Widget HTML #1

3 Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Dengan Tombol Keyboard

3 Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Dengan Keyboard

Saat Keyboard yang kita gunakan mengalami masalah, maka kita dapat menggunakan fitur keren dari Windows yang bernama On-Screen Keyboard.

On-Screen Keyboard atau OSK adalah sebuah fitur bawaan dari Windows yang memungkinkan kita untuk mengetik tanpa menggunakan keyboard fisik. Fitur ini sangat berguna jika keyboard fisik kita mengalami kerusakan, atau jika kita ingin menggunakan laptop dalam mode tablet. OSK juga bisa membantu kita untuk mengetik karakter khusus yang tidak ada di keyboard fisik, seperti simbol mata uang, emoji, atau bahasa lain.

Ya fitur ini sangat cocok digunakan ketika dalam keadaan darurat, misalnya ketika keyboard utama sedang mengalami kerusakan pada beberapa tombol penting.

Penasaran bagaimana cara membuka atau mengakses-nya? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fast Startup di Windows 10/11

Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Dengan Keyboard

Untuk memunculkan On-Screen Keyboard, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dengan menggunakan keyboard. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Lewat Tombol Windows + R 

Menggunakan tombol Windows + R. Cara ini memanfaatkan kotak dialog Run yang bisa kita buka dengan menekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan. Di kotak dialog Run, kita ketik osk dan tekan Enter. OSK pun akan langsung muncul di layar.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya: 

  • Buka RUN (tekan tombol Windows + R).

  • Kemudian ketikan OSK, lalu Enter atau klik OK.

    Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Lewat Tombol Windows + R

  • Selesai.
    Setelah  itu On-Screen Keyboard akan langsung muncul pada layar.

2. Lewat Tombol Windows + S

Sebenarnya cara ini memanfaatkan kotak pencarian yang ada di taskbar Windows. Kita bisa membuka kotak pencarian dengan menekan tombol Windows dan tombol S secara bersamaan. Di kotak pencarian, kita ketik on-screen keyboard dan pilih opsi Open. 

Berikut  langkah-langkahnya untuk memperjelas: 

  • Buka fitur Search (tekan tombol Windows + S).

  • Kemudian ketikan On-Screen Keyboard.

  • Lalu pilih on-screen keyboard pada hasil pencarian yang muncul. 

    Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Lewat Tombol Windows + S

  • Selesai. 

3. Menggunakan Tombol Windows + CTRL + O

Lewat cara ini merupakan cara pintas yang bisa kita gunakan untuk langsung memunculkan OSK tanpa harus membuka menu apapun. Kita hanya perlu menekan tombol Windows, tombol Ctrl, dan tombol O secara bersamaan, dan OSK akan muncul di layar.

Kombinasi tombol Windows + CTRL + O memang disediakan khusus oleh Windows untuk mengakses fitur on-screen keyboard dengan cepat dan mudah. 

Baca juga: Cara Membuat/Mengganti/Menghapus Password di Laptop Windows 11

Dengan mengetahui cara memunculkan OSK (On-Screen Keyboard) dengan menggunakan keyboard, kita bisa mengatasi berbagai situasi yang mungkin terjadi saat menggunakan komputer atau laptop. Misalnya, jika keyboard fisik kita rusak, kita bisa tetap mengetik dengan OSK. Jika kita ingin mengetik karakter khusus yang tidak ada di keyboard fisik, kita bisa menggunakan OSK untuk memilihnya. Jika kita ingin menggunakan laptop dalam mode tablet, kita bisa menggunakan OSK untuk mengetik di layar sentuh.

On-Screen Keyboard menjadi  fitur yang sangat berguna dan mudah diakses. Kita bisa memunculkannya dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan kotak dialog Run, kotak pencarian, atau tombol pintas. Kita juga bisa mengatur ukuran, posisi, dan tampilan OSK sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.

Demikianlah artikel tentang cara memunculkan On-Screen Keyboard  dengan menggunakan keyboard. Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk memanfaatkan fitur OSK dengan lebih baik.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "3 Cara Memunculkan On-Screen Keyboard Dengan Tombol Keyboard "