Widget HTML #1

Cara Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11

Cara Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11

Kabar baik bagi yang sering menggunakan aplikasi Notepad sebagai catatan kecil pada laptop/pc Windows 11. Karena kini telah hadir fitur baru yang membuat Tab pada Notepad tidak akan hilang saat di tutup. 

Notepad merupakan aplikasi teks editor yang sudah ada sejak lama di Windows. Aplikasi ini sangat berguna untuk membuat catatan, menulis kode, atau mengedit file teks dengan mudah. Namun, ada satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Notepad, yaitu tab yang hilang saat aplikasi ditutup.

Tab adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membuka lebih dari satu file teks dalam satu jendela Notepad. Dengan tab, kita bisa berpindah antara file teks tanpa harus membuka aplikasi Notepad yang baru. Tab juga membantu kita untuk mengatur file teks yang sedang kita kerjakan.

Sayangnya, tab Notepad tidak memiliki fitur untuk menyimpan file teks yang belum disimpan saat aplikasi ditutup. Jika kita menutup aplikasi Notepad tanpa menyimpan file teks yang ada di tab, maka file teks tersebut akan hilang dan tidak bisa dibuka lagi. Ini tentu sangat merepotkan, apalagi jika file teks tersebut penting atau berisi informasi yang tidak ingin kita kehilangan.

Lalu, bagaimana cara agar tab Notepad tidak hilang saat ditutup? Apakah ada cara untuk menyimpan file teks yang ada di tab secara otomatis? Jawabannya adalah ya, ada. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tab Notepad yang hilang saat ditutup pada Windows 11.

Baca juga: 2 Cara Mematikan Fitur Snap Layout di Windows 11

Tips Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11

Pada aplikasi Notepad Windows 11 kini telah hadir fitur baru yang bernama When Notepad Starts. Fitur ini bisa membuat semua tab yang sedang dibuka tidak akan hilang, meskipun Notepad di tutup bahkan komputer di Shutdown dan Restart sekalipun. 

Nah berikut cara untuk mengaktifkan fitur When Notepad Start: 

  • Buka aplikasi Notepad pada Windows 11.

  • Kemudian klik Settings (ikon roda bergigi yang berada di bagian pojok kanan atas laman).

    Tips Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11

  • Setelah itu pada opsi When Notepad Start, kita pilih Open content from the previous session

    Tips Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11

  • Selesai.

    Nah setelah itu coba tutup Notepad, maka Notepad akan langsung ditutup. Jika biasanya ada tab yang belum disimpan , Notepad di tutup akan muncul notifikasi untuk menyimpan file, namun di sini tidak terjadi.

    Selanjutnya coba buka kembali Notepad, nantinya semua tab yang sedang terbuka tidak akan hilang. Bahkan jika Desktop di matikan sekalipun. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Fitur baru Notepad yang bernama When Notepad Start ini sangat membantu sekali, karena tab tidak akan di tutup walaupun belum tersimpan. 

Namun perlu diperhatikan juga jika kita sering membuka atau membuat file penting pada Notepad, kita juga harus berhati-hati. Terutama jika Desktop yang digunakan sering digunakan orang lain. 

Karena memiliki potensi yang besar file Notepad yang kita miliki diketahui orang lain. Oleh sebab itu jika mengaktifkan fitur ini, maka pastikan menutup tab secara manual pada tab yang berisi data penting. Sebelum menutup aplikasi Notepad. 

Baca juga: Masih Ingin Menggunakan WordPad di Windows 11? Berikut Cara Installnya Kembali

Demikian artikel yang saya buat dengan judul Cara Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11. Saya harap artikel ini bermanfaat dan menarik untuk kalian. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Tab Notepad Tidak Hilang Saat Di Tutup Pada Windows 11"