Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak

Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak

Ponsel Android kalian mengalami masalah Tombol Volume tidak berfungsi? Maka tenang saja, karena untuk sementara dapat menggunakan sebuah Aplikasi yang dapat dijadikan pengganti Tombol Volume yang rusak. 

Pada sebuah Hp Tombol Volume menjadi salah satu komponen yang sering atau cepat mengalami kerusakan. Hal tersebut karena Tombol Volume sering di-pencet setiap saat selama Hp itu digunakan. 

Kerusakan terjadi biasanya karena memang  sensor Tombol Volume tersebut memang sudah rusak atau bisa juga karena lapisan karet yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Jika kerusakan Tombol karena sensor rusak, biasanya tombol masih tampak normal namun ketika ditekan tidak berfungsi. 

Sementara jika kerusakan karena karet pelapis yang rusak, biasanya tombol macet atau keras saat ditekan. 

Bagian manapun kerusakan, intinya Tombol Volume tidak berfungsi dan hal ini sangat berdampak bagi pengguna, karena tidak dapat mengatur suara pada Ponsel-nya.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, ada sebuah Aplikasi  yang dapat digunakan untuk mengatur spiker Ponsel tanpa menekan Tombol Volume. 

Jadi sambil menunggu waktu yang tepat untuk membawa Ponsel ke tempat Service, kita dapat menggunakan Aplikasi terebut untuk sementara waktu.

Baca juga: Cara Melihat Versi Aplikasi Di Play Store Dan Yang Terinstall Pada Android

Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak

1. Tombol Volume Asisten

Tombol Volume Asisten (Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Tombol Volume Android yang rusak untuk sementara dapat diatasi menggunakan sebuah Aplikasi.

Aplikasi tersebut ialah bernama Tombol Volume Asisten (seperti yang tertera pada judul artikel ini). Untuk menggunakannya silahkan saja langsung Install lewat Google Play Store. 

Tombol Volume Asisten tersedia pada Google Play Store dan dapat digunakan secara gratis.


Kelebihan Tombol Volume Asisten

Adapun kelebihan dari Aplikasi pengganti Tombol Volume ini adalah memiliki banyak fitur, antara lain sebagai berikut:

1. Tombol Volume Selalu Terlihat Pada Layar 

Setelah Aplikasi Tombol Volume Asisten terinstall pada Ponsel, maka nanti akan terdapat sebuah tombol Plus (+) dan Min (-), yang nantinya dapat digunakan untuk mengatur suara pada Android.

Tombol tersebut akan selalu muncul pada layar ponsel, sehingga jika ingin mengatur Volume Hp, tinggal tekan Plus (+) untuk membesarkan Speaker dan tekan Min (-) untuk mengecilkan Speaker, tanpa harus menekan Tombol Volume pada Ponsel.

Dengan tombol yang selalu terlihat, tentu pengguna dapat mengatur Volume Ponsel setiap saat kapanpun yang diinginkan. Misalnya saja ketika bermain Game atau aktivitas lainnya.

2. Ukuran Dapat Diatur

Aplikasi pengganti Tombol Volume ini juga dapat diatur ukurannya pada layar sesuai yang dinginkan. Hal ini tentu sangat memudahkan pengguna agar tidak menghalangi tampilan utama layar ponsel tersebut.

3. Posisi Dapat Dirubah 

Selain itu posisi tombol juga dapat dirubah sesuai dengan yang diinginkan, walaupun tidak bisa dipindah ke bagian tengah halaman.

Tombol Volume akan berada pada bagian samping kanan/kiri layar ponsel dan dapat dipindah kearah bawah atau atas saja. 

Untuk memindah posisinya juga dapat dilakukan secara langsung, cukup tekan dan tahan kemudian tarik ke posisi yang diinginkan.

Dengan dapat dirubah-nya posisi tombol tentu dapat mengatasi masalah Apabila Aplikasi Tombol Volume Asisten menghalangi tampilan utama Ponsel. 

4. Warna Dan Tingkat Transparan Dapat Diatur 

Tak sampai disitu saja, untuk warna dan tingkat Transparan dapat disesuaikan. Bila pengguna menginginkan tingkat Transparan tinggi agar tidak menghalangi tampilan utama Hp, maka hal tersebut dapat dilakukan.

Menurut saya pribadi fitur yang satu ini sangat membantu sekali, sebab keseluruhan layar ponsel merupakan hal yang harus terlihat, terutama jika sedang menonton video ataupun bermain Game pada Ponsel.


2. Button Savior Non Root

Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak

Aplikasi Button Savior Non Root merupakan Aplikasi pengganti Tombol Volume Hp Android yang sangat populer hingga saat ini. Aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah.

Populer-nya Aplikasi ini sebagai pengganti Tombol Volume pada Hp adalah karena fitur-nya yang cukup keren.

Button Savior Non Root tidak hanya bisa digunakan sebagai pengganti Tombol Volume saja, namun bisa juga digunakan sebagai tombol home, back, recent, screen off, kamera dan lain-lain.

Jika tertarik dengan Aplikasi yang satu ini, silahkan langsung saja install lewat Play Store.

3. Volume Control 

Aplikasi Android Pengganti Tombol Volume

Aplikasi selanjutnya yaitu Volume Control. Ukurannya yang ringan dapat membuat Aplikasi dapat berjalan dengan lancar pada Ponsel. 

Volume Control sebenarnya lebih tepat disebut sebagai Aplikasi pengganti Menu Pengaturan Suara pada Setelan. Namun bisa juga digunakan sebagai pengganti Tombol Volume Ponsel yang rusak. 

Sebenarnya untuk mengatur Volume Ponsel dapat dilakukan lewat menu Setelan ponsel, namun untuk melakukannya perlu beberapa langkah yang tentunya cukup merepotkan. 

Dengan Aplikasi Volume Control, maka kita dapat langsung membuka Pengaturan Suara hanya dengan sekali tekan. 

4. Always Visible Volume Button (Tombol Volume Selalu Terlihat) 

Tombol Volume Selalu Terlihat

Aplikasi pengganti Tombol Volume rusak selanjutnya adalah Always Visible Volume Button. Aplikasi ini jika dijalankan akan selalu menampilkan tombol Volume  di bagian samping layar Ponsel. 

Ukuran, posisi dan warna dari Tombol Volume yang ditampilkan dapat dirubah sesuai yang diinginkan.

5. Assistive Touch Untuk Android 

Assistive Touch Untuk Android

Aplikasi Tombol Volume lain yang tak kalah keren-nya adalah Assistive Touch. Tampilan dari Aplikasi ini adalah berupa tombol bulat yang jika ditekan akan menampilkan pintasan yang telah disesuaikan, salah satunya bisa Tombol Volume. 

 Assistive Touch ini mirip seperti Tombol pintasan yang ada pada Ponsel iphone. Jadi dengan menggunakan Aplikasi ini, pengguna mendapatkan dua fungsi sekaligus.

Tertarik untuk menggunakannya, langsung saja Install pada Google Play Store.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Versi Android di Semua Merek Hp

Tombol Volume yang rusak tentu sangat membuat aktivitas menggunakan Ponsel sangat terganggu, karena tidak dapat mengatur spiker pada Hp itu sendiri, terutama jika ada keperluan yang mendesak. 

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan sebuah Aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengganti Tombol Volume Smartphone. 

Aplikasi yang dapat digunakan salah satunya ialah Tombol Volume Asisten, dimana Aplikasi ini akan menampilkan Tombol Volume pada layar ponsel setiap saat. 

Dengan Aplikasi tersebut tentu dapat digunakan untuk mengatasi masalah Tombol Volume Hp yang rusak untuk sementara waktu, sambil menunggu waktu yang tepat untuk membawa Ponsel ke tempat service.

Atau bisa juga menggunakan Aplikasi lain seperti yang sudah disebutkan pada uraian diatas, jika saja Tombol Volume Asisten dirasa fitur-nya kurang lengkap.

Sekian dan semoga membantu………….  

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "5 Aplikasi Pengganti Tombol Volume Android Yang Rusak"