Pengalaman Mengatasi Disk 100% di Windows Ter Ampuh

Pengalaman Mengatasi Disk 100% di Windows Ter Ampuh

Ketika kita menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah disk usage yang mencapai 100%. Masalah ini dapat membuat komputer kita menjadi sangat lambat dan bahkan tidak bisa digunakan dengan efektif. 

Nah pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai saya pribadi mengatasi masalah Disk 100% pada laptop Windows. 

Namun, sebelum kita masuk ke dalam cara mengatasi masalah ini, penting untuk memahami penyebab utama yang sering kali memicu disk usage mencapai 100%.

Penyebab Disk 100% pada Windows

Ada beberapa penyebab umum yang sering kali menyebabkan penggunaan disk mencapai 100% pada sistem operasi Windows. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Windows Update

Windows Update adalah salah satu alasan utama mengapa disk usage bisa melonjak hingga 100%. Proses pembaruan Windows secara otomatis dapat mengambil banyak sumber daya disk, terutama jika pembaruan tersebut cukup besar.

2. Antivirus atau Antimalware

Beberapa program antivirus atau antimalware dapat menggunakan sumber daya disk yang cukup besar saat melakukan pemindaian atau pembaruan database.

3. Aplikasi yang Bermasalah

Aplikasi tertentu mungkin memiliki bug atau tidak berjalan dengan benar sehingga menyebabkan penggunaan disk yang tinggi. Beberapa aplikasi yang sering terlibat adalah browser internet, program torrent, dan beberapa aplikasi office.

4. Terdapat Virus 

Adanya virus yang menyerang laptop/pc juga dapat menyebabkan masalah Disk 100%. karena virus biasanya merusak sistem atau bisa juga menjalankan program yang membuat Disk bekerja dengan keras. 

5. Disk (Hard disk) Sudah Mulai Usang

Salah satu tanda utama bahwa hard disk mulai usang adalah penurunan kinerja. Proses baca dan tulis data menjadi lebih lambat, yang dapat menyebabkan komputer berjalan dengan kecepatan yang jauh lebih rendah dari biasanya.

Aplikasi dan file mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka, dan sistem operasi mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk booting.

6. Hard Disk Penuh

Hard disk adalah salah satu komponen penting dalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Saat hard disk penuh, berbagai masalah dapat muncul yang berdampak negatif pada kinerja dan kesehatan komputer kita.

Salah satu dampak paling langsung dari hard disk yang penuh adalah penurunan kinerja sistem. Ketika ruang penyimpanan hampir habis, sistem operasi memiliki sedikit ruang untuk bekerja dan melakukan operasi dasar seperti membuat file sementara atau memori virtual. Hal ini dapat menyebabkan komputer menjadi sangat lambat dan tidak responsif.

7. Masih  Menggunakan HDD 

Hard Disk Drive (HDD) adalah teknologi penyimpanan data yang telah ada selama beberapa dekade. Meskipun teknologi penyimpanan yang lebih baru seperti Solid State Drive (SSD) semakin populer, banyak pengguna komputer masih menggunakan HDD karena berbagai alasan, termasuk biaya yang lebih rendah dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Namun salah satu kelemahan utama dari HDD adalah kecepatannya yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD. Waktu akses dan kecepatan transfer data pada HDD jauh lebih lambat karena menggunakan komponen mekanis untuk membaca dan menulis data. Ini dapat menyebabkan waktu booting yang lebih lama, aplikasi yang lebih lambat, dan waktu muat yang lebih lama saat membuka file besar.

Cara Mengatasi Disk 100% di Windows

Saya mengalami masalah Disk 100% ini terjadi pada tahun 2018 silam, dan waktu itu saya menggunakan Windows 10 serta masih menggunakan Hard Disk jenis HDD. 

Laptop yang saya gunakan terasa begitu lamban, setelah saya cek lewat Task Manager. CPU dan RAM dalam keadaan longgar. Namun untuk Disk mengalami kinerja hingga 100%.

Berikut beberapa cara yang saya lakukan dalam mengatasi Disk 100%: 

1. Melonggarkan Hard Disk

Pada saat itu memang Hard Disk yang saya gunakan dalam keadaan penuh, hampir semua partisi yang ada semuanya memiliki tanda berwarna merah. 

Saya mencoba melonggarkan Hard Disk dengan cara menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan memback up data ke Hard Disk eksternal. Dengan harapan Disk 100% dapat teratasi. 

2. Melakukan Scan Antivirus 

Kemudian saya juga melakukan Scan antivirus, dimana tujuannya untuk membersihkan atau menghilangkan virus (jika ada). 

Namun waktu itu pada laptop yang saya gunakan tidak ada virus yang terdeteksi. Dan aplikasi antivirus yang saya gunakan adalah Windows Security (antivirus bawaan Windows). 

3. Mematikan Services Yang Jarang di Gunakan

Service pada Windows merupakan program atau proses yang berjalan di latar belakang sistem operasi untuk melakukan tugas-tugas tertentu tanpa interaksi langsung dari pengguna. 

Service ini berfungsi untuk mendukung berbagai fitur dan fungsionalitas Windows, mulai dari keamanan hingga konektivitas jaringan dan manajemen sistem.

Dengan mematikan (disable) Service yang jarang digunakan akan membuat kinerja laptop/pc menjadi lebih ringan. 

Baca: Mematikan Services Yang Tidak Perlu di Windows 10/11 Agar Tidak Lemot

4. Mengganti HDD Dengan SSD

Setelah melakukan cara nomor 1 hingga 3, memang memiliki dampak (terutama untuk cara nomor 3). Disk 100% berkurang dan kinerja Disk berada di kisaran 60%. 

Namun hal ini tidak membuat saya kurang puas, sebab jika Windows selesai melakukan Update, Service akan kembali ke settingan semula, sehingga saya harus mematikan Service yang tidak perlu kembali.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengganti Hard Disk HDD ke SSD. HDD lama saya gunakan untuk data dan SSD baru untuk Sistem.

Dan hasilnya sangat memuaskan, hingga saat ini masalah Disk 100% tidak saya alami lagi. Ditambah lagi proses Booting dan membuka aplikasi jauh lebih cepat. 

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows Menggunakan CMD

Mengatasi masalah disk usage 100% pada Windows memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan memahami penyebabnya dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kita bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah ini.

Dari pengalaman saya pribadi dalam mengatasi Disk 100% adalah dengan melonggarkan ruang penyimpanan Hard Disk, melakukan Scan Antivirus, mematikan Service yang jarang digunakan. 

Namun cara yang paling ampuh adalah dengan mengganti Hard Disk HDD dengan SSD. Ini sangat terbukti seperti yang saya alami sendiri. 

Karena memang SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. 

Saya sangat menyarankan, jika mengalami Disk 100% dan ternyata masing menggunakan HDD. Maka segera Upgrade ke SSD untuk melihat hasilnya. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Mengatasi Disk 100% di Windows Ter Ampuh"