Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android

https://www.satutitiknol.com/2020/12/cara-menonaktifkan-update-otomatis-google-play-store.html

Setiap Hp Android yang terhubung dengan jaringan Wifi, maka akan secara otomatis melakukan Update kepada Aplikasi-Aplikasi yang terinstall yang memiliki pembaharuan terbaru. 

Kenapa bisa secara Otomatis? Hal tersebut dikarenakan pada Setelan atau Pengaturan Default pada Google Play adalah Otomatis Update pada Jaringan Wifi. Jadi ketika kita Connect ke sebuah jaringan Wifi, Aplikasi yang terdapat pembaharuan akan langsung di Update.

Hal tersebut terkadang sedikit mengganggu kita, dimana sering menghabiskan kuota atau mungkin juga dapat memabuat Kecepatan Internet menjadi lemot. 

Sebenarnya Update Otomatis juga perlu dilakukan. Sebab mungkin saja pihak pengembang Apliaksi melakukan pembaharuan untuk memperbaiki bug yang terjadi sebelumnya. Atau bisa juga untuk memperbaharui fitur terbaru dari Aplikasi tersebut. 

Jika kalian terganggu dengan adanya Automatis Upadate tersebut, bisa kita atasi dengan mematikan Auto Update pada Google Play, berikut caranya.

Baca Juga: Cara Memindahkan Kontak Ke Hp Baru

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android

  1. Buka Google Play Store pada Ponsel Android kita
  2. Tekan Menu Akun yang terletak pada bagian pojok kanan atas

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Apliaksi Android


  3. Pilih Setelan

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Apliaksi Android


  4. Lalu Pilih Preferensi jaringan

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Apliaksi Android

  5. Selanjutnta Update Otomatis Aplikasi

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Apliaksi Android


  6. Akan ada Tiga pilihan yaitu

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Apliaksi Android

    Melalui jaringan Apapun : Aplikasi yang ada pembaruan akan langsung di Update ketika terkoneksi atau terhubung dengan Internet, entah lewat Wifi atau Jaringan Seluler.

    Melalui Wifi Saja :  Aplikasi yang ada Pembaruan akan langsung di Update ketika menggunakan jaringan Wifi

    Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis: Aplikasi yang ada pembaruan tidak akan di Update. Untuk melakukan Update bisa dilakukan secara manual pada menu Aplikasi & Game Saya 

  7. Untuk mematikan Silahkan Pilih Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis
NB: Mungkin saja tampilan atau tata letak pengaturan pada Hp yang saya gunakan dengan yang kalian gunakan berbeda. Namun pada intinya sama.

Kekurangan Update Aplikasi Otomatis 

Jika aplikasi yang ada pada android kita melakukan update secara otomatis bila ada pembaharuan dari pihak pengembang, maka akan ada dampak atau kekurangan yang akan kita rasakan. 

Berikut kekurangannya: 

1. Menghabiskan Banyak Kuota

Pada setelan default , aplikasi yang tersedia pembaharuan akan diupdate secara otomatis jika Handphone terhubung dengan jaringan wifi. 

Jika wifi yang kita gunakan adalah wifi yang Unlimited maka hal ini tidak akan menjadi masalah dengan kuota yang dihabiskan/digunakan.

Namun bagaimana jika kita menggunakan wifi yang menggunakan sistem kuota. Misalnya wifi dari tethering hp, dimana biasanya menggunakan kuota. 

Hal ini tentu akan membuat Hp yang dijadikan tethering akan boros kuota. 

2. Membuat Jaringan Lambat 

Kekurangan yang selanjutnya ialah kecepatan internet akan menjadi lambat, karena digunakan untuk update aplikasi. 

Apalagi jika jaringan internet yang kita gunakan sudah lambat, maka ini akan menambah buruk keadaan, jika tidak segera dimatikan update aplikasinya. 

3. Membuat Hp Menjadi Panas dan Lemot 

Pada Hp yang menggunakan spesifikasi yang pas-pasan bisanya juga dapat membuat Hp menjadi cepat panas dan kemudian terasa lemot.

Hal ini karena sistem sedang menjalankan update aplikasi, yang membuat kinerja Hp menjadi bertambah. 

Kelebihan Update Aplikasi Otomatis 

Jika sebelumnya membahas masalah kekurangan update aplikasi secara otomatis dan sekarang adalah kelebihannya. 

Pada setelan default memilih update otomatis, tentu hal ini memiliki tujuan yang sudah diperhitungkan oleh pihak pengembang. Tidak hanya asal-asalan.

Berikut kelebihan Update aplikasi Otomatis:

1. Memperbaiki Aplikasi 

Setiap aplikasi yang  mendapat update, tentu bertujuan untuk memperbaiki aplikasi jika sebelumnya terjadi permasalahan (Muncul Bug), atau bisa juga untuk menambah fitur-fitur terbaru yang akan diberikan.

Oleh sebab itu pihak pengembang, memberikan opsi update otomatis pada pengaturan google play agar pengguna selalu memperbarui aplikasi yang mereka gunakan. 

2. Tidak Akan Muncul Pemberitahuan Untuk Update Aplikasi 

Nah selanjutnya jika adalah kita tidak akan menerima pemberitahuan (Notifikasi) untuk update aplikasi, karena sudah otomatis sudah diupdate. 

Notifikasi Update aplikasi ini muncul jika kita menggunakan versi aplikasi yang sudah lama, sementara pada versi terbaru sudah tersedia. 

Jika notifikasi update sudah muncul, dan kita tidak segera melakukan update, bisa saja aplikasi tidak bisa dijalankan. Karena versi aplikasi sudah tidak didukung lagi.

Solusi 

Jika Update otomatis aplikasi di aktifkan akan menimbulkan dampak yang kita gunakan. Namun update aplikasi otomatis juga mempunyai kelebihan-kelebihan yang cukup penting. 

Untuk itu, sebaiknya update aplikasi secara otomatis di matikan jika kita menggunakan jaringan seluler, nah kemudian jika kita menggunakan jaringan wifi Unlimited bisa langsung melakukan update secara manual, atau bisa juga diubah ke otomatis. 

Mungkin itu adalah solusi terbaik, dimana kita tidak akan terganggu dengan sistem update otomatis ini dan aplikasi yang kita gunakan dapat terus diperbaharui.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Android

Itulah Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android. Ada kelebihan dan kekurangan pada update otomatis ini, sehingga kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian solusi, jika update otomatis dimatikan maka sebaiknya lakukan update secara manual jika terhubung dengan jaringan yang memiliki kuota banyak atau Unlimited.
Sekian dan semoga membantu………………………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android"