Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Cek Keyboard Laptop Secara Offline/Online

Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

Keyboard merupakan salah satu alat Input yang sangat peting dalam sebuah laptop atau komputer. Tanpa keyboard tentu Desktop tidak akan dapat di berfungsi sebagai mana mestinya. Nah untuk itu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara cek keyboard laptop Offline/Online. 

Keyboard terdiri dari banyak tombol, salah satu saja ada tombol yang rusak atau tidak berfungsi (terutama tombol yang sering digunakan, seperti tombol huruf dan angka) maka membuat keyboard tidak dapat digunakan. 

Jika laptop miliki kita sendiri yang biasa kita gunakan sehari-hari dalam mengolah data atau kegiatan lainnya, mendeteksi kerusakan keyboard tentu bukan lah sulit. Sebab kita akan langsung mengetahui (menyadari) ketika menekan tombol yang rusak tersebut. 

Sementara jika kita ingin ingin membeli sebuah laptop bekas, jika ada kerusakan keyboard sedikit agak sulit kita deteksi, terutama pada tombol-tombol yang jarang digunakan. 

Oleh karena itu kita perlu mengecek kesehatan keyboard jika akan membeli laptop bekas. Apakah ada tombol keyboard yang mati atau tidak. 

Sebenarnya untuk mengecek kerusakan keyboard dapat dilakukan dengan mudah, kita dapat melakukan secara Online maupun Offline. 

Baca juga: Cara Main Game Dinosaurus di Hp dan Laptop (Online/Offline)

Cara Cek Keyboard Laptop/PC secara Offline dan Online 

#Secara Online 

Karena dilakukan secara Online tentu laptop kita harus terhubung atau terkoneksi ke Internet. Jadi sebelum ke tahap selanjutnya siapkan dahulu koneksi-nya.

Kelebihan cara ini adalah sangat simple, karena kita hanya perlu membuka browser saja, tanpa harus install aplikasi terlebih dahulu.

1. Lewat  KeyboardChecker.com

Cara yang pertama secara Online adalah melalui situs KeyboardChecker.com. Kita hanya perlu mengunjungi situs tersebut maka akan langsung dapat menggunakannya.

Tampilan-nya juga sangat simple dan mudah digunakan saat melakukan pengecekan tombol keyboard. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Browser
    Silahkan buka browser kesayangan kalian (bebas).

  • Kunjungi Situs https://keyboardchecker.com/

  • Lakukan Pengecekan

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Jika berwarna hijau artinya tombol berfungsi dan sebaliknya jika tidak tidak berwarna maka tombol bermasalah.


2. Lewat IObit.com

 IObit terkenal dengan aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk mengoptimalkan sistem komputer maupun laptop, misalnya aplikasi Uninstaller, anti virus dan masih banyak lagi.

Namun ternyata  IObit juga mengeluarkan aplikasi untuk pengecekan keyboard laptop maupun PC, yang dapat dilakukan secara Online. 

Tidak hanya itu, ternyata  IObit juga melindungi privasi pengguna dengan cara tidak menyimpan apa yang diketik saat melakukan pengetesan keyboard ke data base mereka. Nah menarik bukan.

Caranya sebagai berikut:

  • Buka Browser Kalian

  • Kunjungi alamat situs https://www.iobit.com/en/keyboard-test.php

  • Lakukan Pengecekan

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Tombol keyboard yang normal akan berwarna hijau saat ditekan dan setelahnya akan berubah menjadi agak gelap. Sementara tombol yang bermasalah sebaliknya. 


3. Lewat En.key-test.ru

Yang selanjutnya tak kalah kere yaitu melalui  situs En.key-test.ru. Tampilan-nya sangat simple dan elegan. 

Uniknya kita dapat juga mengecek mouse ataupun Touchpad laptop namun hanya sebatas klik kiri, klik kanan dan klik tombol Scroll. 

Selain itu juga ada dua opsi atau pilihan yang diberikan, keyboard laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows atau MAC. 

Berikut caranya:


4. Lewat Keyboardtester.com

Kemudian yang terakhir dalam melakukan pengecekan keyboard laptop/PC secara Online dapat dilakukan melalui situs Keyboardtester.com. 

Keyboardtester.com juga memiliki tampilan yang simple dan sederhana, sehingga tidak membingungkan pengguna. 

Berikut cara menggunakannya:


#Secara Offline 

Jika tadi secara Online sekarang secara Offline. Secara Offline tidak membutuhkan koneksi internet, namun kita harus melakukan instalasi aplikasi cek keyboard. 

Nah berikut aplikasi cek keyboard yang dapat digunakan dengan sangat mudah:

1. Passmark KeyboardTest

Yang pertama adalah Passmark KeyboardTest, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Passmark Software dan dapat di gunakan pada Sistem Operasi Windows. 

Banyak fitur yang ditawarkan Passmark KeyboardTest, misalnya saja mendukung 100 jenis keyboard dan dapat digunakan untuk pengecekan led keyboard. 

Berikut cara menggunakannya: 

Langkah 1 (Download File Instalasi Passmark KeyboardTest)

Sebelum menginstall-nya tentu kita membutuhkan file Installer, untuk mendownload berikut caranya: 

Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

Langkah 2 (Install Passmark KeyboardTest)

Jika file Installer sudah berhasil di download, selanjutnya melakukan Instalasi, berikut langkah-langkahnya: 

  • Cari File Installer Passmark KeyboardTest

    Silahkan cari dimana File Installer Passmark KeyboardTest yang sudah di download tadi tersimpan. Biasanya terdapat pada folder download di File Explorer.

  • Jalankan File (Klik 2X)

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Pilih RUN

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Pilih Yes

  • Tentukan Bahasa lalu OK

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Pilih I accept teh agreement, lalu Klik Next

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Tentukan Lokasi Penginstalan, lalu Klik Next

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Jika ingin merubah lokasi penginstalan, silahkan klik browser lalu tentukan dimana aplikasi akan di Install.

    Namun dalam contoh disini saya tidak merubah-nya, jadi secara otomatis akan di Install pada partisi sistem (C).

  • Klik Next Lagi

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Beri Checklist Create a desktop shortcut, lalu Next

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Jika aplikasi ingin di buat shortcut pada halaman home (desktop) maka silahkan beri checklist pada Create a desktop shortcut. Namun jika tidak ingin maka tidak usah di checklist.

  • Klik Install

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Klik Finish

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Jika proses install sudah selesai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Silahkan klik finish.

    Namun jika aplikasi tidak ingin langsung di jalankan, maka hilangkan checklist Launch KeyboardTest.

  • Selesai 


Langkah 3 (Melakukan Pengecekan Keyboard)

Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

Setelah aplikasi berhasil di Install, untuk memulai pengecekan silahkan jalankan aplikasi yang terdapat pada halaman desktop atau menu Start. Atau bisa juga kalian cari pada folder dimana kalian tadi memilih lokasi instalasi. 


2. Keyboard Test Utility

Aplikasi yang kedua untuk mengecek keyboard adalah Keyboard Test Utility. Kelebihan aplikasi ini adalah portable, sehingga tidak perlu melakukan install. Kita bisa langsung membuka dan menggunakannya. 

Berikut caranya: 

  • Download Keyboard Test Utility

    Untuk mendownload Keyboard Test Utility dapat dilakukan melalui alamat berikut: https://softfamous.com/keyboard-test-utility/

  • Jalankan Keyboard Test Utility

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Jika file Keyboard Test Utility sudah berhasil di download, silahkan langsung jalankan saja dengan cara klik 2X.

  • Pilih Run

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

  • Lakukan Pengecekan

    Cara Cek Keyboard Laptop Offline/Online

    Selanjutnya silahkan lakukan pengecekan terhadap keyboard laptop atau komputer kalian.


Tips Agar Keyboard Laptop Tidak Cepat Rusak

  1. Jauhkan Laptop Dari Air

    Kita sudah ketahui jika air merupakan sesuatu yang membahayakan bagi perangkat elektronik apapun. Air dapat menyebabkan arus pendek atau korsleting yang menyebabkan kerusakan pada komponen perangkat elektronik, salah satunya keyboard.

    Agar keyboard ataupun laptop itu sendiri tidak cepat rusak, usahakan jauhkan dari air.

    Kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna adalah meletakkan teh atau kopi di dekat laptop, dimana hal ini bisa saja air dalam gelas dapat tumpah mengenai laptop karena tersenggol tangan.

    Memang beraktivitas menggunakan laptop sambil minum teh, kopi atau minuman lainnya dapat membuat semangat, namun kita juga harus berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada laptop kita.


  2. Jangan Menekan Keyboard Terlalu Keras

    Sering menekan tombol keyboard terlalu keras tentu merupakan hal yang tidak baik, sebab bisa membuat komponen tombol keyboard cepat rusak.

    Berbeda dengan keyboard eksternal dimana memiliki kualitas lebih kuat, sementara keyboard laptop didesain minimalis dan ringan yang membuatnya tak sekuat keyboard eksternal.

    Dari pengalaman biasanya tombol enter yang sering ditekan dengan keras, ketika pas lagi kesel hehehhhe. Jadi intinya hindari menekan tombol terlalu keras. 


  3. Bersihkan Secara Berkala

    Kotoran yang masuk ke sela-sela keyboard jika dibiarkan akan membuat tombol terasa keras saat di tekan, parahnya tombol juga bisa mati atau tidak berfungsi.

    Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bersihkan laptop secara berkala, agar keyboard maupun komponen lain dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

    Alangkah lebih baik jika laptop dibongkar dan dibersihkan secara keseluruhan, semua komponen-komponen yang kotor si bersihkan.

    Namun jika tidak bisa membongkar laptop, sementara laptop di rasa sudah sangat kotor, membawa laptop ke tempat service untuk dibersihkan, itu merupakan tindakan yang sangat tepat.


  4. Gunakan Pelindung keyboard

    Tips yang selanjutnya adalah menggunakan pelindung keyboard. Dengan pelindung ini akan membuat keyboard terjaga dari kotoran yang berupa debu atau lainnya, serta dapat juga melindung dari air.

    Meskipun tidak 100% menjamin terlindungi. Namun setidaknya kita meminimalkan hal-hal yang dapat membuat keyboard laptop cepat rusak.

    banyak pelindung keyboard yang dijual pada toko komputer. Pelindung keyboard biasanya bertesktur elastis serta transparan, yang diletakkan diatas keyboard laptop. 


  5. Menggunakan Keyboard Eksternal

    Menggunakan keyboard eksternal pada keyboard, menurut saya pribadi merupakan salah satu dalam menjaga keyboard laptop agar tidak cepat rusak.

    Dengan adanya keyboard eksternal, keyboard laptop akan jarang digunakan, dimana hal ini akan membuat keyboard laptop lebih awet.

    Keuntungan lain menggunakan keyboard eksternal adalah lebih nyaman saat di gunakan mengetik, terutama bagi yang sering menggunakan komputer. Ukurannya lebih besar sehingga lebih leluasa, serta feelnya lebih terasa.

    Apalagi jika menggunakan keyboard mechanical, dimana kualitas ketahanan dan kenyamanan-nya sudah tidak diragukan lagi.

    Sementara kelemahannya menggunakan keyboard eksternal adalah kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya. 

Baca Juga: Cara Buka Youtube di Laptop Dengan Atau Tanpa Browser

Nah itulah tutorial yang dapat saya sampaikan mengenai cara cek keyboard Offline maupun Online , dimana ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Silahkan gunakan mana yang menurut kalian paling cocok dan mudah digunakan.

Mengecek keyboard biasanya dilakukan ketika akan membeli laptop bekas, dimana kita dapat memeriksa terlebih dahulu  apakah ada kerusakan pada keyboard-nya.

Atau bisa juga digunakan ketika ingin memperbaiki keyboard, dimana kita harus mendeteksi-nya terlebih dahulu mana tombol yang bermasalah.

Sekian dan semoga membantu………………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "6 Cara Cek Keyboard Laptop Secara Offline/Online"