Widget HTML #1

Perbedaan Replace, Skip, dan Compare info for both files Saat Copy/Cut File

 

Perbedaan Replace, Skip, dan Compare info  for both files Saat Copy/Cut File

Kita seringkali perlu menyalin atau memotong file dari satu lokasi ke lokasi lain, baik di komputer, laptop, smartphone, maupun media penyimpanan eksternal. Namun, apa yang terjadi jika file yang kita salin atau potong sudah ada di lokasi tujuan? Apa perbedaan antara pilihan Replace the file in the destination, Skip this file, dan Compare info for both files yang biasanya muncul saat kita menghadapi situasi ini?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi menarik mengenai perbedaan Replace, Skip, dan Compare info for both files Saat Copy/Cut File. 

Mengetahui dari ketiga opsi ini sangatlah penting, karena jika kita mendapatkan kondisi tersebut kita dapat memilih opsi yang tepat. 

Sebab seandainya salah opsi bisa saja berakibat fatal. Misal kita ingin memindahkan sebuah file dari folder A ke B. Dimana file yang kita pindahkan tersebut pada folder B terdapat file lama kita yang memiliki format dan nama yang sama. Kemudian kita melakukan Replace, maka yang terjadi file lama akan di hapus dan diganti file yang baru. 

Jika kita  tidak ingin kehilangan file lama, namun kita terlanjur melakukan Replace. Maka hal ini bisa membuat kita kehilangan file lama tersebut. 

Untuk itulah, sangat penting memahami perbedaan dari Replace, Skip, dan Compare info  for both files Saat Copy/Cut File.

Baca juga: 12  Fungsi Tombol ESC Yang Jarang Diketahui Pengguna Komputer Windows

Perbedaan Replace the file in the destination, Skip this file, dan Compare info for both files Saat Copy/Cut File

1. Replace the file in the destination

Replace berarti kita menggantikan file yang sudah ada di lokasi tujuan dengan file yang kita salin atau potong. 

Misalnya, kita memiliki file bernama laporan.docx di folder A dan folder B. Jika kita menyalin atau memotong file laporan.docx dari folder A ke folder B, dan memilih Replace, maka file laporan.docx di folder B akan diganti dengan file laporan.docx dari folder A. 

Hal ini sangat cocok atau berguna jika kita ingin memperbarui file yang sudah ada dengan versi yang lebih baru atau lebih lengkap.

Namun jika tidak ingin kehilangan file yang berada di folder B  maka jangan lakukan Replace.

2. Skip this file

Skip berarti kita melewati file yang sudah ada di lokasi tujuan dan tidak menyalin atau memotong file tersebut. 

Misalnya, kita memiliki file bernama foto.jpg di folder C dan folder D. Jika kita menyalin atau memotong file foto.jpg dari folder C ke folder D, dan memilih Skip, maka file foto.jpg di folder D tidak akan berubah dan file foto.jpg dari folder C tidak akan disalin atau dipotong. 

Skip this file berguna jika kita tidak ingin mengubah file yang sudah ada atau jika kita sudah memiliki file yang sama di lokasi tujuan. 

Atau dengan kata lain, Skip this file memiliki fungsi untuk membatalkan perintah.

3. Compare info for both files

Kemudian Compare info for both files berarti kita dapat menampilkan informasi detail tentang kedua file, seperti ukuran, tanggal, dan atribut, sehingga kita dapat membandingkan dan memilih mana yang ingin kita simpan. 

Misalnya, kita memiliki file bernama musik.mp3 di folder E dan folder F. Jika kita menyalin atau memotong file musik.mp3 dari folder E ke folder F, dan memilih Compare info for both files, maka kita akan melihat informasi seperti:

- File name: musik.mp3
- File size: 4.5 MB (folder E), 3.8 MB (folder F)
- Date modified: 12/12/2023 10:15 AM (folder E), 11/11/2023 9:10 AM (folder F)
- File attributes: Read-only (folder E), Hidden (folder F)

Dengan informasi ini, kita dapat menentukan apakah kita ingin menggantikan file yang ada di folder F dengan file yang ada di folder E, atau sebaliknya, atau melewati file tersebut, atau membuat salinan file dengan nama yang berbeda. 

Memilih Compare info for both files sangat cocok jika kita ingin memiliki file yang paling sesuai dengan kebutuhan kita atau jika kita ingin menghindari konflik file.

Baca juga: Apa Perbedaan Save dan Save As Pada Komputer? Berikut Penjelasannya

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan antara Replace, Skip, dan Compare info for both files saat kita menyalin atau memotong file. Semoga artikel ini dapat membantu kita memahami dan memilih pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Replace, Skip, dan Compare info for both files Saat Copy/Cut File"