Cara Setting Layar Komputer Agar Full di Windows 10/11

Cara Setting Layar Komputer Agar Full di Windows 10/11

Kita semua pasti pernah mengalami momen di mana tampilan layar komputer tidak sesuai dengan monitor yang kita gunakan. Entah itu tepi layar yang terpotong, gambar yang tidak proporsional, atau teks yang terlihat kabur, masalah-masalah ini bisa sangat mengganggu, terutama saat kita sedang bekerja, bermain game, atau menonton video. Menyesuaikan tampilan layar agar sesuai dengan monitor bukanlah tugas yang sulit, tetapi sering kali, kita tidak tahu harus mulai dari mana.

Ketika tampilan layar tidak sesuai dengan monitor, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, driver grafis yang usang atau tidak kompatibel, pengaturan resolusi yang salah, atau bahkan masalah dengan perangkat keras monitor itu sendiri. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk mengatasi masalah ini di Windows 10 dan Windows 11. Kita akan menjelajahi berbagai cara untuk memastikan bahwa tampilan layar komputer kita bisa tampil penuh dan sesuai dengan monitor yang kita gunakan.

Mengapa ini penting? Dengan tampilan layar yang optimal, kita bisa meningkatkan produktivitas dan kenyamanan saat menggunakan komputer. Baik kita menggunakan komputer untuk pekerjaan sehari-hari, hiburan, atau aktivitas lainnya, tampilan layar yang sesuai sangatlah penting. Bayangkan jika kita harus melihat layar yang setengah terpotong saat sedang mengerjakan laporan penting atau saat menikmati film favorit—tentu sangat mengganggu, bukan?

Selain itu, dengan semakin berkembangnya teknologi dan resolusi layar yang semakin tinggi, kita perlu memastikan bahwa komputer kita dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Dengan mengikuti panduan ini, kita tidak hanya dapat mengatasi masalah tampilan layar saat ini, tetapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.

Jadi, mari kita mulai dengan langkah-langkah sederhana namun efektif yang dapat membantu kita mengatur layar komputer agar tampil penuh di Windows 10 dan Windows 11. Dengan panduan ini, kita akan dapat menikmati tampilan layar yang lebih baik dan pengalaman penggunaan komputer yang lebih memuaskan.

Cara Setting Layar Komputer Agar Full di Windows 10/11

1. Atur Resolusi Layar

Mengatur resolusi layar adalah langkah penting untuk memastikan tampilan layar penuh dan sesuai dengan monitor yang kita gunakan. 

Berikut adalah cara mengatur resolusi layar di Windows 10 dan Windows 11:

  • Klik kanan pada desktop dan pilih Display settings.

    Atur Resolusi Layar

  • Di bawah Display resolution, pilih Resolusi yang direkomendasikan oleh sistem (biasanya ditandai dengan kata Recommended).

    Atur Resolusi Layar

  • Selesai.
    Jika tampilan layar masih belum penuh, kita dapat mencoba resolusi lain yang sesuai dengan ukuran monitor.

2. Sesuaikan Skala dan Tata Letak

Kadang-kadang, masalah tampilan layar bisa disebabkan oleh pengaturan skala yang tidak tepat. Kita bisa menyesuaikan skala dan tata letak layar dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Display settings dengan cara klik kanan pada desktop dan pilih Display settings.

    Sesuaikan Skala dan Tata Letak

  • Di bawah Scale and layout, pilih Scale yang direkomendasikan oleh sistem (biasanya 100%).

    Sesuaikan Skala dan Tata Letak

  • Jika masih ada masalah, kita bisa mencoba mengatur skala secara manual dengan memilih Custom scaling dan memasukkan nilai yang sesuai (misalnya 125% atau 150%).

Catatan:
Jangan mengatur Skala melebihi 150%, karena akan membuat tampilan menjadi sangat besar. Dan apabila ini terjadi maka nantinya akan kesulitan mengembalikan ke pengaturan normal. 

3. Periksa Pengaturan Monitor

Beberapa monitor memiliki pengaturan sendiri yang bisa mempengaruhi tampilan layar. Kita bisa mengakses menu pengaturan monitor dengan menggunakan tombol-tombol yang ada di monitor. 

Berikut adalah beberapa pengaturan yang perlu diperiksa:

  • Auto-adjust
    Banyak monitor memiliki fitur auto-adjust yang secara otomatis menyesuaikan tampilan layar agar sesuai dengan monitor.

  • Aspect Ratio
    Pastikan pengaturan aspect ratio pada monitor sesuai dengan resolusi layar komputer (biasanya 16:9 atau 4:3).

  • Position
    Jika tampilan layar tidak sepenuhnya penuh, kita bisa menyesuaikan posisi horizontal dan vertikal melalui menu pengaturan monitor.

Baca juga: Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 (Online/Offline)

Mengatur layar komputer agar tampil penuh di Windows 10 dan Windows 11 memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Mulai dari memeriksa kabel dan koneksi, memperbarui driver grafis, mengatur resolusi layar, menyesuaikan skala dan tata letak, menggunakan alat kalibrasi layar, memeriksa pengaturan monitor, hingga menggunakan monitor eksternal, semuanya adalah langkah-langkah yang dapat kita coba.

Dengan tampilan layar yang penuh dan optimal, kita dapat bekerja, bermain, dan menikmati konten multimedia dengan lebih nyaman.

Sumber:
Mengubah resolusi layar anda di Windows - Dukungan Microsoft

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Layar Komputer Agar Full di Windows 10/11"