3 Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10/11

Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10/11

Aplikasi yang berjalan pada latar belakang terkadang bisa menjadi penyebab komputer Windows 10/11 menjadi berjalan sangat lambat. Ini berlaku jika kita menggunakan spesifikasi perangkat yang pas-pasan. 

Oleh sebab itu mungkin kita akan lebih baik jika mematikan saja beberapa aplikasi yang tidak sering digunakan, agar tidak berjalan dilatar belakang. 

Pada Windows 10 dan 11 sendiri telah disediakan fitur yang dapat mematikan aplikasi latar belakang secara manual. Pengguna dapat memilih sendiri aplikasi mana yang akan di nonaktifkan. 

Untuk caranya sendiri juga sangat mudah, fitur untuk mematikan latar belakang pada Windows 10 dan 11 dapat diakses pada Windows Settings. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Pelindung Mata Laptop Windows 11 (Night Light)

Dampak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10/11

Sebelum membahas ke inti pembahasan, yaitu mengenai cara mematikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, mari kita simak terlebih dahulu dampaknya. 

Berikut dampak dari adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang Windows 10/11: 

1. Mengurangi Kinerja Sistem

Aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan sumber daya sistem seperti RAM, CPU, disk, dan jaringan. Hal ini dapat memperlambat kinerja sistem secara keseluruhan, terutama jika ada banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

2. Menghabiskan Baterai Laptop

Bagi pengguna laptop aplikasi yang berjalan di latar belakang juga membutuhkan daya untuk beroperasi. Hal ini dapat mengurangi masa pakai baterai laptop, terutama jika aplikasi tersebut menggunakan fitur seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dan lain sebagainya.

3. Menyedot Paket Data

Kemudian aplikasi yang berjalan di latar belakang mungkin juga melakukan sinkronisasi data, mengirim atau menerima pemberitahuan, atau mengunduh pembaruan. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan data yang tinggi, terutama jika kita online lewat hotspot menggunakan smartphone.

4. Munculnya Notifikasi Yang Mengganggu 

Tak hanya sampai di situ, aplikasi yang berjalan dilatar belakang bisanya merupakan aplikasi yang real time. Dimana akan memberi notifikasi jika ada pemberitahuan. 

Nah notifikasi inilah kadang dapat membuat kita merasa terganggu. Namun jika aplikasi latar belakang di matikan maka bisa menjadi solusi. 

Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10/11

1. Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 11

  • Buka Windows Settings 

  • Kemudian pilih Apps > Installed apps 

    Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 11

  • Cari dan klik ikon titi tiga sejajar pada aplikasi yang tidak ingin berjalan dilatar belakang (misalnya saya memilih aplikasi Twitter). lalu pilih Advanced options

    Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 11

  • Selanjutnya pada opsi Background app permissions, silakan pilih Never 

    Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 11

  • Selesai
    Nah sampai di sini, nantinya aplikasi yang dipilih tidak akan berjalan dilatar belakang lagi. 

2. Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10

Kemudian bagi yang ingin mematikan aplikasi latar belakang pada Windows 10, caranya juga dilakukan lewat Settings. Berikutlangkah-langkahnya: 

  • Buka Windows Settings 

  • Navigasikan ke  Privacy > Background Apps

  • Selanjutnya pada Choose which apps can run in the background, tinggal matikan aplikasi yang diinginkan. Bisa juga dengan mematikan Let apps run in the background, jika ingin semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dimatikan

    Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10

  • Selesai 

3. Dengan Mengaktifkan Battery Saver 

Dengan Mengaktifkan Battery Saver

Battery Saver memiliki fungsi untuk menghemat daya baterai, salah satu caranya dengan mematikan semua  aplikasi yang berjalan dilatar belakang.  Fitur ini biasanya akan aktif secara otomatis jika daya baterai dibawah 20%. 

Nah kita  bisa langsung mengaktifkan Battery Saver jika ingin mematikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, sekaligus dapat menghemat daya baterai.

Untuk mengaktifkan Battery Saver dapat dilakukan melalui Taskbar, atau bisa juga melalui Windows Settings. 


Catatan: 

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang biasanya merupakan aplikasi yang real time, misalnya aplikasi Media Sosial, Antivirus, dan lain sebagainya. 

Ketika aplikasi tersebut tidak berjalan  dilatar belakang, akan membuat aplikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Oleh sebab itu, pastikan jika aplikasi latar belakang yang dimatikan tidak terlalu penting dan jarang digunakan.

Baca juga: Cara Mengatur Peringatan Baterai Laptop Windows 11 (Battery Saver)

Dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang pada Windows 10 dan Windows 11 dapat meningkatkan kinerja komputer kita dan memastikan bahwa sumber daya sistem digunakan dengan efisien. Cobalah salah satu metode di atas sesuai dengan preferensi kita, dan kita akan melihat perbedaan yang signifikan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Windows 10/11. semoga bermanfaat!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang Windows 10/11"