Widget HTML #1

Pengertian Dan Cara Scroll di Laptop/PC

Pengertian Dan Cara Scroll di Laptop/PC

Pengertian Dan Cara Scroll di Laptop/PC. Mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan istilah Scroll. Saya juga yakin kalian para pengguna Desktop juga sudah bisa melakukannya. Namun tahukah kalian apa itu Scroll?

Dalam aktivitas penggunaan Desktop melakukan scroll merupakan hal yang biasa bahkan selalu dilakukan. Dengan melakukan scroll kita dapat melihat bagian lain pada halaman yang sedang dibuka. 

Scroll dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara yang paling mudah yaitu dengan tombol scrolling pada mouse. Hanya dengan menggulir tombol scroll pada mouse halaman akan secara otomatis bergeser sesuai yang kita inginkan. 

Mengingat begitu pentingnya scroll ini, setiap aplikasi atau software juga selalu memiliki fitur scroll yang berupa Scroll Bar, yang biasanya terletak pada bagian pojok kanan dan bagian bawah laman. 

Pengertian Scroll 

Scroll berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia (Via Google Translate) artinya menggulir. 

Dengan kata lain scroll adalah menggulir/menggeser bagian suatu halaman ke arah atas/bawah/samping kanan/samping kiri, yang bertujuan untuk melihat bagian lain halaman tersebut yang sebelumnya tidak terlihat.

Pada setiap halaman Desktop jika memiliki banyak bagian, maka tidak semuanya ditampilkan semuanya dalam satu halaman saja, tetapi akan ditampilkan menjadi beberapa bahkan banyak halaman. Sementara untuk melihat halaman lain tersebut kita perlu melakukan scrolling.

Contoh di sini misalnya kita membuka sebuah file Word yang memiliki 100 halaman, maka 100 halaman tersebut tidak ditampilkan semuanya, hanya akan ditampilkan per halaman saja. 

Apa Itu Scroll Bar?

Apa Itu Scroll Bar?

Scroll Bar adalah menu navigasi pada halaman Desktop (komputer atau laptop) yang digunakan untuk melakukan scroll. 

Scroll Bar terletak di bagian pojok kanan (Vertikal Scroll Bar) dan di bagian bawah (Scroll Bar Horizontal) yang berupa garis strip memanjang. 

Untuk melakukan scroll bisa dengan menggerakkan Scroll Bar dengan cara klik dan tahan kemudian tarik ke bawah atau ke atas (Scroll Bar Vertikal), tarik ke kanan atau kiri (Scroll Bar Horizontal).

Ataupun jika kita melakukan scroll dengan mouse, maka Scroll Bar juga akan bergerak mengikuti arah scroll yang kita lakukan. 

Baca juga: 4 Cara Mematikan Touchpad Laptop Windows

Cara Scroll di Laptop atau PC

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa  melakukan scroll dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Cara yang bisa dilakukan ialah lewat mouse, keyboard, dan Touchpad jika pada laptop. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

1. Lewat Keyboard 

Nah yang pertama adalah melalui keyboard. Untuk scroll lewat keyboard sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, lewat tombol arah dan lewat tombol Page Up/Page Down. 

a. Lewat Tombol Arah

Cara Scroll di Laptop/PC

Lewat tombol arah sebenarnya lebih berfungsi untuk memindah letak/posisi kursor (tanda yang berkedip pada layar monitor). Namun sebenarnya bisa juga untuk melakukan scroll.

Misalkan saat membuka dokumen pada Word, jika kita menekan tombol arah pada keyboard maka kursor akan berpindah sesuai tombol arah yang kita tekan. Jika kursor berpindah ke halaman lain maka secara otomatis halaman akan bergulir/berpindah ke bagian lain juga. Secara otomatis hal ini merupakan tindakan scroll.

Pada kasus lain, misalnya kita membuka halaman web, kemudian kita menekan tombol arah, biasanya akan melakukan scrolling. 

Pada intinya akan tergantung pada halaman yang kita buka, apakah nanti tombol arah akan berfungsi memindahkan kursor atau berfungsi sebagai scroll. Namun pada intinya sama saja. 

Caranya:

  • Silakan tekan tombol arah atas (untuk scroll ke atas), arah bawah (untuk scroll bawah), arah kanan (untuk scroll ke kanan) dan arah kiri (untuk scroll ke kiri).


b. Lewat Tombol PgUp, PgDn, Home dan End

Cara Scroll di Laptop/PC

Untuk scroll lewat keyboard bisa juga dilakukan melalui tombol lain. Tombol lain tersebut ialah tombol Page Up (PgUp), Page Down (PgDn), Home dan End. 

Namun perlu diketahui jika tombol-tombol tersebut hanya bisa digunakan untuk scroll ke bawah dan ke atas saja

Sementara scroll yang dilakukan di sini adalah scroll antar halaman yang terlihat pada monitor. Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa coba sendiri. 

Caranya: 

  • Tekan tombol Page Up (PgUp) : Untuk Scroll ke halaman di atas

  • Tekan tombol Page Down (PgDn): Untuk Scroll ke halaman di bawah

  • Tekan tombol Home : Untuk scroll langsung ke bagian awal

  • Tekan tombol End: Untuk scroll langsung ke bagian akhir 


2. Lewat Scroll Bar 

Cara Scroll di Laptop/PC

Untuk cara yang satu ini, pasti kalian sudah pada tahu. Pada setiap jendela halaman yang kita buka pada Desktop, jika memiliki banyak halaman, maka Scroll Bar secara otomatis akan muncul pada bagian sebelah kanan dan bawah halaman. 

Caranya: 

  • Klik dan tahan Scroll Bar Vertikal, kemudian tarik ketas atau ke bawah (untuk scroll ke atas/bawal).

  • Klik dan tahan Scroll Bar Horizontal, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri (untuk scroll ke kanan/ke kiri).

  • Atau bisa juga dengan mengeklik icon panah kecil pada ujung Scroll Bar.


3. Dengan Menggulir Tombol Scroll Mouse 

Cara Scroll di Laptop/PC

Bagi pengguna mouse untuk melakukan scroll dapat juga melalui tombol scroll (gulir). Tombol gulir pada mouse terletak di antara klik kanan dan klik kiri, berupa roda kecil yang dapat di gulir dengan jari kita. 

Tombol scroll pada mouse dapat juga untuk merubah setelan (pengaturan) tertentu, misalkan mengecilkan volume pada video Youtube yang kita tonton. Arahkan saja pointer pada icon volume, kemudian gulir tombol scroll mouse, maka volume akan berubah. 

Cara scroll dengan tombol scroll mouse: 

  • Gulir tombol scroll mouse maju, untuk scroll ke atas laman

  • Gulir tombol scroll mouse mundur, untuk scroll ke bawah laman

  • Sedangkan untuk scroll ke arah kanan atau kiri, kita harus mengarahkan terlebih dahulu pointer ke Scroll Bar Horizontal kemudian gulir maju (scroll ke kiri) dan gulir ke mundur (scroll ke kanan).


4. Lewat Touchpad 

Cara Scroll di Laptop/PC

Nah cara yang selanjutnya adalah melalui Touchpad pada laptop. Selain untuk menggerakkan pointer, melakukan klik kanan atau klik kiri, Touchpad sekarang ini juga sudah mendukung fitur scroll. 

Namun perlu diketahui jika fitur ini hanya terdapat pada laptop keluaran terbaru. Sedangkan laptop lama belum mendukung. 

Scroll lewat Touchpad hanya bisa dilakukan pada laptop yang sudah mendukung Smart Touchpad. 

Tapi bagi yang laptopnya belum mendukung Smart Touchpad  tetap bisa menggunakan fitur ini, jadi tenang saja. 

Jika laptop kalian belum mendukung Smart Touchpad, silakan terlebih dahulu download dan install aplikasi Asu Smart Gesture, lewat link berikut: https://www.asus.com/id/support/FAQ/1009613/

Berikut cara scroll lewat Touchpad: 

  • Ucap Touchpad dengan dua jari, maju (scroll ke atas laman) dan mundur (scroll ke bawah laman)

  • Ucap  Touchpad dengan dua jari, ke kanan (scroll kebagian kanan laman) dan ke kiri (scroll kebagian kiri laman)


5. Cara Scroll Otomatis 

Kemudian kita juga dapat melakukan scroll otomatis, nantinya laman akan bergerak sendiri ke arah(bagian) yang kita inginkan secara berlahan-lahan. 

Kecepatan scroll juga dapat kita tentukan, sehingga nanti bisa kita tentukan sendiri sesuai yang kita inginkan. 

Scroll otomatis ini dapat kita lakukan melalui tombol scroll pada mouse, kita hanya perlu menekan sekali kemudian menggerakkan mouse ke arah yang diinginkan, maka yang terjadi selanjutnya scroll otomatis. 

Untuk lebih jelasnya berikut caranya: 

  • Tekan sekali tombol scroll pada mouse

    Silakan tekan tombol scroll pada mouse sekali saja, selanjutnya pointer akan berubah.

  • Lalu Gerakkan Mouse Ke Arah Scroll Yang diinginkan

    Gerakkan sedikit saja jika ingin Scroll secara pelan-pelan dan jika ingin lebih cepat bisa menambah gerakan mouse.

  • Untuk Menghentikan Scroll

    Sementara untuk menghentikan scroll tinggal arahkan kembali pointer pada posisi semula (posisi saat menekan tombol scroll mouse).

    Atau bisa juga dengan langsung menekan tombol scroll pada mouse sekali, sampai pointer berubah menjadi icon panah kembali

Baca juga: 6 Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

Nah itulah tadi mengenai cara scroll di laptop dengan keyboard, selain lewat keyboard bisa juga melalui beberapa cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jadi cara mana yang menjadi pilihan kalian? Silakan pilih sesuai dengan yang kalian sukai. Kalau saya pribadi scroll yang menggunakan tombol scroll mouse, hal ini karena saya lebih dominan menggunakan mouse, walaupun saya sebenarnya saya pengguna laptop. 

Sekian dan semoga membantu……………….

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Scroll di Laptop/PC"