Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya

Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya

Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya - Istilah Web Browser dan Search Engine pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sering berselancar di dunia Internet. 

Ya kita sudah ketahui bahwa pada jaman modern ini Internet telah berkembang begitu pesat dan menjadi alat utama komunikasi dalam berbagai bidang. 

Internet mampu menghubungkan orang-orang diseluruh dunia dan menjadi alat penyebaran informasi yang sangat cepat.

Untuk mengakses atau lebih tepatnya berselancar di Internet tak lepas dengan yang namanya Web Browser dan Search Engine. 

Kedua perangkat lunak tersebut menjadi alat utama yang digunakan untuk mengakses Internet lewat Ponsel maupun lewat sebuah komputer/Laptop dan sejenisnya. 

Banyak pengguna yang masih bingung dalam perbedaan Web Browser dan Search Engine, kebanyakan mereka yang masing menganggap bahwa keduanya sama. 

Apakah Internet Explorer termasuk Search Engine? Ini adalah salah satu contoh pertanyaan yang orang awam tanyakan. Padahal Internet Explorer merupakan sebuah Browser.

Nah pada lewat artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan perbedaan dari Web Browser dan Search Engine beserta contohnya, supaya kalian semua memahami akan kedua perangkat lunak ini.

Baca juga: Pengertian Mode Incognito, Manfaat Serta Kekurangan Dari Penggunaannya

7 Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya

Web Browser 

Web Browser/ Peramban Web/  Aplikasi Penjelajah Internet merupakan suatu Perangkat Lunak yang berfungsi untuk menampilkan data informasi yang berada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Web browser sendiri digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai macam sumber informasi yang berada di dalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud disini terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs (artikel), gambar, video, infografis, dan lain sebagainya. 

Jika disederhanakan Web Browser merupakan sebuah Aplikasi (Perangkat Lunak) yang digunakan untuk membuka Website yang berada Internet. 

Cara Kerja Web Browser 

Secara garis besar berikut cara kerja dari sebuah Browser versi Mobile maupun Desktop:

  • Pengguna Menyalakan Komputer

  • Pengguna Menghubungkan Komputer Dengan Internet

  • Pengguna Membuka Browser

  • Pengguna Membuka Website Dengan Mengetik Alamat Yang Dituju

  • Server Mengirimkan Data 

  • Data Akan Ditampilkan Pada Halaman Web Browser 

Contoh Web Browser Yang Paling Banyak Digunakan

Selanjutnya contoh Web Browser. Dibawah ini merupakan beberapa contoh Browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna diseluruh dunia.

1. Google Chrome 


Contoh Web Browser Google Chrome

Siapa yang tak kenal dengan Aplikasi Web Browser ini. Google Chrome menjadi populer semenjak populer-nya Android. 

Pada ponsel yang menggunakan Sistem Operasi Android, Google Chrome menjadi Browser bawaan pabrik. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat Chrome dan Android merupakan satu perusahaan. 

Dikutip dari republik.co.id, hingga saat ini Google Chrome digunakan lebih dari 60 persen pengguna Internet diseluruh dunia.

2. Microsoft Edge 

Contoh Web Browser Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan Browser yang dimiliki dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi Microsoft, yang saat ini menjadi Browser bawaan Sistem Operasi Windows menggantikan Internet Explorer. 

Microsoft Edge pertama kali diluncurkan versi stabil pada tanggal 4 Juni 2020. tak perlu waktu lama, Edge langsung mampu bersaing dengan Browse-Browser lain yang usianya lebih tua.

Salah satu faktor populer-nya Edge tak lepas dari performa-nya yang bagus. Edge berjalan dengan stabil dan ringan di berbagai perangkat.

3. Mozilla Firefox 

Contoh Web Browser Mozilla Firefox

Web Browser ini terbilang merupakan Browser lama. Bagi pengguna era 2000an pasti tak asing lagi dengan Mozilla Firefox. 

Mozilla Firefox rilis perdana pada tanggal 23 September 2002. Kemudian baru pada tanggal 9 November 2004 rilis Versi 1.0.  

Hanya dalam 12 hari setelah rilis perdana (23 September 2022), Mozilla langsung di-unduh sebanyak 5 juta oleh pengguna, hingga sampai tanggal 9 November 2004 telah di-unduh sebanyak 6 juta. 

Hingga saat ini Mozilla tetap sangat populer dan masih mampu bersaing dengan Browser-Browser pendatang baru.

3. Safari 

Contoh Web Browser Safari

Safari dimiliki dan dikembangkan oleh Perusahaan Apple Inc dan menjadi Browser Default dari produk Apple, yaitu MAC dan iOS. 

Safari pertama kali dirilis pada tahun 2003 untuk versi perangkat komputer dan tahun 2007 untuk versi Mobile. 

Hingga saat ini Safari telah digunakan sekitar 16% pengguna Internet diseluruh penjuru dunia. 

4. Samsung Internet Browser 

Contoh Web Browser Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser merupakan Peramban yang dikembangkan oleh Samsung. Pada awalnya Peramban atau Browser ini hanya dapat digunakan pada Ponsel Samsung saja.

Namun kini telah dapat digunakan pada Hp Android di semua merek.Untuk menggunakan Samsung Internet Browser bisa langsung Install melalui Google Play Store. 

Browser dari Samsung ini memiliki kelebihan yaitu sangat ringan dan cepat ketika digunakan, hal tersebut karena Samsung Internet Browser bebas dari iklan.

5. Opera 

Contoh Web Browser Opera

Web Browser Opera juga merupakan Peramban yang populer dan banyak digunakan. Opera digunakan sekitar 6% oleh para pengguna internet untuk perangkat komputer dan 11% untuk perangkat Mobile. 

Kelebihan opera adalah sangat stabil  dan ringan ketika digunakan untuk berselancar di Internet. Selain itu ada juga versi Opera Mini yang dapat berjalan dengan sangat baik di perangkat yang memiliki spesifikasi rendah.

6. UC Browser

Contoh Web Browser UC Browser

Perambah lain yang tak kalah populer baru-baru ini adalah UC Browser. UC Browser sangat terkenal dengan keuggulannya yang hemat data.

Saat digunakan untuk searching, UC Browser bisa mengecilkan data Browsing yang membuat pemakaian data lebih hemat jika dibandingkan dengan Browser lain.

Selain itu kelebihan UC Browser adalah sangat baik ketika digunakan untuk Download. Banyak pengguna yang sering melakukan Download memilih menggunakan UC browse. 

7. Internet Explorer

Contoh Web Browser Internet Explorer

Internet Explorer dikembangkan oleh Microsoft dan menjadikan Browser default (Bawaan) pada Sistem Operasi Windows, namun kini sudah tidak digunakan lagi dan digantikan dengan Microsoft Edge. 

Walaupun begitu saat ini masih ada juga yang menggunakan, terutama bagi mereka pencinta Windows Old (Windows XP dan Vista) meskipun sangat sedikit jumlahnya.

Internet Explorer pernah sangat populer pada tahun 2002-2003, dimana digunakan sampai sekitar 95% dari pengguna Internet kala itu.



Search Engine 

Search Engine berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya “Mesin Pencari”. Search Engine digunakan untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. 

Hasil dari pencarian lewat Search Engine adalah berupa daftar konten berdasarkan kata kunci  yang di ketik dan konten tersebut berasal dari berbagai Website. 

Dengan menggunakan Search Engine akan mempermudah dalam pencarian Informasi di Internet sesuai yang pengguna inginkan. 

Untuk lebih memahami mengenai Search Engine, bayangkan saja Search Engine itu ibarat seperti penjaga perpustakaan, dimana penjaga perpustakaan dapat mencarikan buku sesuai yang kita inginkan dalam perpustakaan.

Untuk menggunakan Search Engine pengguna harus menggunakannya lewat Web Browser. 

Sementara untuk menggunakan Web Browser tidak harus dengan Search Engine. Namun hampir semua Browser saat ini , sudah terintegrasi dengan Search Engine. 

Search Engine memiliki Data Base yang digunakan untuk menyimpan atau menampung data Website yang ada diseluruh dunia.


Cara kerja Search Engine 

Dibawah ini merupakan cara kerja Search Engine secara singkat: 

  • Pengguna Menyalakan Komputer

  • Pengguna Menghubungkan Komputer Dengan Internet

  • Pengguna Membuka Browser

  • Pengguna Mencari Informasi (Konten) Dengan Mengetik Kata Kunci

  • Search Engine Menampilkan Daftar Informasi (Konten) Sesuai Dengan Kata Kunci Yang Dimasukkan


Contoh Search Engine 

1. Google 

Contoh Search Engine Google

Saat ini Google menjadi Search Engine yang sangat populer, dan paling banyak digunakan ole para pengguna Internet diseluruh dunia. Siapa yang tak kenal dengan mesin pencari ini. 

Setidaknya Google menguasai  71.24% pencarian pada perangkat komputer di seluruh dunia. Dan  pencarian versi Mobile tidak kurang dari 92.33% pencarian.

Kepopulerannya tak lepas karena performa-nya yang sangat baik dalam mencarikan Informasi (Konten) bagi pengguna. 

Google mampu mencarikan Informasi (Konten) yang sangat relevan sesuai yang dicari pengguna, berdasarkan kata kunci yang diketik-kan.

Search Engine Google dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google Inc, dan terintegrasi di berbagai banyak Web Browser, terutama Google Chrome.

2. Bing 

Contoh Search Engine Bing

Bing menempati peringkat kedua dalam jumlah pengguna. Sekitar 12,69% pengguna Internet diseluruh dunia menggunakannya. 

Bing dikembangkan oleh Microsoft dan menjadi mesin pencari default pada Sistem Operasi Windows. Sementara pada Browser Microsoft Edge, Bing sudah terintegrasi pada Browser tersebut. 

Hingga saat ini pihak Microsoft terus mengembangkan Bing agar lebih baik lagi dalam memberikan hasil pencarian untuk para pengguna. Hal ini tentu saja merupakan salah satu upaya untuk menandingi Google.

3. Baidu 

Contoh Search Engine Baidu

Baidu merupakan Search Engine yang paling populer di China. Didirikan pada tahun 2000 dan langsung menguasai pasar Internet di China. 

Baidu memang dapat digunakan diseluruh dunia, namun hanya tersedia dalam bahasa Mandarin. Baidu didesain untuk difokuskan penggunaannya didalam negara China saja, berbeda dengan Search Engine lainnya.

4. DuckDuckGo

Contoh Search Engine DuckDuckGo

Jika ingin Privasi pengguna aman maka sebaiknya bisa menggunakan mesin pencari DuckDuckgo. Search Engine ini terkenal dengan masalah keamanan Privasi penggunanya.

DuckDuckGo tidak menyimpan serta tidak melakukan tracking informasi pencarian yang dilakukan pengguna. Alhasil, pengguna pun serasa berselancar di mode incognito. 

Untuk saat ini pengguna DuckDuckGo hanya sekitar 1,5 Miliar perbulan. Bandingkan dengan Google yang memiliki pengguna 3,5 Miliar perhari.

Meskipun terkenal dengan keamanan Privasi, namun DuckDuckGo memiliki kekurangan, yaitu hasil pencarian tidak sekompleks Google.

5. Yandex

Contoh Search Engine Yandex

Yandex merupakan Mesin Pencari yang berasal dari rusia, sangat populer dan digunakan di negara Kazakhstan, Belarus, Turki, dan Ukraina. 

Hasil pencarian dari Yandex sangat bagus untuk bahasa Rusia, jika dibandingkan lainnya dan banyak yang mengatakan pencarian gambarnya (reverse image tool) menjadi yang terbaik.

Nah bagi yang bosan dengan Search Engine Google, mungkin bisa menggunakan Yandex sebagai alternatif sementara.

6. Yahoo!

Contoh Search Engine Yahoo!

Search Engine ini sangat populer pada tahun 2000an, Yahoo menjadi pembuka dibukanya era Digitalisasi. Kala itu Yahoo mengenalkan pengguna mengenai email, chat, dan program mesin pencarian.

Namun kini Yahoo semakin sepi peminat, hal tersebut terlihat yang saat ini Yahoo hanya digunakan sekitar 2,15% dari pangsa pasar dunia. Ter0banding terbalik dengan Google yang dulu sempat ditawarkan ke Yahoo. 

7. Search Encrypt

Contoh Search Engine Search Encrypt

Search Encrypt hampir mirip dengan DuckDuckGo, yaitu mengutamakan masalah Privasi pengguna. Mesin Pencari ini mengkombinasikan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data User. 

Masih sama juga dengan DuckDuckGo, bahwa Search Encrypt juga memiliki kekurangan hasil pencarian yang kurang kompleks jika dibandingkan dengan Google. 


Perbedaan Web Browser dan Search Engine 

Untuk lebih memahami kedua Perangkat Lunak ini, maka dibawah ini merupakan perbedaannya yang mendasar: 

Web Browser 

  • Web Browser merupakan Software (Perangkat Lunak) yang berdiri sendiri, untuk menggunakannya harus melakukan Instalasi pada Perangkat komputer yang digunakan.

  • Web Browser memiliki fungsi utama untuk mengakses Internet dan membuka Website yang berbasis WWW.

  • Tidak membutuhkan Data Base, namun hanya memerlukan memori untuk menyimpan data cache dan cookies.


Search Engine

  • Search Engine merupakan bagian dari Browser, dimana untuk menjalankannya cukup menggunakan segala jenis Web Browser.

  • Fungsi Utama Search Engine untuk mencari Informasi yang terdapat pada Website berdasarkan kata kunci yang diketik.

  • Memiliki Data Base yang digunakan untuk menampung data Website di seluruh dunia.

Baca juga: 20 Fungsi Tombol Windows Di Keyboard Yang Harus di Ingat

Itulah penjelasan mengenai Contoh Web Browser dan Search Engine serta perbedaannya. Dengan adanya uraian diatas saya harap kalian semua memahaminya.

Pada intinya Web Browser merupakan Aplikasi atau Software yang digunakan untuk berselancar di Internet. 

Sedangkan Search Engine merupakan bagian dari Internet, dimana dengan adanya Search Engine dapat memudahkan dalam aktivitas berselancar di Internet. 

Sekian dan semoga bermanfaat………..

Referensi:
https://hot.liputan6.com/read/4566063/12-macam-macam-web-browser-ketahui-fungsi-dan-cara-menggunakannya
https://www.teknovidia.com/perbedaan-web-browser-dan-search-engine/

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "8 Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya"