Widget HTML #1

6 Mengatasi YouTube Delay di Laptop Padahal Koneksi Bagus

 Mengatasi YouTube Delay di Laptop Padahal Koneksi Bagus

Salah satu platform video terpopuler di dunia adalah YouTube. Kita bisa menonton berbagai macam konten video di YouTube, mulai dari hiburan, pendidikan, berita, hingga olahraga. Namun, terkadang kita mengalami masalah saat menonton YouTube di laptop, yaitu video yang delay, patah-patah, atau buffering. Padahal, koneksi internet kita bagus dan stabil. Hal ini tentu saja sangat mengganggu pengalaman menonton kita.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips dalam mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Mengatasi YouTube Delay di Laptop Padahal Koneksi Bagus

1. Driver Kartu Video Yang Tidak Ter-Update

Driver kartu video adalah perangkat lunak yang mengatur kinerja kartu grafis di laptop. Jika driver kartu video tidak ter-update, maka bisa saja membuat kinerja kartu grafis bisa menurun dan menyebabkan video YouTube delay. 

Solusinya adalah mengupdate driver kartu video dengan cara mengunduh dan menginstal versi terbaru dari situs resmi produsen kartu grafis untuk mengoptimalkan kinerjanya.

2. Cache Browser Yang Terlalu Penuh

Cache browser adalah tempat penyimpanan sementara data dari daftar video maupun situs web yang kita kunjungi. Cache browser berguna untuk mempercepat proses loading halaman  yang sudah pernah kita buka sebelumnya dan sebagai riwayat penelusuran yang digunakan pihak platform merekomendasikan konten yang sesuai dengan kesukaan kita seperti YouTube. 

Namun, jika cache browser terlalu penuh, maka bisa mempengaruhi kinerja browser dan video YouTube. Coba membersihkan cache browser secara berkala supaya tidak menumpuk.

3. Browser Yang Belum Di-Update Atau Versi Lama

Browser yang belum di-update atau versi lama bisa memiliki bug atau celah keamanan yang bisa mengganggu kinerja YouTube. Selain itu, browser yang lama mungkin tidak kompatibel dengan fitur-fitur terbaru dari YouTube, seperti HTML5. 

Jika masih menggunakan browser versi lama,kita bisa melakukan  update browser ke versi terbaru, atau mengganti browser dengan yang lebih modern dan cepat.

4. Kualitas Video Yang Terlalu Tinggi

Jika kita memilih kualitas video yang terlalu tinggi, misalnya 1080p atau 4K, maka video tersebut akan membutuhkan bandwidth yang besar untuk diputar. Jika bandwidth kita tidak mencukupi walaupun koneksi bagus, maka video akan terputus-putus atau buffering. 

Untuk itu solusinya adalah menurunkan kualitas video sesuai dengan kecepatan internet kita, misalnya 480p atau 720p.

5. Koneksi Internet Yang Tidak Stabil

Meskipun koneksi internet kita bagus, tetapi jika tidak stabil, maka video YouTube juga bisa terganggu. Koneksi internet yang tidak stabil bisa disebabkan oleh gangguan jaringan, cuaca buruk, atau perangkat yang bermasalah. 

Maka dari itu silakan coba memeriksa koneksi internet kita, mengganti modem atau router jika rusak, atau menghubungi penyedia layanan internet jika ada gangguan

6. Menggunakan Ekstensi Ad Blocker

Mengatasi YouTube Delay di Laptop

Di kutip dari halaman kompas.com, jika saat ini pihak YouTube sedang gencar-gencarnya memberantas penggunaan tools pencegah iklan atau yang sering di sebut adblock.

Pihak YouTube membuat video menjadi delay selama 5 detik. Hal ini terbukti dengan adanya sebagian pengguna yang mengalami delay video YouTube sekitar 5 detik, sebelum akhirnya tayang. 

Kemudian saya sendiri juga sudah mencoba melakukan pembuktian dengan menggunakan adblock saat memutar YouTube. 

Hasilnya sangat terasa, YouTube terasa lambat saat saya melakukan klik-klik konten. Namun yang paling terasa adalah ketika melakukan skip-skip video yang ditonton, delay-nya begitu terasa.

Untuk masalah ini tentunya kita harus mematikan atau bahkan menghapusnya, ekstensi pemblokkir iklan yang kita gunakan.

Jika tidak ingin ada iklan saat memutar video YouTube, mungkin bisa menggunakan YouTube Premium. Walaupun nantinya ada biaya langganan yang harus dikeluarkan. 

Baca juga: Cara Menambahkan Subtitle Indonesia di YouTube HP dan PC

YouTube delay di laptop padahal koneksi bagus adalah masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna. Masalah ini bisa sangat mengganggu pengalaman menonton video di YouTube, terutama jika video tersebut berkaitan dengan pekerjaan, pendidikan, atau hobi kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui faktor-faktor penyebab dan cara mengatasi YouTube delay di laptop.

Dalam artikel ini, kita telah membahas lima faktor penyebab YouTube delay di desktop, yaitu kualitas video yang terlalu tinggi, cache browser yang menumpuk, browser yang belum di-update atau versi lama, koneksi internet yang tidak stabil dan lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kita bahas, kita bisa mengatasi YouTube delay di laptop padahal koneksi bagus dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, kita bisa menikmati video YouTube tanpa gangguan dan mendapatkan manfaat yang maksimal dari situs video streaming ini.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "6 Mengatasi YouTube Delay di Laptop Padahal Koneksi Bagus"