Cara Mengubah Tampilan View File dan Folder di File Explorer

Cara Mengubah Tampilan View File dan Folder di File Explorer

File Explorer merupakan alat penting yang kita gunakan setiap hari untuk mengelola file dan folder di komputer. Sebagai jantung dari sistem operasi Windows, File Explorer memudahkan kita untuk mengakses, mengatur, dan memindahkan file serta folder. 

Namun, tampilan default File Explorer tidak selalu sesuai dengan preferensi atau kebutuhan spesifik kita. Terkadang, kita memerlukan tampilan yang lebih detail untuk manajemen file yang lebih baik, atau tampilan yang lebih visual untuk bekerja dengan gambar dan video.

Mengapa penting untuk menyesuaikan tampilan File Explorer? Dengan mengatur tampilan yang sesuai, kita dapat meningkatkan efisiensi kerja, menghemat waktu, dan membuat pengalaman berinteraksi dengan komputer menjadi lebih menyenangkan. Penyesuaian ini juga membantu kita menemukan file yang kita butuhkan dengan lebih cepat dan mengurangi kebingungan saat menavigasi melalui banyak folder.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengubah tampilan view file dan folder di File Explorer agar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kita. Kita akan mengeksplorasi berbagai mode tampilan yang tersedia, langkah-langkah untuk mengubah tampilan tersebut, dan beberapa tips serta trik untuk mengoptimalkan penggunaan File Explorer. Mari kita mulai dengan memahami berbagai opsi tampilan yang ditawarkan oleh File Explorer.

Opsi Tampilan View di File Explorer

File Explorer menawarkan beberapa opsi tampilan yang dapat kita sesuaikan. Kita bisa memilih dari berbagai mode tampilan, seperti ikon besar, ikon kecil, daftar, detail, dan banyak lagi. Setiap mode tampilan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung pada jenis pekerjaan yang kita lakukan.

1. Ikon Sangat Besar (Extra Large Icons)

Mode ini menampilkan ikon dalam ukuran terbesar. Mode ini sangat berguna untuk file gambar atau video karena kita bisa melihat pratinjau thumbnail dengan jelas tanpa harus membuka file.

2. Ikon Besar (Large Icons)

Mirip dengan mode ikon sangat besar, namun dengan ukuran ikon yang sedikit lebih kecil. Masih ideal untuk melihat pratinjau gambar dan video, tetapi lebih hemat ruang layar.

3. Ikon Sedang (Medium Icons)

Mode ini menampilkan ikon dalam ukuran sedang. Ini adalah kompromi antara mode ikon besar dan kecil, memberikan pratinjau yang cukup besar tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang layar.

4. Ikon Kecil (Small Icons)

Kemudian Small Icons, mode ini menampilkan ikon dalam ukuran terkecil. Mode ini lebih cocok untuk folder dengan banyak file karena memungkinkan lebih banyak file terlihat sekaligus di layar.

5. Mode Daftar (List)

Mode daftar atau List menampilkan nama file dan folder dalam daftar vertikal. Setiap item ditampilkan dalam satu baris dengan ikon kecil di sebelah kiri. Mode ini sangat efisien untuk folder dengan banyak file, terutama jika kita tidak memerlukan informasi detail seperti ukuran atau tanggal modifikasi.

6. Mode Detail (Details)

Memberikan tampilan paling informatif. Setiap file dan folder ditampilkan dalam baris dengan kolom yang berisi informasi seperti nama, tanggal modifikasi, jenis file, dan ukuran. Kita bisa mengurutkan dan mengelompokkan file berdasarkan kolom ini, menjadikannya sangat berguna untuk manajemen file yang lebih terstruktur.

7. Mode Ubin (Tiles)

Mode ubin (Tiles) menampilkan file dan folder sebagai ikon besar dengan informasi tambahan seperti ukuran dan jenis file yang ditampilkan di sebelah kanan ikon. 

Mode ini menggabungkan elemen dari mode ikon besar dan mode detail, memberikan keseimbangan antara visual dan informasi.

8. Mode Konten (Content)

Mode Content menampilkan file dan folder dalam daftar vertikal dengan informasi tambahan di bawah nama file, seperti bagian awal dari konten file (untuk dokumen teks) atau metadata (untuk media). Mode ini sangat berguna untuk melihat sekilas isi file tanpa harus membukanya.

Langkah-langkah Mengubah Tampilan View di File Explorer

Untuk mengubah mode view file dan folder di File Explorer ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya dengan klik kanan, melalui tombol View, menggunakan Scroll Mouse dan tentunya menggunakan Shortcut.

1. Cara 1 (Dengan Klik Kanan)

Cara pertama ini merupakan cara yang paling umum digunakan, dari semua versi Windows cara ini dapat digunakan. 

Berikut caranya: 

  • Buka File Explorer.
    Pertama-tama, buka File Explorer dengan mengklik ikon folder di taskbar atau dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard.

  • Pergi Ke Lokasi (Folder) Yang Kita Inginkan.

  • Kemudian Klik Kanan pada area kosong, lalu pilih View > pilih Mode View yang dinginkan. 

    Merubah Mode View Explorer Lewat Klik Kanan

  • Selesai.
    Setelah memilih mode View yang diinginkan, nantinya tampilan File atau Folder akan berubah sesuai dengan mode yang dipilih. 

2. Cara 2 (Lewat Tombol View)

Pada File Explorer terbaru, khususnya pada Windows 11. Microsoft selaku pengembang Windows telah menyediakan tombol khusus yang dapat mempermudah pengguna dalam merubah mode View file dan folder. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka File Explorer.

  • Pergi Ke Lokasi (Folder) Yang Kita Inginkan.

  • Klik tombol View, lalu pilih Mode View yang diinginkan.

    Merubah Mode View Explorer Lewat Tombol View 

  • Selesai. 

3. Cara 3 (Menggunakan CTRL + Scroll)

Tak sampai disitu saja, kita juga dapat menggunakan cara lain dalam merubah mode View. Cara lain tersebut ialah menggunakan kombinasi tombol keyboard dan mouse. 

Berikut tutorialnya: 

  • Buka File Explorer.

  • Pergi Ke Lokasi (Folder) Yang Kita Inginkan.

  • Tekan dan tahan tombol CTRL, kemudian gulir Scroll. Maka nantinya mode View akan berubah. Silakan gulir Scroll hingga sesuaikan dengan mode mana yang diinginkan. 

  • Selesai. 

4. Menggunakan Shortcut 

Jika ingin cepat dan mudah bisa menggunakan pintasan Keyboard, namun dengan catatan harus menghafalkannya. 

Nah berikut adalah Shortcut dalam merubah mode View File Explorer: 

  • CTRL + SHIFT + 1 = Extra Large Icons
  • CTRL + SHIFT + 2 = Large Icons
  • CTRL + SHIFT + 3 = Medium Icons
  • CTRL + SHIFT + 4 = Small Icons
  • CTRL + SHIFT + 5 = List
  • CTRL + SHIFT + 6 = Details
  • CTRL + SHIFT + 7 = Tiles
  • CTRL + SHIFT + 8 = Content

Baca Juga: 13 Tombol Pintasan File Explorer Windows Yang Dapat Membantu Dalam Mengelola File

Mengubah tampilan view file dan folder di File Explorer dapat meningkatkan kemudahan dan kenyamanan kita dalam mengelola file. Dengan memahami berbagai mode tampilan, kita dapat mengoptimalkan cara kita bekerja dengan file dan folder. 

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai pengaturan hingga menemukan konfigurasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan penggunaan File Explorer dan menghemat waktu dalam pekerjaan sehari-hari.

Sumber:
Cara mengubah pengaturan kolom di Windows Explorer - Dukungan Microsoft

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Tampilan View File dan Folder di File Explorer"