Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Membuka Windows Security dan Menonaktifkannya

Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuka Windows Security dan menonaktifkannya pada laptop maupun PC. Sebenarnya cara membukanya sangat mudah dan simple, namun mungkin saja ada yang masih bingung. Oleh sebab itu simak penjelasannya berikut. 

Ada banyak alasan mengapa kita ingin membuka Windows Security, misalnya saja melakukan Update Windows Security, Scan Virus dan masih banyak lagi. 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuka Windows Security, salah satunya melalui Menu Start. Namun sebelum membahas bagaimana cara membukanya, kita bahas terlebih dahulu sebenarnya apa itu Windows Security?

Pengertian Windows Security 

Sesuai dengan namanya “Security” yang berarti Keamanan, Windows Security merupakan sebuah aplikasi Anti Virus dari Microsoft. Aplikasi ini sudah terpasang sejak Sistem operasi Windows terpasang atau diinstall. 

Windows Security menjadi Aplikasi bawaan sekaligus fitur dari OS Windows. Aplikasi ini digunakan untuk menangkal dan melindungi komputer dari berbagai serangan Virus berbahaya.

Pada setelan default, Windows Security sudah otomatis aktif atau berjalan saat komputer di nyalakan. Jadi meskipun tanpa mengaktifkan aplikasi ini sudah otomatis aktif. Hal tersebut guna melindungi komputer saat digunakan dalam berbagai aktifitas. 

Perbedaan  Windows Security dan Windows Defender

Windows Security maupun Windows Defender memiliki fungsi yang sama, hanya namanya saja yang berbeda.

Nama Windows Security digunakan pada Windows 10 dan 11, sedangkan pada versi Windows 8 ke bawah namanya Windows Defender. 

Baca juga: 2 Cara Install Zoom di Laptop Windows 10/11

Cara Membuka Windows Security

Nah ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuka Windows Security, kita bisa memilih mana yang lebih muda dan simple. 

Berikut caranya:

A. Melalui Taskbar 

Cara yang pertama melalui Taskbar. Biasanya Windows Security akan muncul pada Taskbar sebelah kanan yang menandakan Aplikasi ini sedang aktif. 

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Icon panah Kecil pada Taskbar sebelah kanan 

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  2. Klik Icon Windows Security 



  3. Secara otomatis Windows Security akan terbuka 


B.Melalui Menu Start 

Cara yang selanjutnya melaui Menu Start. Windows Security akan terdapat di sana bersamaan List aplikasi-aplikasi lainnya yang terpasang pada komputer.

Berikut caranya: 

  1. Klik Start 
  2. Scroll Ke Bawah 
  3. Cari dan Klik Windows Security 

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  4. Selesai 


C. Lewat Windows Search

Kita juga bisa membukakannya melalui Windows Search, kita tinggal mengetik-kan “Windows Security” pada kolom pencarian, maka hasil pencarian akan langsung di tampilkan. 

Caranya:

1.Buka Windows Search 

2.Ketik Windows Security pada kolom pencarian

3.Klik atau pilih Windows Security Pada Hasil Pencaharian

Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

4.Selesai 


D. Lewat Windows Settings 

Cara yang selanjutnya yaitu melalui Windows Settings. Windows Security terletak atau terdapat pada kategori Privacy & Security. 

Berikut caranya: 

  1. Buka Windows Settings 
  2. Pilih atau Klik Privacy & Security
  3. Pilih Windows Security 
  4. Klik Open Windows Security 

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  5. Selesai 

Menonaktifkan Windows Security

Kemudian cara mematikan atau menonaktifkannya. Mungkin saja kalian ingin mematikan Windows Security untuk hal tertentu. untuk mematikannya juga sangat mudah dan simple. 

Beikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Windows Security 
    Silahkan buka Windows Security dengan cara yang sudah di jelaskan di atas. Kita bisa menggunakan cara yang menurut kita paling mudah dan simple. 

  2. Klik Virus & threat protection pada halaman Home

    Cara Membuka Windows Security dan Menonaktifkannya

    Setelah Windows Security terbuka, silahkan pilih halaman Home kemudian Klik Virus & threat protection.

  3. Cari Virus & threat protection settings, kemudian  Klik Manage settings

    Cara Membuka Windows Security dan Menonaktifkannya

    Selanjutnya silahkan Scrool ke bawah dan carai Virus & threat protection settings, setelah ketemu klik Manage settings.

  4. Matikan Real-time protections 

    Cara Membuka Windows Security dan Menonaktifkannya

    Untuk mematikan Windows Settings, silahkan matikan pada opsi Real-time protections. 

  5. Selesai 

Tips Menggunakan Windows Security

Nah berikut tips agar Windows Security dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya. Windows Security yang berjalan maksimal akan mempengaruhi tingkat keamanan komputer kita.

1. Jangan Matikan Windows Security 

Mengingat bahwa Windows Security merupakan aplikasi yang sangat penting, yang digunakan dalam melindungi Komputer dari serangan Virus berbahaya. Sebaiknya jangan mematikan aplikasi ini jika kalian tidak ingin komputer terkena Virus.

Jika memang sedang mematikan Windows Security, jangan digunakan untuk mengakses Internet atau menancapkan penyimpanan Internet. Sebab biasanya Virus datang paling sering dari Internet dan media penyimpanan eksternal seperti Flashdisk dan Hardisk. 

2. Lakukan Aksi Jika Muncul Notifikasi Dari Windows Security 

Windows Security akan menampilkan Notifikasi atau pemberitahuan jika ada potensi berbahaya. Misalnya ada file atau aplikasi yang di curigai, biasanya Windows Security akan memberitahu melalui notifikasi yang muncul pada bagian sebelah kanan layar Desktop. 

Untuk selanjutnya jika muncul notifikasi segera lakukan aksi dengan cara mengklik notifikasi tersebut. Jika ada file mencurigakan segera remove dan juga jangan lupa Scan Windows Security.

3. Selalu Update Windows Security 

Virus-Virus komputer yang berbahaya terus berkembang (dikembangkan) oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, yang gunanya untuk menembus keamanan komputer. 

Agar Windows Security dapat menangkal Virus jenis baru, tentunya Windows Security juga harus yang terbaru. Oleh sebab itu sebaiknya selalu Update versi-nya ke paling yang terbaru. 

Untuk melakukan Update Windows Security berikut caranya: 

  1. Buka Windows Security 
  2. Klik Virus & threat protection 

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  3. Scroll Ke Bawah dan Cari Virus & threat protection 
  4. Lalu Klik Protection Updates

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  5. Kemudian Klik Check for updates 

    Cara Membuka Windows Security dan Pengertiannya

  6. Jika terdapat Update, maka Windows Security akan secara otomatis di perbarui 

Baca juga: 6 Cara Membuka Microsoft Store di Windows 10/11

Sebenarnya masih banyak juga aplikasi Antivirus lainnya yang dapat digunakan, namun saya pribadi hanya menggunakan Windows Security saja. Windows Security saya rasa sudah cukup, asalkan selalu di Update ke Versi terbarunya. 

Nah itulah tadi tutorial sederhana mengenai bagaimana cara membuka Windows Security dan menonaktifkannya, yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tentunya. Ada beberapa cara yang dapat di gunakan, kita tinggal memilih mana yang menurut kita paling mudah. 

Atau mungkin kalian sebenarnya sudah tahu cara membuka Windows Security. Namun dengan penjelasan di atas mungkin akan lebih menambah pengetahuan, sehingga dapat melakukan dengan cara yang berbeda dalam membuka aplikasi ini (tidak dengan cara yang itu-itu saja).

Semoga bermanfaat…………………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "4 Cara Membuka Windows Security dan Menonaktifkannya"