Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Nama File Di Laptop

Cara Mengganti Nama File Di Laptop

Cara Mengganti Nama File Di Laptop. Dalam menyimpan file pada Komputer, kita harus menyimpannya dengan baik dan memberi nama yang sesuai agar memudahkan dalam pencarian nantinya. 

Saat file tersebut dibuat, mungkin kita sudah memberinya nama, namun kadang kita menggunakan nama sembarangan dan itu sangat rawan terjadi kelupaan, jika nanti akan mencarinya.

Oleh karena itu, memberi nama yang sesuai dan mengelompokkan dalam Folder tertentu akan sangat membantu sekali, bila sewaktu-waktu ingin menggunakan File tersebut untuk diolah kembali. 

Dalam Sistem operasi Windows sendiri, bisa melakukan pergantian nama file ataupun nama folder yang sudah tersimpan. Caranya juga sangat mudah dan cepat. 

Baca juga: 11 Cara Membuka Windows Explorer Di Windows 10

Cara Mengganti Nama File Di Windows 10

1. Lewat Firur Rename 

Untuk melakukan pergantian nama file, bisa dilakukan dengan fitur Rename. Untuk melakukannya tinggal Klik kanan file, lalu pilih Rename dan ganti File sesuai yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya: 

  • Klik atau pilih File yang akan diganti namanya
  • Lalu Klik kanan > Rename 

    Cara Mengganti Nama File Di Laptop

  • Selanjutnya tinggal ganti file sesuai yang diinginkan, jika sudah tekan Enter 

    Cara Mengganti Nama File Di Laptop

  • Maka secara otomatis nama File akan berubah 

2. Dengan Klik 2X

Cara yang selanjutnya bisa juga dengan mengklik 2X pada file yang akan diganti namanya. Namun Klik 2X disini dikasih jedah minimal 1 detik. 

Jika kalian mengklik 2X dengan cepat pada file yang akan diganti namanya, maka yang terjadi malah akan membuka file.

Berikut lebih jelasnya:

  • Cari file yang akan diganti namanya 
  • Klik 2X pada File tersebut, namun jangan terlalu cepat (dikasih jeda minimal 1 detik) 

    Cara Mengganti Nama File Di Laptop

  • Untuk selanjutnya tinggal ganti nama file sesuai yang diinginkan. Jika sudah, tinggal tekan Enter

    Cara Mengganti Nama File Di Laptop

3. Cara Mengganti Nama Folder Di Laptop

Sementara untuk mengganti nama Folder yang sudah dibuat dalam komputer, juga dapat dilakukan. Untuk caranya kurang lebih sama dengan cara mengubah nama File. Kita tinggal menggunakan salah satu cara diatas (nomer 1 atau nomer 2).

4. Cara Mengganti Nama File Yang Tidak Bisa Diganti

Jika saat melakukan pergantian nama File, namun tidak bisa. Hal ini biasanya terjadi karena File dalam keadaan terbuka atau sedang dijalankan. 

untuk itu, silahkan tutup (Close) Aplikasi atau Software yang digunakan untuk membuka File tersebut. Selanjutnya silahkan ganti nama file sesuai yang diinginkan dengan cara nomer 1 atau 2.

Sementara untuk Folder juga sama, biasanya di dalam Folder terdapat File yang masih terbuka. Untuk itu coba tutup terlebih dahulu Aplikasi yang sedang digunakan untuk menjalankan file tersebut. Maka nanti Folder akan dapat di ganti namanya, sesuai yang diinginkan. 

Baca Juga: Cara Membuat Folder Di Laptop

Mengganti nama file maupun folder tentu bertujuan untuk memudahkan dalam manage data yang tersimpan dalam komputer, sehingga nanti akan memudahkan bila akan mencarinya, entah akan dipindahkan atau mungkin akan di olah lagi data atau file tersebut.  

Itulah tips bagaimana cara mengganti nama file di laptop yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tentunya. Sekian dan semoga membantu. 

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Mengganti Nama File Di Laptop"

Berlangganan via Email