Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download dan Install Steam di Laptop/PC Windows (7,8,10,11)

Cara Download dan Install Steam di Laptop/PC Windows (7,8,10,11)

Bagi para pecinta Game yang sudah lama mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Steam, karena Platform yang satu ini sangat populer dalam dunia Game. 

Namun bagi yang masih pemula mungkin belum begitu memahami tentang Steam dan apa gunanya. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara Download dan Install Steam di Laptop Windows, mari simak terlebih dahulu penjelasan dari Platform Game yang satu ini. 

Apa itu Steam? 

Steam merupakan sebuah  Platform yang menyediakan begitu banyak Game PC yang original. Pengguna dapat melakukan Download dan Install Game baik yang berbayar maupun yang gratis.

Pengguna hanya tinggal menginstall Steam pada Desktop-nya, kemudian dapat melakukan Download dan Install Game sesuai yang dipilihnya.

Selain ditujukan untuk para pemain Game, Steam juga digunakan sebagai Platform bagi para Developer atau pembuat Game dalam memasarkan Game buatannya.

Sederhananya Steam menjadi wadah untuk mendistribusikan (menjual) Game PC langsung ke para pengguna, bagi Developer atau pembuat Game.

Untuk lebih mudah memahami mengenai apa itu Steam, bisa dengan melihat cara kerja Google Play Store yang ada pada Android. Keduanya (Steam dan Google Play Store) memiliki cara kerja yang hampir sama.

Selanjutnya Steam sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2003. seiring berjalannya waktu banyak pembuat (Developer) Game yang menjual atau mendistribusikan Gamenya lewat Steam dan membuat Steam menjadi semakin populer. 

Hingga saat ini-pun kepopuleran Steam masih begitu populer, hal tersebut karena Game-Game yang tersedia sangat banyak dan lengkap.

Kelebihan Dalam Menggunakan Steam 

Ada beberapa kelebihan menggunakan Steam,ketika akan melakukan Install Game yang diinginkannya. Simak ulasannya dibawah ini: 

1. Game Original 

Game-Game yang ada pada Steam terjamin keaslian-nya, lisensi terjamin original. Pengguna tidak perlu meragukan lagi apakah Game yang tersedia bajakan atau bukan.

2. Mendapat Support Dari Developer 

Game-Game PC yang tersedia pada Steam di distribusikan langsung oleh pembuatnya dan tentunya juga terus mendapat dukungan. 

Maksud Game akan terus mendapat dukungan ialah akan mendapat Update jika ada pembaharuan dari Developer atau sang pembuat game. 

3. Banyak Pilihan Game 

Untuk masalah pilihan Game yang tersedia jangan diragukan lagi, Steam menyediakan begitu banyak Game dengan berbagai kategori atau genre. 

Dari Game Action, Fighting, First Person Shooter (FPS) dan lain sebagainya tersedia disana. Pengguna tinggal memilih mana yang ingin dimainkan, baik yang Offline maupun yang Online. 

Dengan adanya begitu banyak Game-Game yang tersedia, maka hal tersebut dapat memudahkan pemain apabila sudah menyelesaikan Game tertentu dan ingin memainkan Game lainnya. 

4. Mendukung Diberbagai Perangkat Komputer 

Kelebihan Steam yang selanjutnya adalah kemudahan dalam penggunaan diberbagai perangkat. Steam dapat di jalankan diberbagai Sistem Operasi Komputer, seperti Windows, MAC, dan Linux. 

Jika pengguna atau pemain berpindah perangkat, maka hanya tinggal login dengan akun Steam sebelumnya, kemudian mereka dapat langsung melakukan Download dan Install Game yang diinginkan.

5. Cara Pembayaran Yang Mudah 

Jika ingin membeli Game pada Steam juga sangat mudah. Pada umumnya pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit, namun Steam sendiri juga menyediakan Steam Wallet serta metode pembayaran dengan Aplikasi Wallet populer lainnya. 

6. Terdapat Ulasan

Pernakan kalian ingin melakukan Install suatu Aplikasi lewat Google Play Store atau Apple Store? Nah biasanya kita akan melihat ulasan mengenai Aplikasi tersebut dari para pengguna lainnya. 

Hal tersebut juga berlaku pada Game yang ada pada Steam, pada setiap Game akan terdapat fitur ulasan yang dapat dijadikan refrensi mengenai Game tersebut apakah mendapatkan penilaian baik atau tidak dari pengguna lainnya. 

Meskipun sepele namun saya rasa fitur ini sangat berguna sekali, agar pemain mendapatkan gambaran dari kualitas Game tersebut. 

7. Banyak Promo 

Banyak promo menarik yang sering diberikan oleh Steam, promo tersebut bisa berupa potongan harga (diskon). 

Kemudian Steam juga mengadakan diskon besar-besaran setiap tahunnya, tak jarang diskon yang diberikan untuk Game-Game populer, seperti CS-Go, GTA dan lain sebagainya.

Nah bagi kalian yang ingin mencoba memainkan Game-Game yang ada pada Steam, simak ulasanya dibawah ini bagaimana cara Install Steam pada komputer Windows. 

Baca juga: 2 Cara Download dan Install Inkscape di Windows

Cara Download dan Install Steam di Laptop/PC Windows 

Untuk melakukan Install Steam dapat dilakukan dengan mendownload file Instalasi lewat situs resminya. 

Dalam Install Steam ada dua tahapan atau langkah yang harus dilakukan. Pertama adalah melakukan Download file Instalasi dan langkah kedua melakukan proses Install. 

Langkah 1 (Download File Instalasi Steam)

Untuk melakukan Download file Instalasi dapat dilakukan lewat situs resminya. Untuk caranya berikut ulasannya: 

  • Buka Browser

  • Kunjungi Alamat URL Berikut: https://store.steampowered.com/about/

  • Pilih Install Steam

    Download File Instalasi Steam

    Pilih Install Steam yang terdapat Icon Windows. Namun jika ingin menginstall pada Sistem Operasi lain silahkan pilih yang sesuai.

  • Tunggu Proses Download

  • Selesai 

Langkah 2 (Install Steam Pada Laptop/PC)

Setelah file Instalasi berhasil di Download maka langkah selanjutnya adalah melakuka Install Steam pada Laptop/PC)

Berikut caranya: 

  • Pastikan Laptop/PC Terkoneksi Dengan Internet

  • Cari File Instalasi Steam

    Silakan cari file Instali Steam yang sudah di Downlaod tadi, secara default biasanya tersimpan pada folder Download yang ada pada File Explorer.

  • Jalankan File (Klik 2X)

    Install Steam Pada Laptop/PC

  • Pilih Yes, Pada Kotak Dialog User Acount Control

  • Kemudian Pilih Next

    Install Steam Pada Laptop/PC

  • Pilih Bahasa, Lalu Next

    Install Steam Pada Laptop/PC

  • Tentukan Lokasi Penyimpanan, Kemudian Klik Install

    Install Steam Pada Laptop/PC

    Biarkan saja jika memang tidak ingin merubah lokasi penyimpanan, secara default nanti data Instalasi Steam akan tersimpan pada partisi System (C).

  • Tunggu Proses Instalasi

    Install Steam Pada Laptop/PC

  • Jika Sudah Selesai Klik Finish

    Hilangkan Checklist Run Steam jika tidak ingin Aplikasi Steam langsung dijalankan.

  • Jalankan Aplikasi Steam

  • Tunggu Proses Updating

    Install Steam Pada Laptop/PC

    Lamanya proses Update tergantung dari kecepatan dan kestabilan koneksi Internet yang kalian gunakan, silakan tunggu saja hingga selesai.

  • Selesai
    Nah sampai disini proses Download dan Install Steam di Laptop Windows telah selesai. Untuk selanjutnya bisa langsung Login jika sudah memiliki akun, namun jika belum punya bisa melakukan Registrasi terlebih dahulu. 

Baca juga: 2 Cara Install WPS Office Di Laptop Windows

Itulah tutorial sederhana mengenai bagaimana cara Download dan Install Steam di Laptop Windows, silakan ikuti langkah-langkahnya saya rasa tidak akan menemui masalah yang berarti. 

Steam sendiri sudah sangat populer dikalangan para Gamer, karena memang Platform ini menyediakan begitu banyak macam Game yang Original. 

Selain menyediakan Game-Game berbayar Steam juga terdapat banyak Game gratis yang tentunya dapat dijadikan daftar koleksi Game yang pernah dimainkan. 

Semoga Membantu ...........

Referensi: 
https://www.ekrut.com/media/apa-itu-steam

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Posting Komentar untuk "Cara Download dan Install Steam di Laptop/PC Windows (7,8,10,11)"