Widget HTML #1

2 Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word (Strikethrough)

2 Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word (Strikethrough)

Teks coret adalah teks yang memiliki garis horizontal di tengahnya, seperti ini: contoh. Teks coret dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa teks tersebut sudah tidak berlaku, sudah dihapus, atau sudah direvisi. Teks coret juga dapat digunakan untuk memberikan efek humor, ironi, atau sarkasme pada teks. Misalnya, kita bisa menulis: “Saya sangat tidak suka kamu”.

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu kita dalam membuat dokumen yang menarik dan profesional. 

Salah satu fitur yang sering digunakan adalah strikethrough, yaitu fitur yang dapat membuat teks coret dengan mudah. Namun, bagaimana cara membuat teks coret di Microsoft Word? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita ikuti untuk membuat teks coret di Microsoft Word.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Draw di Microsoft Word

Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word

Untuk membuat teks coret pada Ms Word dapat dilakukan dengan dua cara, untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah  penjelasannya:

1. Cara 1

  • Buka dokumen yang ingin kita edit di Microsoft Word.

  • Pilih atau blok teks yang ingin kita coret dengan cara menyorotnya menggunakan mouse atau keyboard.

  • Klik tab Home pada menu ribbon di bagian atas layar.

  • Klik ikon Strikethrough yang berbentuk abjad dengan garis di tengahnya di bawah grup Font.

    Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word
     
  • Teks yang kita pilih akan menjadi teks coret sesuai dengan pilihan kita. Jika kita ingin membuat teks coret lain, ulangi langkah 2 sampai 4 kembali.

    Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word

  • Jika kita ingin menghapus teks coret, pilih teks yang ingin kita hapus coretnya, lalu klik ikon Strikethrough lagi.

  • Selesai 

2. Cara 2 

Untuk cara kedua dalam membuat teks coret, dapat dilakukan melalui kotak jendela Font. Kelebihan dari cara ini, nantinya akan terdapat 2 pilihan garis coret, yaitu coret satu garis dan double garis.

Berikut tutorialnya: 

  • Buka dokumen yang ingin kita edit di Microsoft Word.

  • Pilih atau blok teks yang ingin kita coret dengan cara menyorotnya menggunakan mouse atau keyboard.

  • Klik tab Home pada menu ribbon di bagian atas layar, kemudian klik panah kecil di pojok kanan bawah grup Font untuk membuka jendela Font.

    Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word

  • Pada jendela tersebut, pilih tab Font. Kemudian pada bagian Effects beri centang Strikethrough (coret dengan satu garis) atau Double Strikethrough (coret dua garis), jika sudah  Klik OK setelah kita mencentang kotak tersebut.

    Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word

  • Sementara jika ingin menghapus garis coret, lakukan langkah-langkah yang sama. Kemudian hilangkan centang Strikethrough (coret dengan satu garis) atau Double Strikethrough.

  • Selesai 

Manfaat dan Kegunaan Dari Teks Coret

Sekarang kita sudah tahu cara membuat teks coret di Microsoft Word. Namun, apa sih manfaat dan kegunaan dari teks coret ini? Berikut adalah beberapa contoh penggunaan teks coret yang dapat kita coba:

  • Membuat daftar tugas atau checklist.
    Kita bisa membuat daftar tugas yang harus kita kerjakan, lalu memberi coret pada tugas yang sudah kita selesaikan. Hal ini dapat membantu kita untuk melacak progres kita dan memotivasi kita untuk menyelesaikan tugas yang tersisa.

  • Membuat catatan revisi atau koreksi.
    Jika kita sedang membuat dokumen yang membutuhkan revisi atau koreksi, kita bisa menggunakan teks coret untuk menandai bagian yang perlu diubah atau dihapus. Hal ini dapat membantu kita untuk mengingat apa yang harus kita perbaiki dan menghindari kebingungan.

Baca juga: 2 Cara Merubah Warna Blok Teks di Microsoft Word (Highlight)

Demikian artikel yang saya, semoga dapat membantu kalian semua dalam membuat teks coret di Microsoft Word, pada dokumen  yang sedang di buat. 

Membuat teks coret sendiri tidaklah sulit, dengan melihat penjelasan diatas saya rasa  kalian semua  tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Meskipun kalian seorang pemula dalam menggunakan aplikasi olah kata ini. 

Sekian dan semoga membantu!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "2 Cara Membuat Teks Coret di Microsoft Word (Strikethrough)"