Widget HTML #1

Langkah-Langkah Cara Pause Update Windows 11

Langkah-Langkah Cara Pause Update Windows 11

Windows 11  hadir dengan desain dan fitur-fitur baru yang dapat memanjakan penggunanya. Kemudian Windows 11 juga masih mendapat  dukungan penuh dari pengembangnya yaitu Microsoft. 

Windows 11 masih terus dikembangkan untuk meningkatkan performa dan menambah fitur baru yang dapat mempermudah pengguna. Nah dalam pengembangan tersebut, Windows 11 selalu mendapat Update secara berkala.

Namun, tidak semua orang menyukai pembaruan otomatis yang sering datang di Windows 11. Ada beberapa alasan mengapa kita mungkin ingin menunda atau menonaktifkan pembaruan Windows 11, seperti:

  • Pembaruan bisa menimbulkan masalah baru atau mengganggu aplikasi yang sedang kita gunakan.
  • Pembaruan bisa memakan kuota internet atau memperlambat koneksi kita.
  • Pembaruan bisa datang di saat yang tidak tepat, misalnya saat kita sedang mengerjakan tugas penting atau bermain game online.
  • Pembaruan bisa memaksa kita untuk me-restart komputer, yang bisa mengganggu pekerjaan atau hiburan kita.

Untuk mengatasi hal-hal di atas, kita bisa memanfaatkan fitur pause update yang ada di Windows 11. Fitur ini memungkinkan kita untuk menjeda pembaruan Windows 11 untuk jangka waktu tertentu, mulai dari satu minggu hingga lima minggu. 

Dengan begitu, kita bisa mengontrol kapan kita ingin menginstal pembaruan Windows 11 sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.

Baca juga: 2 Cara Cek VGA Berapa GB di Laptop Windows

Cara Pause Update Windows 11

Berikut ini adalah langkah-langkah cara pause update Windows 11 yang bisa kita ikuti:

  • Buka menu Settings dengan menekan tombol Windows + i pada keyboard kita. Atau, kita bisa juga klik kanan tombol Start di taskbar dan pilih Settings pada menu yang muncul.

  • Pada jendela Settings, klik Windows Update di sidebar kiri.

  • Pada halaman Windows Update, lihat di bagian More options dan klik tombol Pause for 1 week untuk menjeda pembaruan Windows 11 selama satu minggu. Kita bisa juga memilih opsi lain, seperti Pause for 2 weeks, Pause for 3 weeks, Pause for 4 weeks, atau Pause for 5 weeks, sesuai dengan keinginan kita.

    Cara Pause Update Windows 11

    Catatan:
    Untuk Windows 11 versi Stable maksimal waktu pause bisa hingga 5 minggu, sementara pada versi Windows 11 Insider hanya bisa 1 minggu.

  • Setelah kita memilih opsi yang kita inginkan, kita akan melihat status Updates paused dan juga bisa melihat tanggal kapan pembaruan Windows 11 akan dilanjutkan kembali. Misalnya, jika kita memilih opsi Pause for 1 week pada tanggal 17 Desember 2023, maka kita akan melihat status Updates paused until 24/12/2023.

    Cara Pause Update Windows 11

  • Jika kita ingin melanjutkan kembali pembaruan Windows 11 sebelum jangka waktu yang kita pilih berakhir, kita bisa klik tombol Resume updates yang ada di samping status Updates paused. Tombol ini akan menggantikan tombol Check for updates yang biasanya ada di halaman Windows Update. Jika kita klik tombol ini, maka Windows 11 akan segera mencari dan menginstal pembaruan yang tersedia.

    Cara Pause Update Windows 11

  • Kemudian jika kita ingin menjeda pembaruan Windows 11 lagi setelah jangka waktu yang kita pilih sebelumnya berakhir,  maka kita bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk menjeda pembaruan Windows 11 kembali.

  • Selesai. 

Baca juga: Cara Memperpanjang Waktu Jeda Update Windows 11

Demikianlah langkah-langkah cara pause update Windows 11 yang bisa kita lakukan. Dengan fitur ini, kita bisa mengatur sendiri kapan kita ingin mengupdate sistem operasi kita tanpa harus khawatir terganggu oleh pembaruan otomatis. 

Namun, kita juga harus ingat bahwa pembaruan Windows 11 penting untuk menjaga keamanan dan kinerja komputer kita. Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak menonaktifkan pembaruan Windows 11 secara permanen, melainkan hanya menjeda sementara jika memang diperlukan.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Cara Pause Update Windows 11"