Widget HTML #1

Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome PC

Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome PC

Saat mengunduh file di Google Chrome PC, lokasi default untuk penyimpanan adalah folder unduhan (Folder Download) di drive C. 

Namun, bagi beberapa pengguna, mungkin lebih nyaman jika dapat mengubah lokasi unduhan sesuai dengan preferensi atau keinginan mereka.

Mengatur folder unduhan yang tepat dapat membantu pengguna dengan mudah menemukan file yang diunduh dan menjaga folder unduhan tetap teratur.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan mengenai bagaimana cara mengubah lokasi download di Google Chrome.

Baca juga: Cara Lock Browser Chrome PC Dengan Password

Alasan Mengubah Lokasi Download di Google Chrome PC

Secara default, Google Chrome menyimpan file yang diunduh di folder unduhan bawaan (di folder Download drive C). 

Namun, terkadang pengguna mungkin ingin mengubah lokasi folder unduhan agar sesuai dengan keinginannya. 

Mengubah lokasi download penting karena alasan berikut:

1. Dapat Dengan Mudah Menemukan File 

Dengan mengatur folder unduhan, pengguna dapat dengan mudah menemukan file yang diunduh dan menjaga folder unduhan tetap teratur pada folder yang telah ditentukan.

2. Mencegah Kehilangan File Yang disebabkan Kerusakan Sistem Operasi

Jika terjadi masalah dengan sistem operasi atau perangkat pengguna, memiliki salinan file unduhan di lokasi yang berbeda dapat membantu memulihkan data yang hilang.

Secara default lokasi folder download Google Chrome berada di drive C. Drive C sendiri merupakan lokasi yang digunakan untuk menyimpan data sistem operasi. 

Saat sistem operasi mengalami masalah dan pengguna melakukan perbaikan, seperti melakukan Reset atau bahkan install ulang sistem. Maka semua data yang ada pada drive C akan hilang. 

Itulah sebabnya jika menyimpan file hasil download pada lokasi lain dapat menghindarkan dari kehilangan data yang disebabkan kerusakan sistem operasi yang tidak terduga. 

3. Melonggarkan Ruang Drive C

Jika partisi atau drive tempat folder unduhan bawaan disimpan hampir penuh (drive C), mengubah lokasi download ke drive atau partisi yang berbeda dapat membantu menghemat atau melonggarkan ruang disk.

Baca juga: Cara Menghapus History Chrome Dengan Cepat di Laptop dan Hp

Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome PC

Ok langsung saja, untuk mengubah lokasi download Google Chrome dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 

  • Buka Google Chrome PC Kalian

  • Kemudian Buka Setelan Google Chrome

    Mengubah Lokasi Download di Google Chrome

    Membuka menu Pengaturan di Google Chrome. kalian dapat melakukannya dengan mengeklik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas jendela peramban Chrome, lalu memilih opsi "Setelan" dari menu dropdown.

  • Setelah itu pilih menu Download, lalu klik Ubah pada opsi lokasi

    Mengubah Lokasi Download di Google Chrome

  • Cari dan pilih lokasi yang akan dijadikan lokasi untuk menyimpan hasil download Google Chrome PC kalian, jika sudah klik Select Folder

    Mengubah Lokasi Download di Google Chrome

  • Selesai
    Setelah itu silakan kalian coba men-dowload sesuatu lewat Google Chrome PC kalian, maka secara otomatis file akan tersimpan pada lokasi yang sudah kalian tentukan tadi.

Baca juga: Cara Menghapus Password Tersimpan di Google Chrome PC dan Android

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mengubah lokasi download di Google Chrome PC. Dengan mengatur folder unduhan sesuai preferensi atau keinginan kalian, maka nantinya dapat dengan mudah menyimpan file unduhan ke lokasi yang lebih mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome PC"