Cara Menampilkan Recycle Bin di File Explorer Windows 11

Cara Menampilkan Recycle Bin di File Explorer Windows 11

Melalui File Explorer kita dapat melakukan pengelolaan file yang tersimpan, nah pada saat mengelola itulah kita tak jarang melakukan penghapusan file. 

Pada Windows sendiri ada fitur yang bernama Recycle Bin, dimana lewat fitur ini pengguna dapat mengelola daftar file yang sudah dihapus. 

Singkatnya, setiap pengguna melakukan penghapusan file maka file tersebut sebenarnya tidak langsung dihapus secara permanen. Melainkan akan dikirim dulu ke Recycle Bin (kecuali jika saat penghapusan sambil menekan tombol Shift). 

Tujuan adanya fitur Recycle Bin ini tentu, untuk berjaga-jaga bila ternyata pengguna melakukan salah hapus file. Jika itu terjadi melalui Recycle Bin file dapat di Restore.

Jika kita ternyata sering mengakses Recycle Bin, maka akan lebih mudah jika di tempatkan pada File Explorer. Hanya dengan sekali klik maka akan langsung terbuka. 

Recycle Bin Dapat Diakses Dengan Mudah di File Explorer Windows 11

Recycle Bin Dapat Diakses Dengan Mudah di File Explorer Windows 11

File Explorer Windows 11 mendapat pembaruan yang signifikan, salah satunya dapat membuka Recycle Bin langsung melalui tombol aktif yang berada di address bar. 

Namun menurut saya ini masih cukup merepotkan, karena harus melakukannya dengan beberapa klik. Ditambah tombol yang menampilkan opsi Recycle Bin cukup kecil, sehingga kadang menyulitkan saat akan di klik. 

Untuk itu jika ingin lebih mudah dalam mengakses Recycle Bin melalui File Explorer, kita dapat membuat pintasannya pada halaman Quick Access. 

Sehingga nantinya Recycle Bin akan muncul bersamaan dengan folder Download, Document, Pictures, dan Video. 

Cara Menempatkan Recycle Bin di Menu Quick Access File Explorer Windows 11

  • Klik kanan Recycle Bin yang ada pada halaman Desktop, kemudian pilih Pin to Quick Access

    Cara Menempatkan Recycle Bin di Menu Quick Access File Explorer Windows 11

  • Selesai.

    Cara Menempatkan Recycle Bin di Menu Quick Access File Explorer Windows 11

    Nah jika sudah coba buka File Explorer Windows 11, maka nantinya Recycle Bin akan muncul pada halaman Quick Access bersamaan dengan folder Download, dll. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Recycle Bin Yang Terhapus Windows 7/10/11

Kita memahami betapa pentingnya Recycle Bin bagi pengguna Windows 11. Fungsi ini tidak hanya membantu dalam mengelola file yang tidak lagi diperlukan, tetapi juga memberikan kesempatan kedua untuk memulihkan file yang mungkin terhapus secara tidak sengaja. 

Dengan menempatkan Recycle Bin pada halaman Quick Access di File Explorer akan membuat kita lebih mudah dan cepat ketika akan membuka fitur ini.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Recycle Bin di File Explorer Windows 11"