Microsoft Word yang paling mudah digunakan. Berikut cara merubahnya:

  1. Pertama Blok tulisan yang ingin di rubah

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

  2. Kemudian Klik Menu Change Case 

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

  3. Lalu Pilih di antara Opsi-Opsi yang ada

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

    Sentence Case: Untuk membuat huruf besar pada awal kalimat
    lowercase: Untuk membuat huruf kecil semua
    UPPERCASE: untuk membuat huruf besar semua
    Capitalize Each Word: Untuk membuat huruf besar pada awal kata saja
    tOGGLE cASE: Untuk membuat huruf besar semua, namun di awal kata huruf kecil

  4. Dalam contoh kasus disini admin memilih UPPERCASE

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

    Karena akan membuat huruf besar semua, maka silakan memilih opsi UPPERCAE.

B. Dengan Tombol Keyboard (Shift + F3)

Merubah huruf pada Microsoft Word juga bisa dilakukan dengan tombol pada Keyboard, yaitu menggunakan kombinasi tombol Shift + F3. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  1. Blok Tulisan yang akan dirubah
  2. Tekan Shift + F3 secara bersamaan (tekan satu kali untuk merubah huruf kecil pada awal kata dan tekan dua kali untuk membuat huruf besar semua)

    Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word


C. Dengan Tombol Shift + Huruf

Lewat tombol Shift bisa dilakukan hanya saat pengetikan, tekan Tombol Shift pada Keyboard lalu tekan tombol huruf yang di inginkan secara bersamaan, maka yang akan muncul adalah huruf besar (kapital)

Cara ini cocok digunakan ketika hanya ingin menggunakan Huruf besar pada kata tertentu saja di tengah kalimat. Dengan begitu akan lebih cepat dan efisien tentunya.

Cara ini dapat dilakukan jika Caps Lock dalam keadaan mati (Nonaktif). Sementara jika Caps Lock aktif maka yang terjadi sebaliknya, huruf akan menjadi huruf kecil.


D. Dengan Mengaktifkan Tombol Caps Lock

Tombol Caps Lock memang memiliki fungsi untuk membuat huruf besar atau Kapital secara otomatis ketika huruf di input. Tombol ini terletak pada sebelah kiri paling akhir, tepatnya di bawah tombol TAB.

Untuk menggunakannya tinggal tekan sekali, maka secara otomatis semua huruf yang kita ketik akan berupa huruf besar. Ini tidak hanya berlaku pada Microsoft Word saja, namun semuanya.

Sementara Untuk mematikannya tinggal tekan kembali tombol Caps Lock, maka akan kembali normal. 

Pada beberapa keyboard Laptop maupun PC, ada lampu Khusus untuk Tombol ini sebagai penanda tombol Caps Lock dalam keadaan hidup atau mati. 

E. Dengan Tombol Ctrl + Shift + A

Masih ada lagi cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan tombol kombinasi pada Keyboard Ctrl + Shift + A. 

Langkah-langkahnya:

  1. Blok Tulisan yang akan di rubah
  2. Tekan Ctrl + Shift + A secara bersamaan

Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word

Untuk tutorial yang selanjutnya yaitu  mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di word. Caranya juga kurang lebih tidak jauh berbeda dengan cara membuat huruf besar.

A. Lewat Menu Change Case

Jika membuat huruf besar kita memilih UPPERCASE, sementara untuk membuat huruf kecil silakan memilih lowecase. 

Maka nanti secara otomatis huruf besar pada Word akan berubah menjadi kecil semua. untuk lebih jelasnya berikut caranya: 

  1. Blok Teks 
  2. Klik Menu Change Case
  3. Pilih Opsi lowercase
  4. selesai.

B. Lewat Tobol Keyboard (Shift + F3)

Lewat tombol keyboard juga bisa, kita hanya perlu memblok teks yang akan di rubah ke huruf kecil, kemudian tekan Shift + F3 pada keyboard secara bersamaan (sekali saja), secara otomatis nanti akan berubah.

Caranya: 
  1. Blok Teks 
  2. Tekan Shift + F3 Secara Bersamaan (Satu Kali)
  3. selesai   

C. Menonaktifkan Caps Lock 

Jika Caps Lock dalam keadaan hidup, maka secara otomatis semua huruf yang kita ketik akan berupa huruf besar semua.  Oleh sebab itu, jika ingin mengetik huruf kecil bisa dengan menonaktifkan Caps Lock.

Tombol Caps Lock sendiri terletak di bagian sebalah pinggir kiri Keyboard (di bawah tombol TAB). Biasanya tombol ini memiliki indikator lampu yang menyala jika dalam keadaan aktif. 

D. Dengan Ctrl + Shift + A

Caranya: 
  1. Blok Teks 
  2. Tekan CTRL + Shift + A Secara Bersamaan (Satu Kali)
  3. selesai   

Baca Juga: Macam-Macam Fungsi Lain Tombol Keyboard Pada Microsoft Word

Mudah sekali bukan. Itulah tips sederhana bagaimana cara merubah huruf kecil/besar menjadi huruf besar di Microsoft Word. 

Penggunaan akan huruf besar memang sangat penting dalam setiap pembuatan dokumen. Dari cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, silakan gunakan mana yang menurut kalian paling mudah digunakan.

O iya jika ingin belajar lebih banyak mengenai tutorial Microsoft Word, bisa baca artikel-artikel kami yang lainnya, kami telah menyediakan dan merangkumnya dengan penjelasan yang mudah dipahami. Cocok untuk yang masih pemula atau baru belajar. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Word"