Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan banyaknya pembaruan dan peningkatan fitur, Windows 11 menawarkan pengalaman yang lebih baik dalam mengelola dan menavigasi berbagai jenis file, termasuk gambar. 

Salah satu fitur yang berguna adalah kemampuan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan preview gambar di Windows 11.

Fitur ini nantinya akan menampilkan gambar yang dipilih tanpa harus membuka terlebih dahulu gambar tersebut. 

Preview Gambar di Windows 11

Preview gambar atau yang sering disebut Preview Pane memungkinkan pengguna melihat gambar miniatur di jendela file atau folder sebelum membukanya secara penuh. 

Fitur ini mempermudah dalam mencari, memilih, dan mengelola koleksi gambar pengguna. Namun, terkadang pengguna mungkin ingin menonaktifkan preview gambar untuk alasan keamanan, privasi, atau kinerja. 

Di sisi lain, mengaktifkan preview gambar dapat memungkinkan pengguna melihat konten gambar dengan cepat dan lebih nyaman. 

Dalam tutorial kali ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan preview gambar di Windows 11 sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: 5 Cara Menampilkan Thumbnail Video/Gambar di Windows Explorer

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Untuk menampilkan preview gambar pada Windows Explorer di Windows 11, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Preview Pane. 

Setelah Preview Pane aktif, maka secara otomatis setiap gambar yang dipilih akan ditampilkan preview-nya pada sebelah kanan halaman Windows Explorer.

1. Mengaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mengaktifkan preview gambar di Windows 11, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Preview Pane. 

Berikut caranya: 

  • Buka Windows Explorer
  • Kemudian klik tombol View yang berada di bagian atas laman Explorer, lalu pilih Show > Detail pane/Preview pane

    Mengaktifkan Preview Gambar di Windows 11

    Pada langkah ini ada dua opsi yang dapat dipilih, yaitu:
    Detail pane : Akan menampilkan informasi gambar secara lengkap, seperti preview, ukuran, dimensi dan lain sebagainya. Kekurangan dari Detail pane adalah preview gambar yang ditampilkan lebih kecil.

    Preview pane: Hanya akan menampilkan preview gambar saja, namun preview yang ditampilkan akan lebih besar jika dibandingkan Detail pane.

  • Selesai
    Silakan klik gambar yang kalian inginkan, maka secara otomatis preview akan tampil pada bagian sebelah kanan Windows Explorer kalian.


2. Mengatur Ukuran Gambar Preview 

Gambar preview yang ditampilkan pada bagian sebelah kanan halaman Windows Explorer dapat juga diatur ukurannya, menyesuaikan keinginan pengguna. 

Caranya sendiri sebagai berikut: 

  • Arahkan kursor pada garis pembatas sebelah kanan preview gambar, hingga kursor berubah menjadi ikon panah yang mengarah ke kanan dan kiri

  • Klik dan tahan, kemudian tarik ke kiri untuk memperbesar dan tarik ke kanan untuk memperkecil

    Mengatur Ukuran Gambar Preview

  • Selesai 


3. Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Kemudian untuk cara selanjutnya adalah menghilangkan atau menonaktifkan preview gambar. Untuk caranya sendiri kurang lebih hampir sama. Pengguna hanya perlu menghilangkan checklist pada Detail pane atau Preview pane. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Windows Explorer

  • Kemudian klik tombol View yang berada di bagian atas laman Explorer, lalu pilih Show > Hilangkan tanda centang pada Detail pane/Preview pane (untuk menghilangkan klik saja)

    Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11

  • Selesai 


Kelebihan dan Kekurangan Mengaktifkan Preview Gambar di Windows 11

Mengaktifkan preview gambar di Windows 11 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan Mengaktifkan Preview Gambar di Windows 11:

1. Kemudahan Akses

Dengan mengaktifkan preview gambar, pengguna dapat dengan cepat melihat gambar tanpa harus membuka aplikasi terpisah. 

Ini memungkinkan pengguna untuk melihat konten gambar dengan cepat dan efisien.

2. Visualisasi Yang Lebih Baik

Preview gambar memberikan tampilan visual dari gambar, memungkinkan pengguna melihatnya sebelum membuka file yang sebenarnya. Ini membantu dalam memilih gambar yang ingin pengguna buka atau gunakan.

3. Penyesuaian Tampilan

Windows 11 menyediakan opsi untuk menyesuaikan ukuran dan tata letak preview gambar sesuai keinginan pengguna. Pengguna  dapat mengubah tampilan preview gambar agar sesuai dengan preferensi visual Anda.


Kekurangan Mengaktifkan Preview Gambar di Windows 11:

1. Penggunaan Sumber Daya Sistem

Preview gambar dapat memakan sumber daya sistem, terutama jika pengguna memiliki banyak file gambar dalam satu folder. Ini dapat berdampak pada kinerja komputer, terutama jika pengguna memiliki spesifikasi perangkat keras yang lebih rendah.

2. Risiko Privasi

Jika pengguna berbagi komputer dengan orang lain, mengaktifkan preview gambar dapat membuka risiko privasi. 

Orang lain dapat melihat konten gambar tanpa perlu membuka file tersebut, yang dapat menimbulkan masalah privasi.

3. Potensi Gangguan Visual 

Jika pengguna memiliki banyak file gambar dalam satu folder, preview gambar yang muncul saat mengarahkan kursor ke file dapat mengganggu tampilan desktop Ini  berlaku jika pengguna lebih suka antarmuka yang bersih dan minimalis.

Baca juga: Cara Mengatur Peringatan Baterai Laptop Windows 11 (Battery Saver)

Mengaktifkan atau menonaktifkan preview gambar di Windows 11 adalah langkah yang sederhana namun bermanfaat dalam mengelola koleksi gambar pengguna. 

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, kalian semua diharapkan dapat dengan mudah mengatur opsi ini sesuai dengan preferensi kalian masing-masing. 

Ingatlah bahwa mengaktifkan atau menonaktifkan preview gambar dapat memengaruhi efisiensi, privasi, dan kinerja komputer. 

Oleh karena itu, pertimbangkan manfaat dan keuntungan sebelum memutuskan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Preview Gambar di Windows 11"