Widget HTML #1

2 Cara Klik Kanan Tanpa Mouse di Laptop Windows

2 Cara Klik Kanan Tanpa Mouse di Laptop Windows

Tombol klik kanan pada mouse memungkinkan pengguna untuk mengakses sejumlah opsi dan menu yang berbeda, tergantung pada konteks di mana klik kanan digunakan. 

Beberapa kegunaan dari klik kanan antara lain:Membuka menu konteks: Klik kanan pada desktop, file, folder, atau objek lainnya pada komputer akan membuka menu konteks yang berisi opsi seperti copy, paste, cut, rename, delete, dan properties.

Navigasi web: Klik kanan pada halaman web dapat membuka menu yang berisi opsi seperti kembali ke halaman sebelumnya, refresh, membuka tautan di tab baru, menyimpan gambar, dan melihat kode sumber halaman.

Namun apa jadinya jika klik kanan pada Mouse/Touchpads  mengalami kerusakan alias tidak berfungsi. Maka pengguna pun akan tidak bisa mengakses opsi tertentu pada Laptop/PC yang dilakukan menggunakan klik kanan. 

Kabar baiknya ternyata pada Windows sendiri telah menyediakan solusi untuk mengatasi hal tersebut, ada cara lain dalam melakukan klik kanan tanpa Mouse. 

Caranya sendiri ialah menggunakan tombol Keyboard. Penasaran bagaimana melakukannya? OK langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11/10

Cara Klik Kanan Tanpa Mouse di Laptop Windows

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan klik kanan pada Laptop Windows menggunakan Keyboard. Dari kedua cara tersebut pengguna dapat memilih atau menggunakan tombol mana yang dirasa mudah. 

1. Menggunakan Tombol Menu 

Klik Kanan Menggunakan Tombol Menu

Mungkin banyak di antara kalian tidak mengetahui dari fungsi tombol menu yang ada pada Keyboard. Tombol ini berfungsi untuk membuka konteks menu pada Aplikasi yang sedang dijalankan. 

Tombol ini memiliki fungsi yang sama seperti klik kanan pada Mouse. Tombol ini memang jarang sekali digunakan, sehingga banyak pengguna yang tidak menyadari dari fungsinya. 

Tombol menu akan sangat berguna jika klik kanan pada Mouse mengalami kerusakan. Tombol ini terletak di sebelah kanan bawah Keyboard, tepatnya di antara tombol ALT dan CTRL. 

Jadi jika ingin menggunakan klik kanan tanpa Mouse silakan tekan tombol menu pada Keyboard. 

2. Menggunakan Tombol SHIFT + F10 

Klik Kanan Menggunakan Tombol  Shift + F10

Cara lain selain menggunakan tombol menu, bisa juga menggunakan atau menekan tombol SHIFT + F10 pada Keyboard secara bersamaan. 

Tombol Keyboard SHIFT + F10 memiliki fungsi yang sama dengan klik kanan pada mouse. Ketika tombol ini ditekan, menu konteks akan muncul di area fokus saat ini pada layar. 

Fungsi ini dapat berguna jika pengguna tidak memiliki akses ke mouse atau jika menggunakan keyboard lebih cepat dan efisien daripada mengeklik menggunakan Mouse.

Namun perlu diketahui juga jika klik kanan menggunakan SHIFT + F10 terkadang tidak berfungsi pada Aplikasi/program tertentu. 

Misalnya saja pada WPS Office versi Desktop, tombol ini tidak berfungsi sebagai klik kanan ketika ditekan, namun jika menggunakan tombol menu berfungsi. 

Baca juga: Cara Mengatur Sensitivitas Kursor Dan Scroll Mouse/Touchpad Di Laptop Windows

Nah itulah  dua cara klik kanan tanpa Mouse di Laptop Windows. Cara ini akan sangat berguna sekali apabila klik kanan Mouse atau Touchpads mengalami masalah.

Tombol klik kanan menggunakan Keyboard sering diabaikan oleh pengguna, padahal sangat penting sekali untuk diketahui. 

Hal ini untuk mengantisipasi apabila klik kanan pada Mouse/Touchpads mengalami kerusakan secara tiba-tiba dan tak terduga. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "2 Cara Klik Kanan Tanpa Mouse di Laptop Windows"