Widget HTML #1

3 Cara Cek Google Chrome Versi 32-bit atau 64-bit Yang Kita Gunakan

3 Cara Cek Google Chrome Versi 32-bit atau 64-bit Yang Kita Gunakan

Browser Google Chrome memiliki banyak fitur dan keunggulan yang membuat pengalaman berselancar di internet menjadi lebih cepat, aman, dan nyaman. Namun, tahukah kita bahwa ada dua versi Google Chrome yang berbeda, yaitu versi 32-bit dan versi 64-bit?

Versi 32-bit dan versi 64-bit dari Google Chrome memiliki perbedaan dalam hal kinerja, keamanan, dan kompatibilitas. Versi 32-bit dapat berjalan di sistem operasi Windows 32-bit maupun 64-bit, namun memiliki batasan dalam penggunaan memori dan kecepatan proses. Versi 64-bit hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows 64 bit, namun memiliki keunggulan dalam hal stabilitas, keamanan, dan performa.

Baca juga: Cara Menambahkan Shortcut Google Chrome Incognito di PC Windows

Cara Cek Google Chrome Versi 32-bit atau 64-bit

Untuk mengetahui versi berapa bit Google Chrome yang kita gunakan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara 1: Melalui Menu Bantuan (About)

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah melalui menu bantuan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser Google Chrome di komputer kita.

  • Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas jendela browser.

  • Pilih menu Bantuan, lalu pilih Tentang Google Chrome.

    Melalui Menu Bantuan (About)

  • Di halaman yang muncul, kita akan melihat informasi tentang versi Google Chrome yang kita gunakan, termasuk apakah itu versi 32-bit atau 64 bit. Contohnya, jika kita melihat tulisan Versi 120.0.6099.130 (Build Resmi) (64 bit)), berarti kita menggunakan versi 64-bit dari Google Chrome.

    Melalui Menu Bantuan (About)

  • Selesai 

Cara 2: Melalui File Explorer

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk mengecek versi berapa bit Google Chrome yang kita gunakan adalah melalui File Explorer. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Start

  • Kemudian cari aplikasi Google Chrome, jika sudah klik kanan > More > Open File Locations.

    Melalui File Explorer

  • File Explorer akan terbuka dan langsung diarahkan pada folder dimana Google Chrome terpasang. 

  • Pada tahap ini, silakan perhatikan nama folder Program File yang tertera  di bagian address. Jika tertera nama Program File (86) maka Google Chrome yang kita gunakan menggunakan versi 32-bit. Sementara jika tertera nama Program File saja, maka kita menggunakan versi 64-bit.

    Melalui File Explorer

  • Selesai. 

Cara 3: Melalui Command Prompt

Cara ketiga yang bisa kita lakukan untuk mengecek versi berapa bit Google Chrome yang kita gunakan adalah melalui command prompt. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Command Prompt (CMD).

  • Di jendela command prompt, ketik perintah berikut dibawah ini, lalu tekan tombol Enter:
    wmic datafile where name="C:\\Program Files (x86)\\Google\\Chrome\\Application\\chrome.exe" get Version /value

    Melalui Command Prompt

  • Jika kita melihat hasil yang berisi tulisan Version (contoh = Version=120.0.6099.130), berarti kita menggunakan versi 32-bit dari Google Chrome.

  • Namun jika kita tidak melihat hasil apapun (muncul tulisan No Instance(s) Available.), berarti kita menggunakan versi 64-bit dari Google Chrome. Untuk memastikannya, kita bisa mengganti perintah di atas dengan perintah berikut, lalu tekan tombol Enter:
    wmic datafile where name="C:\\Program Files\\Google\\Chrome\\Application\\chrome.exe" get Version /value

    Melalui Command Prompt

  • Selesai.

Baca juga: 2 Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup

Google Chrome versi 32-bit dan versi 64-bit memiliki perbedaan yang perlu kita ketahui agar kita bisa memilih versi yang paling cocok dengan komputer kita. Versi 32-bit lebih ringan dan lebih kompatibel dengan sistem operasi Windows 32 bit, namun memiliki keterbatasan dalam hal memori dan kecepatan. Versi 64-bit lebih stabil, lebih aman, dan lebih cepat, namun hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows 64 bit.

Untuk mengecek versi Google Chrome yang kita gunakan, kita bisa menggunakan salah satu dari tiga cara yang telah kita bahas di atas, yaitu melalui menu bantuan, melalui task manager, atau melalui command prompt. Dengan mengetahui versi Google Chrome yang kita gunakan, kita bisa memastikan bahwa kita menggunakan browser yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian dalam menggunakan Google Chrome. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "3 Cara Cek Google Chrome Versi 32-bit atau 64-bit Yang Kita Gunakan"